Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

garudatakeoffAvatar border
TS
garudatakeoff
[trit sunyi]rem mobil listrik
Spoiler for daleman tucuxi:

link klo ga keluar [url]http://images.detik..com/albums/detikotomotif/oto/danet6.jpg.jpeg[/url]
[trit sunyi]rem mobil listrik
ini mungkin bisa menjelaskan sistem rem Tucuxi
Tucuxi menggunakan disk brake di 4 rodanya (ini umum)
Untuk melakukan pengereman Tucuxi menggunakan sistem hidrolik yang dibantu servo atau vacuum boster seperti mobil pada umumnya.
Yang berbeda adalah supply ke vakuman yang umumnya pada mobil bensin menggunakan tekanan vacuum dari intake manifold atau pada mobil diesel dengan pompa vacuum yang terintegrasi dengan alternator (dikopel dengan alternator), pada tucixi tidak demikian. Tuxuci memiliki pompa vacum yang digerakkan oleh motor listrik tersendiri (dalam gambar terhalang tangan kanan teknisi). Dari pompa tersebut tekanan vacuum disalurkan menuju servo rem (berada di bawah tangan kanan model / teknisi atau dibelakang rumah gardan). kemudian tekanan vacuum tersebut membantu menekan master rem menyalurkan minyak ke kaliper diskbrake. Sistem servo pada rem tuxuci menggunakan model tipe remote di mana master rem pada pedal kaki terpisah dengan vacuum servo (break booster).

Kalo boleh berspekulasi vacuum booster / brake booster yang digunakan adalah pbr vh 44. satu unit untuk mengontrol roda depan satu unit mengontrol roda belakang. Ini dikarenakan satu unit pbr vh 44 hanya memiliki satu output yang digunakan untuk sepasang roda kiri kanan.

Spoiler for pbr vh 44:


pada gambar diantara vacuum pump menuju servo booster terdapat vacuum sensor (yang mirip pipa T dekat selotip teknisi yang diperankan oleh model). vacuum sensor ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan vacuum pump agar tercapai tingkat kevakuman yang dikehendaki. selain itu juga bertujuan agar pompa vacuum tidak bekerja terus menerus dengan tujuan untuk menghemat batery. dalam foto pada dashboard depan penumpang terdapat baterry kapasitas kecil yang disebut sebagai batery kecil apakah baterry ini yang digunakan sebagi catu daya pompa vacuum?
gambar detik oto.

Spoiler for battery kecil tuxuci:

link klo ga keluar
[url]http://images.detik..com/albums/detikotomotif/oto/danet5.jpg.jpeg[/url]

[trit sunyi]rem mobil listrik

dari paparan diatas dapat diperoleh spekulasi analisis kegagalan

Pompa vacuum malfunction / tidak berfungsi
Pompa vacuum tidak mampu memenuhi kebutuhan tekanan 2 unit vacuum booster / brake booster pbr vh 44, untuk roda depan dan belakang
Kebocoran pada pipa vacum akibat sambungan yang tidak rapat
sensor dan kontrol kevakuman malfunction
pompa vacuum tidak mendapatkan energi yang cukup karena battery kecil kehabisan energi akibat pompa vacuum bekerja terus menmerus (jika vacuum pump benar-benar hanya mengandalkan battery kecil dan tida terkoneksi derngan batery utama)



masalah masalah diatas
dapat mengakibatkan vacuum booster / brake booster pbr vh 44 tidak berfungsi dan sang pengemudi akan merasakan pedal rem terasa begitu keras untuk diinjak dan rem tidak bekerja (tidak pakem) meskipun diinjak sampai pegal. Gejala ini persis yang dirasakan pak Dahlan sewaktu mengendarai Tucuxi, sebelum tragedi.

maaf sebelumnya hanya sekedar analisis spekulasi

rekan2 baca juga tentang gardannya
http://forum.kompas.com/nasional/229...erika-lho.html
Diubah oleh garudatakeoff 16-01-2013 06:21
0
1.7K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.