Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atimarwatiAvatar border
TS
atimarwati
Timor Timur - "The Untold Story"
[JAKARTA] Letnan Jenderal TNI (Purn) Kiki Syahnakri, salah seorang pelaku sejarah lepasnya Timor Timur dari Indonesia, meluncurkan buku berjudul "Timor Timur - The Untold Story".

"Saya tahu persis saat bertugas dulu, banyak berita bohong terkait situasi di Timor Timur. Namun, karena kami tidak memiliki kekuatan terhadap media, berita bohong itu seolah-olah nyata," kata Kiki Syahnakri saat acara diskusi dan peluncuran buku di Jakarta, Rabu (5/12).

Kiki Syahnakri merupakan Panglima Penguasa Darurat Militer (PDM) Timor Timur pascareferendum 1999. Dia merupakan pelaku dan saksi sejarah terhadap situasi yang terjadi saat itu.

Dia mengatakan, pada saat itu banyak media, khususnya media asing, yang pemberitaannya cenderung bohong dan menyudutkan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan Indonesia.

"Melalui buku ini, saya ingin membongkar kebohongan-kebohongan itu dengan mengatakan yang sesungguhnya terjadi," kata mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu.

Pakar politik J Kristiadi, salah satu pembicara dalam diskusi, mengatakan buku "Timor Timur - The Untold Story" berhasil mengungkapkan fakta-fakta lain yang ada di Timor Timur saat itu.

Yenny Wahid, pembicara lain, mengatakan buku itu sangat menarik dan mempengaruhi pembaca untuk membaca hingga selesai. Dia berharap buku itu bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sehingga bisa mengubah pandangan asing terhadap Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Saat referendum di Timor Timur, saya menjadi salah satu wartawan untuk media asing. Saya melihat sendiri bagaimana pandangan asing terhadap Indonesia saat itu," kata putri Abdurrahman Wahid itu.

Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Darat Mayjen TNI Dedi Kusnadi mengatakan akan merekomendasikan kepada atasannya agar seluruh prajurit TNI membaca buku itu.

Acara diskusi dan peluncuran buku itu dihadiri mantan Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto dan beberapa mantan pejabat [Ant/L-8]

sumber : http://www.suarapembaruan.com/home/k...or-timur/27851

------------------------------------------
Komentar : Agan2 harus beli buku tersebut, dan Agan pasti bertambah pengetahuan tentang peristiwa Timor-timur.

Kalo kata orang Asing : Wiranto melanggar HAM
Kalo kata orang Indonesia : Wiranto adalah pahlawan yang berusaha menyelamatkan NKRI.

Apakah Tentara Indonesia kalo ditembakin harusnya diam aja ???
soalnya klo tembak balik dianggap melanggar HAM.
Diubah oleh atimarwati 06-12-2012 05:03
0
12.7K
66
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.