Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sebuah Kisah Menakjubkan "Panyee FC" Membangun lapangan Sepakbola di atas air

m4zcatAvatar border
TS
m4zcat
Sebuah Kisah Menakjubkan "Panyee FC" Membangun lapangan Sepakbola di atas air


maaf kalau emoticon-Blue Repostemoticon-Blue Repost emoticon-Blue Repost
jangan lupa dibantu emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star




Pernahkah Anda mendengar nama Ko Panyi?

Sebuah daerah di bagian selatan Thailand. Ko Panyi atau biasa disebut Koh Panyee, merupakan suatu perkampungan nelayan apung yang masih sangat murni dari peradaban mertropolis. Bahkan Anda pasti akan menyebut daerah ini laksana surga. Sangat indah.

Terletak dalam distrik Provinsi Phang Nga, moyang asal muasal perkampungan nelayan apung ini dari Jawa, Indonesia. Itulah mengapa mayoritas masyarakat Panyee beragama muslim.

200 kepala keluarga dengan populasi hanya sekitar 1500 hingga 2000 orang keturunan Indonesia hidup damai di surga dunia ini.

Tepatnya di abad ke-18, nelayan Melayu nomaden menemukan sebuah pulau yang akhirnya disebut Ko Panyi atau Panji (dalam bahasa Melayu). Moyang masayarakat Panyee tersebut akhirnya membuat perkampungan hingga turun-temurun samapai saat ini.

Satu-satunya daratan, pulau Panyee, menjadi sentra geliat kehidupan di mana sumber air tawar menjadi nyawa kehidupan. Sebuah masjid di bangun di atas pulau sekaligus tempat edukasi agama. Tak ada kepemilikan tanah dari bagian pulau tersebut. Semua menjadi milik masyarakat Panyee. Sesbuah sistem sosiologis yang luar biasa teratur. Nyaris tak terjadi konflik horisontal maupun vertikal.

Panyee bisa hanyalah sebuah desa. Sebuah sekolah Islam informal yang dihadiri anak-anak laki-laki dan perempuan pada pagi hari membuat beberapa eluarga yang menginginkan anak laki-lakinya lebih pintar merantau ke kota terdekat, Phang Nga atau Phuket untuk menuntut ilmu formal.

Namun terdapat sebuah kisah paling menarik dari Panyee, bagi kita kaum pecinta sepakbola. Piala Dunia 1986, di mana Diego Maradona membuat dunia terkesima dengan cerita heroik yang ternyata gaungnya menggema sampai ke desa terpencil seperti Panyee.

Tak disebutkan secara jelas bagaimana pemuda Panyee angkatan 1986 menikmati siaran televisi pertandingan Meksiko ’86, namun yang jelas kini, sebuah lapangan sepakbola sudah direkonstruksi di atas permukaan air untuk merehabilitasi lapangan tahun 1986 yang sudah rusak. Panyee pun memiliki tim sepakbola yang saat ini mulai rajin memenangi kompetisi. Panyee FC mampu memenangi beberapa kejuaraan di bagian selatan Thailand tahun ini.

Untuk lebih membuat jelas cerita di atas, di bawah ini kami kutip sebuah foto dan video yang sebenarnya merupakan iklan salah satu bank swasta di Thailand. Bank tersebut mengambil inspirasi masyarakat Panyee atas kecintaan mereka terhadap sepakbola. Luar biasa.

foto-fotonya gan..






berikut videonya gan, salut banget dengan perjuangan mereka...emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol




mudah-mudahan ada pengurus PSSI atau KPSI yang melihat video ini supaya mereka bisa damai dan bersatu emoticon-Shakehand2


sumbernya gan
0
2.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.