Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

killerbeecoolAvatar border
TS
killerbeecool
Kisah 6 Petugas SAR Satpol PP yang Telah Evakuasi 300 Warga di Kp Pulo
Rabu, 16/01/2013 00:24 WIB
Edward Febriyatri Kusuma - detikNews


Tim SAR mengevakuasi warga di Kp Pulo Jakarta Timur (Foto: Edward/detikcom)
Jakarta - 6 Petugas SAR dari Satpol PP Pemprov DKI sejak siang sibuk mengevakuasi warga di kawasan padat penduduk Kampung Pulo, Jakarta Timur. Hingga tengah malam mereka telah mengevakuasi lebih dari 300 warga yang menjadi korban banjir.

"Evakuasi masih akan terus dilakukan hingga warga tidak ada yang meminta evakuasi kembali," kata Pimpinan Tim SAR tersebut, Bambang Sulistyo, yang ditemui di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2013) pukul 23.45 WIB.

Bambang menuturkan timnya telah melakukan evakuasi sejak siang hari. Mereka menggunakan sebuah perahu motor dan dua perahu karet milik dinas pemadam kebakaran Jakarta Timur.

"Kita melakukan evakuasi dari tadi siang, tidak terhitung berapa orang yang sudah kita evakuasi, mungkin sudah sekitar 300 orang. Setengah jam lalu dua orang manula dan satu orang ibu-ibu berhasil kita evakuasi," tutur Bambang.

Bambang mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi timnya dalam melakukan evakuasi di Kampung Pulo. Di antaranya adalah banyaknya pohon bambu yang tinggi dan merintangi jalur evakuasi di daerah tersebut. Ketinggian air yang terus meningkat juga menjadi kendala tersendiri bagi tim yang tak kenal lelah itu.

"Kendala lainnya sampah-sampah yang menyangkut di motor perahu, sehingga perahu sempat tidak bisa berjalan," ujar Bambang.

Tim SAR juga menemui kesulitan untuk mengevakuasi warga yang tinggal di gang sempit. Perahu yang digunakan tak bisa menjangkau rumah-rumah yang berada di gang. Solusinya mereka membuat rakit bambu. Setelah diangkut menggunakan rakit bambu, barulah mereka dipindahkan ke perahu karet yang telah menunggu di mulut gang.

Kendala lainnya adalah tak didengarnya imbauan Tim SAR yang telah meminta warga Kampung Pulo untuk mengungsi sejak siang. "Sebenarnya dari siang tadi kami sudah mengimbau warga agar mereka mengungsi, tapi mereka kebanyakan masih bertahan, umumnya yang ada di lantai dua. Sekarang ketika air sudah makin tinggi baru mereka minta dievakuasi," ujar Bambang.

Hingga saat ini Tim SAR yang dipimpin Bambang masih melakukan evakuasi. Saat wawancara berlangsung ada satu perahu karet yang baru saja tiba membawa dua orang dewasa dan tiga balita dari arah permukiman. Warga yang telah dievakuasi diungsikan ke kantor RW, Sudinkes, RS Hermina, Mushola, dan GOR Jaktim.

"Kalau pemadam kebakaran pantang pulang sebelum padam, kami pantang pulang sebelum surut," pungkas Bambang.

(trq/mok)

Sumber: [URL="http://news.detik..com/read/2013/01/16/002416/2143249/10/kisah-6-petugas-sar-satpol-pp-yang-telah-evakuasi-300-warga-di-kp-pulo?9922032"][/URL]

Selasa, 15/01/2013 23:06 WIB
Banjir di Jatinegara, Arus Lalin ke Matraman Dialihkan via Polres Jaktim
Edward Febriyatri Kusuma - detikNews


Jakarta - Genangan air di Jalan Raya Jatinegara mengakibatkan arus lalu lintas yang ingin menuju Matraman dialihkan ke arah Mapolres Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan detikcom, Selasa (15/1/2013) malam, satu mobil Satwilantas Polres Jakarta Timur menutup pertigaan Jalan Raya Jatinegara, tepatnya di depan sekolah SD-SMP Santa Maria. Hal itu dikarenakan banjir sudah mulai menggenangi jalan dengan ketinggian 50 cm.

"Karena Jalan Raya di Jatinegara tidak bisa dilalui kendaraan, jadi kendaraan dialihkan yang tadinya menuju ke Matraman, dialihkan ke depan Polres. soalnya sungai air Ciliwung sudah mulai meluap ke jalan raya," tegas Bripda Trisno, saat ditemui di lokasi kejadian.

Trisno belum bisa memastikan kapan jalan bisa dibuka kembali, hal ini tergantung dari surutnya sungai Ciliwung. "Nantinya kalau airnya sudah surut, arus lalu lintas normal kembali," tutupnya.

(ndu/mok)

Sumber: [url]http://news.detik..com/read/2013/01/15/230652/2143228/10/banjir-di-jatinegara-arus-lalin-ke-matraman-dialihkan-via-polres-jaktim?nd771104bcj[/url]

Selasa, 15/01/2013 21:56 WIB
Genangan Air di Jalan Raya Jatinegara, Lalin Macet 2 Km
Edward Febriyatri Kusuma - detikNews


Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta mengakibatkan beberapa wilayah digenangi air. Salah satunya di Jalan Raya Jatinegara, Jakarta Timur. Genangan air yang berasal dari luapan sungai Ciliwung mengakibatkan jalanan menjadi macet.

Berdasarkan pantauan detikcom, Selasa (15/1/2013) malam, arus kendaraan dari arah Kampung Pulo menuju Kantor Sudin Kesehatan, Jakarta Timur macet sepanjang 2 Km. Ketinggian genangan air pun bervariasi. Ada yang mencapai semata kaki, lutut orang dewasa hingga 20 cm.

Akibat genangan air tersebut para pengendara melambatkan kendaraannya. Kemacetan pun tidak bisa terelakan lagi. Hingga kini situasi masih terpantau padat, ditambah dengan banyaknya sampah plastik yang memenuhi genangan air.

Sebelumnya Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), daerah yang berpotensi terkena banjir yakni di daerah sekitar bantaran Sungai Ciliwung yaitu di Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

(ndu/mok)

Sumber: [url]http://news.detik..com/read/2013/01/15/215609/2143206/10/genangan-air-di-jalan-raya-jatinegara-lalin-macet-2-km?nd771104bcj[/url]

banjirnya sama kaya banjir besar tahun 2007 tuh gan emoticon-Turut Berduka, berarti bukan siklus banjir besar 5 tahunan lagi tapi siklus banjir besar 6 tahunan emoticon-Takut
Diubah oleh killerbeecool 15-01-2013 19:19
0
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.