Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tamazaoAvatar border
TS
tamazao
Para Top Scores Piala Eropa
Sejarah piala Eropa (euro) sebenarnya bermula dari ide Sekretaris Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Henri Delaunay pada akhir dekade 1920-an. Kala itu, Delaunay melihat melihat ada kepincangan di antara dua kutub itu, di mana negara Amerika Latin terlalu kuat bagi Eropa. Uruguay meraih medali emas di Olimpiade 1924 dan 1928. Bahkan, Uruguay ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia I tahun 1930 sebagai penghormatan atas prestasinya.


Ide Delauney sebenarnya cukup sederhana. Delauney ingin memperbanyak frekuensi pertandingan antar negara-negara Eropa dengan menggelar kejuaraan antarnegara. Sayang, ide Delauney tidak digubris oleh UEFA (Persatuan sepak bolanya Eropa). UEFA malah menggelar kejuaraan antarklub Eropa yang kelak dikenal sebagai Piala Champions, Piala UEFA dan Piala Winners mulai 1954.


Hal inilah yang membuat Delauney kecewa, hingga jatuh sakit dan meninggal dunia pada November 1955. Meninggalnya salah satu sesepuh sepak bola Eropa ini sangat mengejutkan jajaran pengurus UEFA. Dalam kongres UEFA 1957, ide lawas Delauney itu akhirnya disetujui. Kongres juga memutuskan Prancis sebagai tuan rumah Piala Eropa yang pertama tahun 1960 sebagai bentuk penghormatan kepada Delauney. Pada ajang ini, Uni Soviet (kini Rusia) yang menjadi juara setelah mengandaskan Yugoslavia dengan skor 2-1 melalui perpanjangan waktu.

Pada tahun 1996 format Piala UEFA berubah menjadi Piala Eropa atau EURO Cup.

Perhelatan 4 tahun sekali tersebut melahirkan pahlawan-pahlawan sepakbola bagi negara di eropa, tidak heran banyak yang menyebut Piala Eropa adalah Piala Dunia Mini, melirik fakta Piala Dunia 4 tahun sekali sungguh waktu yang sangat panjang bagi pecinta "Si Kulit Bundar", maka pantaslah dalam selang waktu 2 tahun kita dapat mengisi kekosongan dengan menyaksikan Piala Eropa.

Saat akhir kompetisi Piala Eropa maka akan diberi penghargaan bagi pencetak gol terbanyak akan memperoleh Sepatu Emas. Untuk saat ini Alan Shearer (EURO1996) memegang jumlah gol terbanyak 5 gol, tapi jika dihitung saat berformat UEFA Cup maka Michel Platini pada tahun 1984 mencetak 9 gol bagi timnas Prancis, maka pria yang menjabat Presiden UEFA saat ini tersebut berhak memegang rekor pencetak gol terbanyak Piala Eropa sepanjang masa.

Berikut 14 orang para Top Score Piala Eropa :

Piala Eropa 1960 : Valentin Ivanov/ Uni Sovyet (2 gol)
Spoiler for Valentin Ivanov:


Piala Eropa 1964 : Ferenc Bene/ Hungaria(2 gol)
Spoiler for Ferenc Bene:


Piala Eropa 1968 : Dragan Dzajic/ Yugoslavia (2 gol)
Spoiler for Dragan Dzajic:


Piala Eropa 1972 : Gerd Muller/Jerman Barat (4 gol)
Spoiler for Gerd Muller:


Piala Eropa 1976 : Dieter Muller/Jerman Barat (4 gol)
Spoiler for Dieter Muller:


Piala Eropa 1980 : Klaus Allofs/ Jerman Barat (3 gol)
Spoiler for Klaus Allofs:


V
V
V
Lanjutan di bawah
Diubah oleh tamazao 23-01-2013 07:07
0
2.9K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.