pinah
TS
pinah
[INFO] ADA 5.500 GALAKSI dari 1 titik di langit: Hubble Extreme Deep Field
misi gan. ane mau berbagi tulisan di web ane nih. selamat membaca
emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
======================


Teleskop ruang angkasa Hubble bisa dibilang menjadi salah satu teleskop terbaik milik umat manusia sampai saat ini. Foto akan keindahan objek-objek alam semesta yang diambil dengan menggunakan teleskop ini seringkali membuat kita takjub. Salah satunya adalah foto yang disebut Extreme Deep Field atau disingkat XDF.

Hubble XDF adalah foto dari satu titik kecil di langit yang isinya sekitar 5.500 galaksi. Lokasinya adalah bagian tengah foto Hubble Ultra Deep Field di rasi Fornax, sebuah rasi kecil di belahan langit selatan dekat rasi Eridanus dan Cetus. XDF ini tercipta berkat kinerja teleskop Hubble selama 10 tahun, waktu pengamatan total 50 hari, 2 juta detik waktu bukaan (exposure time), dan 2.000 foto yang dikombinasikan.

Spoiler for Gambar XDF:

Dalam foto XDF, hampir semua titik yang terlihat adalah sebuah galaksi. Mulai dari galaksi spiral seperti Bimasakti dan Andromeda, hingga galaksi merah yang di dalamnya sudah tidak ada lagi proses kelahiran bintang. Ciri-ciri bintang dalam foto tersebut adalah objek titik yang memiliki pilar cahaya ke 6 sudut, contohnya adalah objek di bagian kanan-tengah-bawah.

Menurut berita yang menyertai foto yang dirilis pada tanggal 25 September 2012 lalu itu, galaksi terjauh yang terekam dalam XDF itu berjarak 13,2 milyar tahun cahaya. Karena umur alam semesta (berdasarkan penelitian termutakhir) adalah 13,7 milyar tahun, maka galaksi tersebut barulah berumur sekitar 450 juta tahun. Bandingkan dengan Matahari dan tata surya yang sudah berumur 4,5 milyar tahun.

Spoiler for Perbandingan XDF dan Bulan:


Sebelum teleskop Hubble mulai beroperasi pada awal tahun 1990-an, kita hanya bisa melihat galaksi sejauh 7 milyar tahun cahaya saja. Pengamatan landas Bumi memang terbatasi oleh keberadaan atmosfer, yang hanya meloloskan cahaya visual dan gelombang radio dari luar angkasa ke permukaan Bumi. Teleskop Hubble akhirnya mampu memperlebar batasan jarak tersebut menjadi hampir 2 kali lipat. Namun beberapa tahun mendatang kita mungkin akan menikmati foto yang lebih spektakuler lagi dari teleskop ruang angkasa James Webb.

Teleskop James Webb, yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2018, akan diarahkan ke titik yang sama dengan XDF. Karena sensitif di daerah panjang gelombang inframerah, teleskop ini akan mampu merekam galaksi yang terletak lebih jauh dari pada yang ada di XDF. Sungguh menarik untuk ditunggu.

SUMBER: duniaastronomi.com alias DADC
0
5.3K
24
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.4KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.