Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

delfacAvatar border
TS
delfac
Bahan Bakar Murah Hasil Pengolahan Sampah
SPBU Yang Menjual Bahan Bakar Dari Sampah

Quote:


Para perancang lalu lintas di Afrika Selantan mencari konsep baru untuk menemukan alternatif bahan bakar yang murah. Salah satu cara yang mereka temukan dan sedang mereka rintis adalah dengan menggunakan bahan bakar gas dari sampah.

Di sebuah bukit yang tampak hijau bekas lokasi pembuangan sampah Sebenza di bagian kota Ekurhleni di Johannesburg terdapat sebuah SPBU paling unik di Afrika Selatan, pompa bensin yang menjual gas biometan dari hasil pengolahan sampah. Ini adalah SPBU percobaan dalam rangka proyek penelitian "EnerKey”. Proyek ini merupakan kerjasama Jerman dan Afrika Selatan dalam penelitian energi.

Bahan bakar biometan ini datang langsung dari bekas tempat pembuangan sampah. Seorang sopir taksi di Johannesburg bisa menghabiskan sekitar 240 Euro seminggu untuk bensin. Sekarang, dengan gas, ia menghemat sekitar 80 Euro seminggu”. Itu berarti, menghemat sepertiga biaya bahan bakar.

Kalau dilihat dari aspek lingkungan, biometan ini sangat bermanfaat. Karena emisi karbondioksida dari pembakaran metan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pembakaran bensin.


Proses Pengelolaan Sampah

Di bawah bukit bekas tempat pembuangan sampah Sebenza dibangun dua pabrik. Di sini gas yang berasal dari penimbunan sampah digabungkan dan diolah. Gas itu dibersihkan di lokasi terdekat. Lalu dikeringkan dan dipadatkan. Semua prosesnya terintegrasi. Setelah bahan-bahan lain seperti karbon dan nitrogen dikeluarkan, yang tersisa adalah gas murni yang bersih.

Agar gas mentah ini bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor, kandungan metannya harus mencapai paling sedikit 87 persen. Sedangkan kandungan metan dari gas sampah biasanya hanya 50 persen. Jadi dalam dua tabung khusus, kandungan gas metan dinaikkan. Di tabung pertama kandungan secara bertahap dinaikkan sampai 75 persen, lalu di tabung berikutnya naik sampai 95 persen. Setelah itu, gas dicampur dengan bahan berbau. Karena biometan tidak punya aroma. Dengan bahan campuran aroma khusus, pengguna bisa mengenal bau gas metan di pompa bensin.

Mungkin pemerintah Indonesia tertarik membangun instalasi pengolahan bahan bakar dari sampah seperti di Afrika Selatan.. hmm mungkin saja!
Tapi yang jelas ini adalah salah satu solusi alternatif dari kebutuhan energi, ketika kita harus mengingat bahwa energi dari BBM jumlahnya terbatas dan harganya semakin mahal dari tahun ke tahun.

Klo agan senang dan berkenan bolehlah mengirimkan emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau emoticon-Rate 5 Star juga boleh. Maturnuwun terima kasih.

Sumber: DW - Bahan Bakar Dari Sampah
Diubah oleh delfac 11-01-2013 10:19
0
6.2K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.