- Beranda
- The Lounge
Info penting Flight Air Asia dan Apa saja yang perlu diketahui ?
...
![Autodes99](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
Autodes99
Info penting Flight Air Asia dan Apa saja yang perlu diketahui ?
Sore Agan-Agan ini hanya Sharing,
Kalo boleh minta
untuk Thread pertama ane
Pada tanggal 22 December ibu dan bapak saya akan melakukan perjalanan ke KUL menggunakan QZ 7696 ETD 1135. Saya sudah melakukan Mobile check-in sehari sebelumnya. Memang kesalahan ortu saya yang datang mepet waktu karna pas jam 11 siang saya telpon mereka baru berada di terminal 1 dengan Damri dan jam 1115 baru tiba di counter check in untuk ambil boarding pass dan bayar airport tax, mereka gak ada bagasi.
Karna khawatir mereka akan ketinggalan pesawat saya berinisiatip menelpon bapak saya, dan saya mendengar suara dari petugas check-in yang berkata ke bapak saya "bapak sudah telat nih jam segini baru datang"
akhirnya saya minta bicara dengan petugas check in tersebut dan saya jelaskan bahwa mereka sudah check in dan tinggal ambil boarding pass dan bayar pajak. tetapi saya gak ngerti sama petugas ini, dia tetep ngotot kalo bapak saya sudah terlambat walaupun sudah saya jelaskan kalo mereka sudah mobile check-in, dan tetap membiarkan ortu saya di antrian karna dia sibuk dengan penumpang lainnya.
Akhirnya nama bapak saya di panggil melalui pengeras suara, dan didengar oleh ibu saya, lalu ibu saya bilang kepada petugas tersebut, dan petugas tersebut masih belum mudeng juga dan gak tanggap malah bilang "sudah biasa bu kayak gitu" akhirnya bapak saya ngotot dan bilang sudah check-in dan baru diliat di manifest sama petugas tersebut dan berkata "oh bapak sama ibu sudah check in yah"
Akhirnya di proses boarding pass dan ibu bapak saya menyelak di imigrasi dan lari "sprint" layaknya sprinter Suryo Agung, manusia tercepat di Asia Tenggara.. Bayangkan umur 63 tahun jadi atlit atletik di CGK. Untungnya flight pada siang itu telat 20 menit, tapi kalo tidak "dicuekin" selama 15 menit di counter pasti aksi sprinter dua manula ini tidak akan terjadi.
Tapi di balik kejadian di Check in itu ada petugas Air Asia yang sangat membantu, mereka petugas gate yang dengan tenang mengabarkan kalo penumpangnya yang kurang sudah ditemukan dan mereka membantu mengisi kartu imigrasi ortu saya.
Dan ketika masuk lewat garbarata walaupun paling akhir masuknya, masih tetap ada antrian di sekitar pintu masuk pesawat.
Saya sangat mengakui di sini kedua orang tua saya SALAH karna mepet datang di bandara. Dan ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan diantaranya.
1. Apakah mobile atau web Check-in tidak berguna?
2. Apakah petugas check-in tau arti dan fungsi dari web atau mobile check-in di Air Asia?
3. Apakah petugas tidak memperioritaskan penumpang yang sudah telat?
4. Apakah tidak ada kordinasi antara petugas check-in, gate dan ramp?
Walaupun tulisan yang sepele, tetapi semoga berguna.
Have a nice flight.
Terima kasih Agan-agan yang udah mau baca, semoga bermanfaat.![Malu (S) emoticon-Malu (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/malus.gif)
Kalo boleh minta
![Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pblpkt.gif)
Spoiler for pesan:
AirAsia - Terminal 3 Airport Cengkareng Jakarta
Fasilitas web check in yang disediakan oleh AirAsia memberikan kemudahan dan waktu yang lebih singkat dalam proses kita melakukan penerbangan. Setelah membeli tiket melalui online booking, kita bisa langsung check in, melalui internet, atau yang disebut sebagai web check in. Setelah kita melakukan web check in, kita langsung mendapatkan Boarding Pass, termasuk nomor tempat duduk kita nanti. Boarding Pass akan dikirim melalui email langsung saat itu juga dan bisa langsung kita print. Sangat praktis, kita tidak perlu antri melakukan check in di airport yang apabila antrian panjang bisa memakan waktu antara 15 sampai30 menit. Jadi kita datang ke airport sudah membawa Boarding Pass.
