Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

h3ry5u54nt0Avatar border
TS
h3ry5u54nt0
Mantapsss !!! Amungme, Si Hitam Wangi dari Papua !!!!


Timika - Warnanya hitam pekat. Dengan aroma yang khas, kopi Amungme akan menggoda para traveler untuk menyeruputnya. Inilah kopi khas Timika Papua, yang bikin ketagihan!

Indonesia tak hanya punya alam dan ratusan budaya yang khas. Bagi traveler penggemar kopi, Indonesia adalah surga tersendiri. Setiap daerah mempunyai kopi khas yang terkenal, seperti kopi Aceh, kopi Bali, dan kopi Toraja. Satu lagi kopi yang wajib Anda coba, yaitu Amungme dari Timika.

detikTravel berkesempatan menyeruput kopi ini beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Kopi ini diperoleh dari para petani di Desa Aroanop, Tsinga, dan Hoea di wilayah pegunungan Timika. Lalu, para petani kopi di sana dibina oleh PT Freeport Indonesia untuk membantu mengolah dan memasarkan.

"Dia kopi jenis arabica dan punya aroma khas. Ini yang jadi ciri khas dan keungulan, orang bule suka kopi ini. Ini juga nggak pakai pengawet toh!" kata Titus Toding, karyawan pengelola pusat pengolahan kopi Amungme di Timika, Titus Toding.

Dekatkan hidung Anda lebih dekat, karena dari bungkusnya saja sudah tercium wanginya. Kopi ini bisa Anda dapatkan di supermarket di Timika dengan harga Rp 80 ribu, atau di pabriknya langsung seharga Rp 45 ribu per bungkusnya.

"Biji kopi dijemur, ketika sudah kering lalu diukur dengan suhu kadar air, ukurannya 12-13 persen. Lalu disortir dan dibakar dengan alat pembakar, suhunya 200 derajat celcius selama 15 menit, lalu didinginkan sampai dingin. Nah, setelah itu dibungkus kain selama sehari biar aromanya nggak hilang," ujar Titus.

Kopi Amungme pun lalu diseduhkan. Asapnya yang menggempul, benar-benar wangi. Apalagi, saat itu Timika sedang diguyur hujan deras. Tak perlu pikir panjang, kopi Amungme pun langsung diseruput.

Slurpp, mantap! Rasa kopinya benar-benar berbeda dari yang lain. Tidak kental namun tidak cair juga. Memang, rasa pahitnya sungguh kuat. Namun, di sinilah kenikmatannya.

"Bagaimana rasanya? Beda dengan kopi biasa toh," tanya Titus kepada rombongan saat itu.

Sekali mencoba kopi ini, dijamin langsung ketagihan. Hingga tetes terakhir, kopi Amungme layak dicoba saat Anda berkunjung ke Papua. Inilah kopi asli dari Bumi Cendrawasih.

"Ayo beli yang banyak, di Jakarta tidak ada ini," ucap Titus sembari tersenyum.

Source : detik..com
0
3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.