Kenapa sih, sebaiknya kita memanasi motor kita sebelum ngantor atw kuliah?
TS
greensantos
Kenapa sih, sebaiknya kita memanasi motor kita sebelum ngantor atw kuliah?
Sebenarnya telah ada postingan sebelumnya dari agan GombongParadise.
tapi disini ane pengen mencoba melengkapi dan ingin share apa yang udah ane dapetin di t4 ane kuliah.
Langsung aja, cekibroot. .
Beberapa alasan tersebut diantaranya :
Spoiler for 1. Fungsi Pelumasan:
1. Untuk fungsi pelumasan
Matinya enjin mengakibatkan matinya fungsi pelumasan. Fungsi pelumasan ini penting, di antaranya untuk mengurangi aus pada komponen2 yang bergesekan seperti gear ke gear, ring piston dengan dinding silinder, dan lain2. Semakin lama mati, semakin banyak oli yang berjatuhan atau kembali ke tempat penyimpanannya. Pastinya oli yang berada di bagian gear, piston dan sebagainya akan menipis. Bila mesin dinyalakan setelah mati cukup lama maka butuh waktu bagi oli untuk melumasi bagian-bagian gear atau bergesekan lainnya. Kalau agan2 main ngacir gitu aja, dengan pelumasan yang sedikit, gear2 bisa aus, ring piston bisa patah yang mengakibatkan kendaraan agan gbs jalan. Nah, ini adalah hal yang paling vital dalam pentingnya proses pemanasan.
Kalau agan mau tahu, piston itu bergerak umumnya 50 putaran dalam 1 detik atau 3000 rpm, ini dalam keadaan statis (tanpa di gas). Gimana kalau agan bergerak dengan kecepatan 100 km/jam ? tentunya akan lebih dari 50 putaran dalam 1 detik.
Spoiler for Pembakaran:
2. Untuk pembakaran yang lebih sempurna (edisi revisi)
Sebelum mesin dinyalakan, bensin dan udara masih berada di tempatnya masing2. Sehingga dibutuhkan waktu pada proses pencampuran udara dan bahan bakar untuk memperoleh campuran yang pas antara bahan bakar dan udara sekitar 1 : 14,7 atau dalam ukuran liter dapat disebutkan 1 liter bensin secara ideal harus bercampur dengan 11500 liter udara. Beginilah cara pencampurannya, yang warna ungu itu bahan bakar dan hijau itu udara.
Bahasa mudahnya:
motor dipanasin - Awalnya pencampuran udara belum stasioner, kalau bensinnya kebanyakan jadinya ngebul kalau udaranya yang kebanyakan kentut ( keluar bunyi petasan ) - Akhirnya setelah stasioner pencampuran udara menjadi lebih ideal - otomatis petasan dan ngebulnya semakin berkurang karena bahan bakar terbakar lebih sempurna
Kesimpulannya:
Panasilah motor 2-3 menit sebelum ngantor. Jangan lama2 juga karena bisa menyebabkan knalpot jadi berwarna keungu2an atw kecoklatan untuk knalpot yang berwarna silver atw terang. Hal ini disebabkan oleh terlalu panasnya knalpot karena udara hanya berputar disitu2 saja sehingga tidak terjadi proses pendinginan.
Spoiler for informasi tambahan:
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Wah jadi bagaimana dong?
Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita, pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada tabel, bahwa CR mesin mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah 11 : 1
Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin mobil AX kita tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 95, yaitu bensin Pertamax Plus. What !! :jedut2
*Mohon dicek lagi ah...*
Bagaimana Jika Diisi Bensin Dengan Oktan Lebih Rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….
Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).
Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.
Kesimpulan:
- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
"
[sumber : saft7.com]
maaf klw repsol. hal ini semata-mata ingin berbagi materi yang didapatkan di kuliah. buat agan2 yang lebih pintar, syp tw bisa membenarkan atau memberi tambahan. maklum ini thread pertama ane setelah daftar 2 tahun yang lalu.
tambahan dari agan2 yang mungkin bisa dipertimbangkan
tips cara manasin motor.
Quote:
Original Posted By pembantu.kaskus►y c gan...sebelumy jg klo baiky y pemanasan pke manual jgn starter...
karena starter yang kita pakai menggunakan voltase kurang lebih 15.000 V, maka dari itu penggunaan starter yang terlalu sering dapat menyebabkan umur aki yang singkat. ane pernah ganti kurang dari setaun gan.