Terminal untuk AirAsia di Airport Cengkareng Jakarta adalah di Terminal 3, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Seperti biasa, saat masuk ke kounter check in tiket akan diperiksa dan barang bawaan kita harus di scan. Setelah barang discan, apabila kita sudah memiliki Boarding Pass dari web check in, kita tidak perlu antri di kounter check in. Tinggal belok kanan, nanti ada petugas "Document Check". Kita tinggal menemui petugas tersebut, tiket dan pasport diperiksa, kemudian kita membayar airport tax Rp.150.000,-- per orang untuk penerbangan internasional. Bagaimana kalau kita sudah terlanjur antri di check in counter padahal kita sudah memiliki Boarding Pass? Tidak apa2. Sama saja, kita hanya diperiksa passport dan tiket serta membayar airport tax.
Oleh petugas "Check Document" kita akan diberi informasi untuk menunggu di Zone berapa di ruang tunggu nanti. Jadi di terminal 3 tidak ada istilah Gate seperti di Terminal 1 atau 2, tetapi Zone (Zona Tunggu). Terdapat 6 Zona Tunggu. Pada dasarnya Zona Tunggu adalah area tempat duduk yang terdekat dengan pintu dimana kita akan lalui saat boarding nanti. Zone 1 sd 6 ada didalam ruang tunggu yang sama.
Ok. Kita kembali ke proses setelah kita mendapatkan info tentang Zone dari petugas check in. Kita menuju ke pintu ruang pemberangkatan dan imigrasi. Setelah masuk ke ruang tersebut kita langsung naik ke lantai 2 dengan menggunakan eskalator. Begitu sampai di lantai 2 kita akan temui 2 loket imigrasi, yaitu untuk Foreign Passport dan Indonesian Passport. Tentunya hanya yang akan melakukan penerbangan internasional yang harus melalui loket imigrasi. Untuk yang melakukan penerbangan domestik sudah disediakan jalur tersendiri disebelah kanan.
Setelah passport di cap di loket imigrasi, kita tinggal menuju ruang tunggu. Namun sebelumnya barang bawaan akan di scan kembali. Setelah masuk di ruang tunggu, ambillah tempat duduk sesuai dengan Zone yang telah ditentukan. Pada saat waktu boarding, akan ada pengumumuman. Di pintu keluar tiket akan diperiksa. Ada bagian tiket yang diambil (disobek) petugas dan bagian lainnya dikembalikan kepada kita.
Dari pintu keluar ke pesawat kita tidak menggunakan "belalai" seperti penerbangan pada umumnya, tetapi kita berjalan kaki atau naik bus yang telah disediakan untuk menuju ke pesawat kita. Untuk itulah kita perlu memastikan dimana letak pesawat kita.
Fasilitas web check in yang disediakan oleh AirAsia memberikan kemudahan dan waktu yang lebih singkat dalam proses kita melakukan penerbangan. Setelah membeli tiket melalui online booking, kita bisa langsung check in, melalui internet, atau yang disebut sebagai web check in. Setelah kita melakukan web check in, kita langsung mendapatkan Boarding Pass, termasuk nomor tempat duduk kita nanti. Boarding Pass akan dikirim melalui email langsung saat itu juga dan bisa langsung kita print. Sangat praktis, kita tidak perlu antri melakukan check in di airport yang apabila antrian panjang bisa memakan waktu antara 15 sampai30 menit. Jadi kita datang ke airport sudah membawa Boarding Pass.
Terminal untuk AirAsia di Airport Cengkareng Jakarta adalah di Terminal 3, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Seperti biasa, saat masuk ke kounter check in tiket akan diperiksa dan barang bawaan kita harus di scan. Setelah barang discan, apabila kita sudah memiliki Boarding Pass dari web check in, kita tidak perlu antri di kounter check in. Tinggal belok kanan, nanti ada petugas "Document Check". Kita tinggal menemui petugas tersebut, tiket dan pasport diperiksa, kemudian kita membayar airport tax Rp.150.000,-- per orang untuk penerbangan internasional. Bagaimana kalau kita sudah terlanjur antri di check in counter padahal kita sudah memiliki Boarding Pass? Tidak apa2. Sama saja, kita hanya diperiksa passport dan tiket serta membayar airport tax.
Oleh petugas "Check Document" kita akan diberi informasi untuk menunggu di Zone berapa di ruang tunggu nanti. Jadi di terminal 3 tidak ada istilah Gate seperti di Terminal 1 atau 2, tetapi Zone (Zona Tunggu). Terdapat 6 Zona Tunggu. Pada dasarnya Zona Tunggu adalah area tempat duduk yang terdekat dengan pintu dimana kita akan lalui saat boarding nanti. Zone 1 sd 6 ada didalam ruang tunggu yang sama.
