Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BERlSlKAvatar border
TS
BERlSlK
Ditolak di RS Pasar Rebo, pasien miskin disuruh ke RS TNI AD
Masanih (44), seorang warga RT 03/10 Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, harus menerima pil pahit karena tak dapat mendapat layanan gratis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Rebo, Jakarta Timur. Yunus Nuswarli (50), suami Masanih, memaparkan, istrinya mengalami penyakit lambung kronis, pada Kamis (10/1) lalu terpaksa ditolak pihak rumah sakit dengan alasan kamar kelas III yang dipakai warga pemiliki Kartu Jakarta Sehat (KJS) sudah penuh pada saat itu.

"Memang KJS belum jadi, tapi saya sudah buat dua bulan lalu. Lalu saya bawa salinan KTP dan kartu keluarga kebagian administrasi, tapi dibilang ruangan kelas III, dan kelas II penuh semua. Dokter akhirnya menyuruh saya mencari rumah sakit lain," ujar pria yang biasa bekerja sebagai tukang las, saat dihubungi merdeka.com, Senin (14/1).

Dengan berat hati, Yunus kemudian membawa sang istri yang sudah tak dapat menahan nyeri, ke Rumah Sakit Pusdikes, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati.

Tak jauh berbeda dengan RSUD Pasar Rebo, sesampainya di RS Pusdikes, pihak rumah sakit menyebut jatah untuk pasien peserta KJS sudah habis.

"Setelah saya bawa ke Pusdikkes (TNI AD) ternyata sama juga, pihak rumah sakit menyarankan istri saya dirawat di Ruang Dahlia A III, tapi harus bayar," terang ayah tiga anak ini.

Yunus menyebut, sejak dirawat kemarin, dia sudah mengeluarkan uang sekitar Rp 1,8 juta. Dia mengaku heran, program KJS yang sudah berjalan selama tiga bulan ini, masih ada yang ditolak rumah sakit dengan alasan ruangan penuh.

"Saya cuma ingin agar diringankan bebannya, syukur kalau gratis, karena sekarang saya lagi nganggur," harapnya.

Kondisi Masanih kini sudah mulai membaik ia pun sudah perbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit. Yunus berharap kejadian seperti ini nantinya tidak terulang lagi kepada dirinya dan warga warga lain yang belum memiliki KJS.

merdeka

Spoiler for komentar TS:
Diubah oleh BERlSlK 14-01-2013 06:08
0
3.1K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.