Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edy1105gaAvatar border
TS
edy1105ga
sup Ozozi maknyuss dan bikin beruntung
sup Ozozi maknyuss dan bikin beruntung


emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Jakarta - Tiap makanan tradisional umumnya dibuat dengan makna tersendiri. Seperti sup bening yang satu ini, yang menjadi lambang keberkahan, kesehatan, kebahagiaan, juga kesuksesan. Semangkuknya terdiri dari kuah bening wangi dengan isian mochi di dalamnya. Slurppp... Sedap!

Ozoni dibuat dari komposisi kaldu dashi yang ditambahkan sake. Isiannya terdiri dari daging ayam, sayuran hijau, juga kamaboko atau bakso ikan khas Jepang. Yang khas, terdapat mochi atau adonan dari tepung ketan di dalam kuah ozoni yang gurih. emoticon-I Love Kaskus (S)

Mochi inilah yang membuatnya jadi unik. Teksturnya kenyal dan mulur panjang saat digigit. Pembuatan mochi dalam ozoni juga berbeda di beberapa wilayah. Di Kanto, misalnya, mochinya dipotong persegi dan dibakar terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah. Sementara itu di Kansai, mochinya direbus terlebih dulu.

Menu berkuah ini jadi santapan wajib saat pergantian tahun. Warga Jepang meyakini, ozoni melambangkan kemakmuran di tahun yang akan datang. Selain itu, makan ozoni saat tahun baru dipercaya bisa membuat hasil panen lebih baik dibanding tahun sebelumnya, juga keluarga yang lebih tentram dan harmonis.

Ozoni juga sering disajikan dengan isian yang lebih beragam. Di antaranya udang, jamur, sawi, wortel, dan lainnya. Menu ini paling pas dinikmati dalam keadaan masih mengepul. Selain saat tahun baru, tentu kuah gurihnya juga nikmat disesap saat udara dingin. emoticon-Beloilovekaskussemoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Sundul Up
mau nyobain gan? emoticon-Cool emoticon-Toast
emoticon-Sundul gan

emoticon-Kaskus Banget
jangan ada yang
emoticon-No Sara Please emoticon-Jangan ribut disini
Diubah oleh edy1105ga 15-01-2013 04:46
0
4.6K
109
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.