Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

luffysammaAvatar border
TS
luffysamma
NISN, Nasionalisasi Nomor Induk Siswa Seluruh Indonesia
bukti no emoticon-Blue Repost gan.emoticon-Ngakak
Spoiler for pict:


NISN, Nasionalisasi Nomor Induk Siswa Seluruh Indonesia
Pemerintah melalui kementrian pendidikan nasional meluncurkan NISN yang merupakan kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN merupakan sistem yang mengelola nomor induk siswa secara nasional. NISN ini dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) telah menggunakan sistem komputerisasi yang terpusat dan online dalam pengelolaan NIS Nomor Induk Siswa skala Nasional yang telah sesuai dengan Standar Pengkodean yang telah ditentukan oleh Kemdiknas.

Seorang siswa yang telah terdaftar di Layanan NISN telah diberi kode tanda pengenal identitas siswa yang sifatnya unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.
NISN, Nasionalisasi Nomor Induk Siswa Seluruh Indonesia

Cara mendapatkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) melalui mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukean secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.

Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN ([url]http://nisn.data.kemdiknas.go.id./[/url]).

Tujuan dan Manfaat NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah untuk Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Juga sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Selain itu juga manfaat NISN adalah sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Bagaimana cara mencari NISN Siswa ini secara lengkap? Berikut adalah penjelasan bagaimana Siswa mendapatkan NISN:

1. Silahkan kunjungi langsung situs (http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Siswa/Data/)

2. Klik tab “Pencarian berdasarkan Nama”, dan akan terlihat seperti tampilan pada gambar dibawah ini:
NISN, Nasionalisasi Nomor Induk Siswa Seluruh Indonesia
3. Ketikkan “Nama Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir”, kemudian klik tombol “Cari”. Jika siswa melakukannya dengan benar, maka NISN yang siswa cari akan keluar.

Sumber

sekian sekilas info dari ane gan, semoga dapat menambah wawasan agan2 semua.
jangan lupa di emoticon-Rate 5 Starkalo agan berkenan sih lempar ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan. emoticon-Ngakak
0
3.4K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.