Ok. Kita kembali ke proses setelah kita mendapatkan info tentang Zone dari petugas check in. Kita menuju ke pintu ruang pemberangkatan dan imigrasi. Setelah masuk ke ruang tersebut kita langsung naik ke lantai 2 dengan menggunakan eskalator. Begitu sampai di lantai 2 kita akan temui 2 loket imigrasi, yaitu untuk Foreign Passport dan Indonesian Passport. Tentunya hanya yang akan melakukan penerbangan internasional yang harus melalui loket imigrasi. Untuk yang melakukan penerbangan domestik sudah disediakan jalur tersendiri disebelah kanan.
Setelah passport di cap di loket imigrasi, kita tinggal menuju ruang tunggu. Namun sebelumnya barang bawaan akan di scan kembali. Setelah masuk di ruang tunggu, ambillah tempat duduk sesuai dengan Zone yang telah ditentukan. Pada saat waktu boarding, akan ada pengumumuman. Di pintu keluar tiket akan diperiksa. Ada bagian tiket yang diambil (disobek) petugas dan bagian lainnya dikembalikan kepada kita.
Dari pintu keluar ke pesawat kita tidak menggunakan "belalai" seperti penerbangan pada umumnya, tetapi kita berjalan kaki atau naik bus yang telah disediakan untuk menuju ke pesawat kita. Untuk itulah kita perlu memastikan dimana letak pesawat kita.
Spoiler for Nah disini cerita ane:
Pada tanggal 22 December ibu dan bapak saya akan melakukan perjalanan ke KUL menggunakan QZ 7696 ETD 1135. Saya sudah melakukan Mobile check-in sehari sebelumnya. Memang kesalahan ortu saya yang datang mepet waktu karna pas jam 11 siang saya telpon mereka baru berada di terminal 1 dengan Damri dan jam 1115 baru tiba di counter check in untuk ambil boarding pass dan bayar airport tax, mereka gak ada bagasi.
Karna khawatir mereka akan ketinggalan pesawat saya berinisiatip menelpon bapak saya, dan saya mendengar suara dari petugas check-in yang berkata ke bapak saya "bapak sudah telat nih jam segini baru datang"
![Matabelo emoticon-Matabelo](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvdpjkq.gif)
Akhirnya nama bapak saya di panggil melalui pengeras suara, dan didengar oleh ibu saya, lalu ibu saya bilang kepada petugas tersebut, dan petugas tersebut masih belum mudeng juga dan gak tanggap malah bilang "sudah biasa bu kayak gitu" akhirnya bapak saya ngotot dan bilang sudah check-in dan baru diliat di manifest sama petugas tersebut dan berkata "oh bapak sama ibu sudah check in yah"
Akhirnya di proses boarding pass dan ibu bapak saya menyelak di imigrasi dan lari "sprint" layaknya sprinter Suryo Agung, manusia tercepat di Asia Tenggara.. Bayangkan umur 63 tahun jadi atlit atletik di CGK. Untungnya flight pada siang itu telat 20 menit, tapi kalo tidak "dicuekin" selama 15 menit di counter pasti aksi sprinter dua manula ini tidak akan terjadi.
Tapi di balik kejadian di Check in itu ada petugas Air Asia yang sangat membantu, mereka petugas gate yang dengan tenang mengabarkan kalo penumpangnya yang kurang sudah ditemukan dan mereka membantu mengisi kartu imigrasi ortu saya.
Dan ketika masuk lewat garbarata walaupun paling akhir masuknya, masih tetap ada antrian di sekitar pintu masuk pesawat.
Saya sangat mengakui di sini kedua orang tua saya SALAH karna mepet datang di bandara. Dan ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan diantaranya.
1. Apakah mobile atau web Check-in tidak berguna?
2. Apakah petugas check-in tau arti dan fungsi dari web atau mobile check-in di Air Asia?
3. Apakah petugas tidak memperioritaskan penumpang yang sudah telat?
4. Apakah tidak ada kordinasi antara petugas check-in, gate dan ramp?
Walaupun tulisan yang sepele, tetapi semoga berguna.
Have a nice flight.
Terima kasih Agan-agan yang udah mau baca, semoga bermanfaat.
![Malu (S) emoticon-Malu (S)](https://s.kaskus.id/images/smilies/malus.gif)
0
3.7K
Kutip
30
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![The Lounge](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-21.png)
The Lounge![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
923.4KThread•84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya