Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adoelvsAvatar border
TS
adoelvs
12 Jam Lagi Banjir dari Katulampa Tiba di Jakarta
12 Jam Lagi Banjir dari Katulampa Tiba di Jakarta emoticon-Sorryemoticon-Sorry



BOGOR - Hujan deras yang terjadi sejak dini hari tadi mengakibatkan ketinggiaan air di Bendungan Katulampa Bogor mencapai 200 centimeter atau siaga dua. Dipastikan dengan ketinggian tersebut wilayah Jakarta akan kebanjiran.

Berdasarkan informasi di lokasi, awalnyaa sekira pukul 06.00 Wib ketinggian air mencapai 160 centimeter. Berselang dua puluh menit, air meningkat menjadi 180 centimeter, dan pada pukul 06.45 WIB, sudah berada di angkat dua meter.

Petugas bendungan, Sudirman, mengatakan, angka ini merupakan tertinggi sepanjang musing penghujan yang terjadi. Dipastikan sejumlah wilayah Jakarta akan tergenang. "Ini ketinggian tertinggi, dan dipastikan Jakartan akan kebanjiran," katanya di lokasi, Selasa (15/1/2013).

Dia memperkirakan, dalam waktu 12 jam ke depan, air akan tiba di Jakarta. "Imbauannya agar warga Jakarta yang ada di bantaran Kali Ciliwung segera mengungsi," pungkasnya.

Ketinggian air di Bendungan Katulampa Bogor kembali naik menjadi siaga satu atau berada di level tertinggi. Debit air yang masuk mencapai 477 meter kubik per detik, Selasa (15/1/2013).

Hanya berselang beberapa menit dari status siaga II, ketinggian air di Bendungan Katulampa terus meningkat. Sekira pukul 07.45 WIB ketinggian air naik mencapai 210, yang artinya masuk ke level tertinggi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan, banjir akan sampai di Jakarta sekira pukul 18.00 WIB-19.00 WIB. Banjir akan menggenangi wilayah sekitar Sungai Ciliwung dengan ketinggian air lebih dari banjir sebelumnya.

Selain wilayah itu, banjir juga berpotensi terjadi di Jakarta Timur, meliputi Cililitan, Cawang, Bidara, Kampung Melayu dan Kebon Manggis. Untuk wilayah Jakarta Selatan, warga Kelurahan Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Kebon Baru, Bukit Duri, diimbau siaga.

"Di Jakarta Pusat, berpontensi banjir di Cikini, Petamburan dan Cideng. Sedangkan Jakarta Barat, di Kelurahan Duri, Kosambi, Rawa Buaya, Kedoya Utara dan Cengkareng," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat yang diterima Okezone di Jakarta.]


Debit air beberapa sungai di Jakarta meningkat menyusul hujan berintensitas ringan hingga tinggi sejak Selasa, (15/1/2012) dini hari tadi. Hingga pukul 07.00 WIB tadi, tercatat debit sejumlah sungai berstatus siaga.

Berdasarkan pesan singkat yang diterima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ketinggian air di Katulampa mencapai 200 centimeter. Begitu juga dengan Angke Hulu yang mencapai 210 centimeter dan Karet setinggi 560 centimeter. Ketinggian air di ketiganya masuk dalam ketegori siaga II.

"Dengan kondisi demikian dipastikan beberapa wilayah hilir Jakarta akan mengalami banjir. Katulampa dalam status Siaga II karena ketinggian debit Sungai Ciliwung antara 150-200 centimeter," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Dia menambahkan, ketinggian air tersebut merupakan tertinggi sepanjang musim penghujan di 2012/2013. Bahkan berpotensi masuk Siaga I atau level tertinggi karena hujan masih turun. "Diperkirakan pukul 18.00 WIB-19.00 WIB banjir akan menggenangi wilayah sekitar Sungai Ciliwung," tambahnya.

Dia menjelaskan, daerah yang berpotensi terkena banjir adalah di sekitar bantaran Sungai Ciliwung, yakni Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan. "Pantau hujan secara real time dari radar hujan BPPT menunjukkan hujan saat ini merata di Jabodetabek," jelasnya.


Beberapa sungai lain di Jabodetabek yang debit airnya meningkat adalah, Sungai Pesanggrahan 140 cm (siaga IV), Krukut Hulu 120 cm (siaga IV), Depok 160 cm (siaga IV), Manggarai 775 cm (siaga III), Cipinang Hulu 110 cm (siaga IV), Sunter Hulu 70 cm (siaga IV), Pulogadung 550 cm (siaga IV) dan Pasar Ikan 185 cm (siaga III)

"Tim Reaksi Cepat BNPB, BPBD DKI Dinas PU Jakarta dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane beserta unsur lainnya telah melakukan koordinasi terkait dengan naiknya status Katulampa menjadi Siaga II," pungkasnya.

Sumber

ayo gan...siap2 nih..berabe kalau engga buru, mas jokowiii...where are you??emoticon-Sorryemoticon-Sorry

Katulampa di saat normal


Katulampa Hari ini
Diubah oleh adoelvs 15-01-2013 04:49
0
5.6K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.