Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mungkin ini Alasannya Mengapa Tayangan TV semakin ALAY..(Opini saya gan)

rorieAvatar border
TS
rorie
Mungkin ini Alasannya Mengapa Tayangan TV semakin ALAY..(Opini saya gan)
Welcome

to the Newbie Thread



Ane kelahiran tahun 90an gan, mungkin orang indo juga tau era 80-90an itu adalah era indonesia dalam tahap perkembangan di dunia entertaiment broadcast, termasuk televisi, TVRI merupakan stasiun televisi pertama indonesia yang dikelola oleh pemerintah yang menjadi tempat bertemunya semua informasi, hiburan, dan lainnya menjadi satu paket siaran. pada masa itu banyak kita kenang acara-acara bermutu seperti event lomba musik, berita masa pembangunan indonesia dan lain sebagainya.

takutnya terlalu panjang pembahasannya, disini saya mau bahas tentang beberapa tayangan di televisi di masa 90an dan beda nya ama sekarang dan alasannya. kalau kita ingat dulu siaran berita itu dibawa secara serius dan memakai bahasa yang mendidik, coba lihat sekarang. kita beri contoh seperti TV*ne memiliki acara berita yang di buat seakan terkesan santai dan tidak terlalu fokus pada pembahasan, selain itu juga cara penyampaiannya terkadang menggunakan bahasa sehari-hari (maksud saya disini adalah ada beberapa kata-kata yang tidak memakai bahasa yang tidak formal) okelah karena alasan nya agar mudah di pahami. selain itu yang saya lihat lagi berita-berita yang di siarkan sepertinya seperti berbau kontroversial dan seperti adanya memihak pada satu sisi. untuk masalah acara berita. cukup disini dulu.

selanjutnya. apakah agan/sista pernah mendengar kata-kata kultum?
ya, kuliah tujuh menit yang di siarkan di stasiun R*TI pada waktu pagi menjelang solat subuh. kalo sekarang yang saya lihat. acara pendidikan itu di buat pada jam tengah malam. jam 2-3 dini hari, yang menurut saya ini mungkin sebagai bentuk formalitas dari format siaran agar disahkan oleh badan KPI (badan penyiaran indonesia). yang ada pada jam 5 subuh yang saya lihat hanya acara wawasan tertentu, bahkan jam 5 subuh di tayangkan acara kartun N*ck*ode*n (emg anak-anak/adek-adek agan udah pada bangun semua jam segini?. ane jamin, 8 dari 10 anak-anak jam segini masih pada molor) yang saya tahu jaman dulu itu tayangan anak anak itu berada di jam tayang 6 pagi - 8 pagi. malah sekarang jam segitu acaranya acara untuk ibu rumah tangga. lanjut ke jam 8 nya. nah..jam segini uda taukan ini jam-jamnya Narsisme (tongkrongan ababilemoticon-Ngakak) ya mungkin jamannya kali yah, hahaha...kalo jaman dulu jam 8 sampe jam 11 itu baru jamnya ibu ibu rumah tangga. masih ingat sama nama acara "Masakan Nusantara" ga gan/sista ?

kalo di jam 12 sih ga ada yang banyak berubah, karena disini dari dulu ampe sekarang ya jamnya orang beristirahat siang setelah beraktivitas pagi. banyakan berita.skip

selanjutnya, ingat ga gan jaman dulu kalo agan disuruh emaknya tidur siang jam 1 siang, trus kalo bangun kira-kira jam 3 sore gitu pasti langsung lari ke depan TV, stel acara yang dinanti nanti, Transformer jadul..( masih ingat ane gan suara tranformasi mobil ke robot.."te ta to thoonn" emoticon-Ngakak ), ya pasti di jam 3 - 5 sore pasti serial anak-anak, mau itu kartun. mau itu robot-robot dll lah gan. kalo sekarang boleh dilihat. jamnya anak-anak galau..EF TI VI... emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

emoticon-Matabelo

lanjut ke malam. acara jam segini adalah jam paling "EMAS" buat perusahaan siaran. kenapa?. Ya, jam segini adalah jam keluarga berkumpul di ruang inti rumah, ruangan TV pastinya, dan jam seginilah jam paling besar kwantitas penontonnya. kalo jaman dulu sih sudah pasti acara musik dan pagelaran seni. tetapi. mulai datang nya nenek moyang sinetron indonesia "TERSANDUNG" (sinetron episode terpanjang, sampai sekarang tak terkalahkan. hanya di siarkan di stasiun IND*S*AR). sampai sekarang, udah ga ada mutu lagi di jam segini.

last. jam 9. ane ingeeettt banget, jam segini bapak ane ngomog "udah..udah..tidur kalian tidur, udah malem, besok sekolah"...tapi itu jaman dulu gan...kalo sekarang gan, malah jam segini yang paling seru-serunya siaran TV. kalo jaman dulu jam 9-12 itu di TV full berita.awkwakwak

intinya, yang saya baca dari semuanya adalah karena BISNIS, ya kenapa saya bilang begitu?

sudah pasti, prinsip ekonomi itu adalah..mengorbankan sekecilnya dengan mengharapkan untung seAKBAR AKBARnya..karena sumber utama penghasilan stasiun siaran adalah ADVERTISING atau IKLAN
ane umpamain begini, seberapa besarkah pengaruh jumlah anak-anak terhadap larisnya produk yang di iklankan Stasiun TV?

lebih sederhananya begini, siapa yang punya uang lebih banyak, anak-anak atau orang dewasa?
menurut saya itulah alasannya mengapa Siaran TV sekarang seperti ini, menyajikan hampir 99% siaran dewasa. karena hanya di jam siaran untuk orang remaja dan dewasa produk-produk yang di iklankan akan laku. faktanya bisa kita lihat sendiri emang produk untuk anak-anak seberapa besar macamnya?

mungkin dunia kita udah terlalu maju dan melupakan pasak pasak yang perlu di bangun, karena inti dari siaran adalah menyampaikan informasi, dan pada dalilnya iklan hanyalah selingan numpang lewat orang jualan. tetapi boleh kita periksa, durasi iklan 1 hari itu lebih besar ketimbang durasi acara televisi yang mendidik. sekian dari saya.

ane masih Newbie, namun berharap juga
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

tapi, ane mohon sekali, jangan di kasi beginian ya gan
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

yah, paling tidak ada yang ngasih emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh rorie 12-01-2013 18:18
0
2.2K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.