Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
(DILEPAS SAYANG) SBY PERTAHANKAN JAKARTA SEBAGAI DKI APAPUN KEADAANNYA
JAKARTA SUDAH KRONIS. IBARAT ORANG SAKIT SUDAH SEKARAT MACAM OBAT UDAH GAK MEMPAN DAN HANYA MENUNGGGU TAKDIR (PINDAH IBUKOTA)


Walau tidak tabu, bahkan mendorong masyarakat untuk berdiskusi tentang kemungkinan pemindahan ibu kota, ternyata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum pernah melontarkan diskusi ini secara langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Dengan Jokowi belum pernah dibahas," kata Velix Wanggai, Staf Khusus Presiden bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah, saat dihubungi melalui telepon, Sabtu, 19 Januari 2013.

Menurut Velix, sejauh ini SBY baru mengajukan skenario pembenahan total ibu kota kepada Jokowi. "Dari penanganan banjir, tata ruang wilayah, permukiman di sekitar bantaran kali, kemacetan, juga transportasi," ujar dia.

Artinya, walau belum memilih salah satu dari tiga opsi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih condong ke opsi skenario pertama. Opsi tersebut yaitu mempertahankan Jakarta sebagai ibu kota, pusat pemerintahan, sekaligus kota ekonomi dan perdagangan, dengan konsekuensi pembenahan. "Itu masih pilihan yang realistis bagi presiden," kata Velix.

Wacana pemindahan ibu kota kembali bergulir seiring dengan masa tanggap darurat banjirnya Jakarta. Ternyata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak tabu untuk membicarakan wacana ini kembali. "Sejak 2009 lalu, Presiden terbuka dan tidak tabu untuk berdiskusi atas wacana perpindahan ibu kota negara. Menurut Presiden, Jakarta tidak bisa lagi menampung interaksi manusia dan lingkungannya," kata Velix.

Ia pun menuturkan Presiden pernah melontarkan ajakan diskusi tentang pemindahan ibu kota pada 2 Desember 2009 lalu di Palangkaraya pada acara pembukaan Rapat kerja Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Kemudian ditegaskan kembali beberapa kali pada Buka Bersama dengan pimpinan media massa pada 9 Agustus 2010, dan di acara Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) pada awal September 2010.

Ada tiga opsi atau skenario yang bisa dipilih. Pertama, ibu kota tetap di Jakarta tetapi dibenahi secara total. Kedua, ibu kota tetap di Jakarta tetapi pusat pemerintahan pindah ke lokasi lain. Ketiga, dibangunnya ibu kota yang sama sekali baru.
http://www.tempo.co/read/news/2013/0...-dengan-Jokowi
Diubah oleh nevertalk 19-01-2013 16:36
0
1.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.