Quote:
Original Posted By speedsliders►motor yang gak dipake semaleman biasanya pelumasan di dalam mesinnya kurang... mau lebih bagus lagi, sebelum kunci di on kan... itu mesin di engkol2 dulu >5 kali... abis itu baru di kontak on.. panasin cukup 1-2 menit...atau sampe stasioner.. sehingga pelumasan sempurna... abis itu tancappppp...
Pengetahuan tambahan:
Quote:
Original Posted By bangkekapal►bener gan tapi klo untuk mesin motor karn tergolong mesin kecil jadi fungsi pelumasan awal dgn tujuan agar pelumas merata ke semua bagian itu bisa berjalan seiiring dgn bergeraknya putaran mesin (atau dgn kata lain gak perlu lama pemanasan awal krn tidak pun gak jadi masalah tp emang dianjurkan untuk pemanasan awal sih )
krn mesin motor termasuk wet lubricating atau sistem pelumasan basah
artinya mesin terendam didalam minyak lumas
dgn kata lain pelumasan awal/pemanasan gak terlalu urgensi
lain hal dgn mesin2 diesel ukuran besar dimana terdapat sump tank dimana pelumasan awal sangat dianjurakan krn bagian mesin menjadi kering setelah mesin tersebut berhenti/mati krn kebanyakan mesin diesel ukuran besar menggunakan sistem dry lubricating
CMIIW
buat para korban yang jarang manasin motornya:
Quote:
Original Posted By coli.day►gw pernah gan ga dipanasin
eh malah mogok diljalan gara² mesin dngin
Bagaimana dengan sistem injeksi?
Quote:
Original Posted By brrrmmm►injeksi sebenernya juga butuh untuk di panasi, walaupun sudah di lengkapi dengan sensor suhu dkk, yg bakalan mengatur mesin agar bisa cepat langsam.
sekali lagi itu hanya membantu untuk cepat langsam, toh itu juga kodratnya mesin yg butuh pelumasan, maka pemanasan mesin sebelum pemakaian (setelah mesin tidak di gunakan dalam jangka waktu lama) itu diperlukan.
seperti penjelasan di trit ini, kalau ngga di panasin komponen mesin bakalan lebih cepet ausnya dari yg seharusnya (mudahnya mesin cepet rontok), meskipun sekarang ada oli sintetik yg katanya bakalan menempel terus di komponen mesin, ataupun sistem pelumasan mesin jaman sekarang udah semakin maju, tetep yg namanya pemanasan mesin sebelum di pakai itu di perlukan.
Quote:
Original Posted By aryapradana►injeksi itu hanya sistem pembakaran saja. kadar antara bensin dgn udara udah otomatis masuk hingga kalo dinyalain di kondisi udara dingin, mesin tetep ngacir. hanya pelumasan tetep dibutuhkan (pemanasan di pagi hari)
ingat! pemanasan yg terlalu lama akan menyebabkan boros BBM. 5 menit juga sudah lebih dari cukup.
juga, mesin makin kesini, celahnya semakin rapat. beda dgn mesin2 jadul. maka mesin makin modern, spek oli yg dibutuhkan berbeda. misal API SL, untuk mesin keluaran tahun 2008 kesini (cmiiw). kenapa? tentu saja, pabrik makin modern sehingga kerapatan antar part2 mesin makin kecil, oli yg dibutuhkan makin encer. juga jgn lupakan kekentalannya, sesuaikan dgn spek mesin. mesin pake spek oli 20w-50 janganlah ganti ke oli 10w-30, keenceran. lama2 olinya nguap (ga banyak sih) namun yg sedikit itu pengaruhnya banyak, trutama di motor.
semoga ada traktiran cendol atau abu gosok.
semoga bermanfaat
Spoiler for :
ini trit pertama ane dan langsung dapaet traktiran cendol yang buanyak banget.
makasi ya agan2
smoga yang dh berbaik hati ngsh abu dan cendol, 2013 ini agan diberikan kesuksesan. doa dan resolusinya dikabul m Sang Pencipta. amin
bersambung ke halaman 74
Diubah oleh greensantos 23-03-2013 11:33
0
88.9K
Kutip
1.9K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!