Mantan pembalap nasional Ahmad Jayadi, mencoba untuk berbagi tips ringan bagi Anda yang motornya mengalami mogok akibat menerjang banjir. Berikut ringkasannya:
Spoiler for 1:
Yang paling sederhana untuk dilakukan adalah membuka busi lalu mengeringkannya. Chop (tutup) busi juga dikeringkan agar busi dapat memantikkan api dengan sempurna
Spoiler for 2:
Biasanya saat motor mogok sewaktu banjir, air akan masuk lewat lubang knalpot. Minta bantuan teman atau pengendara lain untuk mengangkat roda depan agar air yang terdapat di knalpot dapat keluar
Spoiler for 3:
Buang bensin yang berada di mangkuk karburator dengan cara membuka skrup pembuangan agar bensin yang tercampur air terbuang.
Spoiler for 4:
Jangan langsung dihidupkan. Alangkah baiknya memeriksa kondisi kelistrikan lebih dahulu. Hal ini agar sistem kelistrikan tidak rusak dan pastikan semua dalam kondisi kering.
Spoiler for tambahan:
Jika masih tidak bisa dihidupkan, pemilik bengkel AHASS Jayadi Motor ini menyarankan untuk membawa motor menuju bengkel terdekat untuk diperbaiki. Pembesut Honda BeAT ini juga menyarankan untuk mengganti filter udara jika memang terendam air
alat alat yang harus selalu dibawa adalah :
1. obeng min
2. Kunci busi
3. Busi cadangan atau kain lap
Sebenarnya kunci utamanya ada dua yaitu :
1. Menguras bensin yang ada di karburator
2. Mengeringkan busi dan kap busi
Langkah pertama yaitu dengan menguras bensin yang ada di karburator dengan cara memutar baut penguras bensin berlawanan arah jarum jam menggunakan obeng min. Tunggu beberapa saat hingga sekiranya bensin yang tercampur air sudah keluar semua kemudian kencangkan kembali. (Biasanya tempat baut penguras ada pada karburator bagian bawah, kalau bingung coba aja kondorin kalau keluar bensin berarti BENER )
Coba sela beberapa kali dengan posisi kontak off (agar bensin turun) kemudian di starter. kalau sudah nyala berarti ALHAMDULILLAH , , kalo belum berarti keberuntungan belum berpihak pada anda . But dont panic! ikuti langkah selanjutnya dibawah ini
Bagi yang belum berhasil silahkan copot busi nya. cabut kabel busi nya kemudian copot busi menggunakan kunci busi. Jika sudah, kemudian lap busi dan kap busi sampai kering(pastikan tidak ada air yang tersisa).
langkah selanjutnya adalah pengecekan api busi. pasangkan busi dengan kap nya (tetapi tidak dipasang pada mesin) . Dekatkan ujung busi dengan body mesin dan kita starter beberapa kali. Apabila terlihat ada percikan dari ujung busi, berarti pengapian sudah OK. Tapi apabila belum ada percikan, berarti saatnya anda mengeluarkan busi cadangan anda.
Setelah pengapian OK, pasangkan kembali busi pada mesin ( pertama pasang menggunakan tangan, baru kencangkan menggunakan kunci busi untuk menghindari kerusakan pada ulir ) . Pasangkan kabel busi pada busi
Starter motor anda. Biasanya pada kondisi seperti ini motor anda sudah bisa MENYALA