• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Memahami : Kenapa game Xbox 360 lebih bagus dari versi PS3!! hehe..

pitpitkapitAvatar border
TS
pitpitkapit
Memahami : Kenapa game Xbox 360 lebih bagus dari versi PS3!! hehe..


Spoiler for Satu Kata:


uda lama gan ane g bikin trit... emoticon-Ngakaklangsung aja gan...!! emoticon-Ngacir2 emoticon-Games

Berbagai game multiplatfrom yang dirilis untuk xbox 360 dan PS3 biasanya memiliki kualitas gambar yang lebih bagus di Xbox 360 daripada di PS3. Kenapa hal ini bisa terjadi? Disini coba di bahas tanpa terlalu muluk-muluk dengan hal teknis

Spoiler for Intro ::


Spoiler for Desain Xbox 360:


Spoiler for Konsep daleman Xbox 360:


Quote:


Quote:


Quote:


______________________________________________________________


Spoiler for Desain PS3:


PS3 memiliki desain yang unik.
CPU yang terdiri dari 1 core utama (PPE) dan 7 core pembantu (SPE) menjadi 1 kesatuan CPU CELL. Pada unit retail, dari 7 SPE di disable 1.

Spoiler for Konsep daleman PS3:


Quote:


Quote:


Quote:


Spoiler for Proses porting game dari Xbox 360 ke PS3:


Quote:


Dari tabel diatas dapat dilihat beberapa perbedaan dari Xbox 360 ke PS3. Developer harus segera memikirkan langkah apa yang harus diambil agar game yang ada di Xbox 360 juga bisa berjalan dengan baik di PS3. Semua itu juga harus dilakukan secepat mungkin karena adanya keterbatasan dana, waktu, tenaga kerja, dan berbagai faktor lain.

CPU
Sebelum dimulai mari kita lakukan permisalan dahulu. Soalnya desain CPU PS3 itu kelewat unik. haha. . .emoticon-Ngakak

Quote:


Beban kerja di Xbox 360 di desain untuk dipikirkan oleh 3 orang arsitek, tiap arsitek diberi 2 tugas, sehingga total 3 arsitek itu harus menyelesaikan 6 tugas. Nah ketika masuk ke PS3, Bagaimana cara membuat 6 tugas yang di desain untuk 3 orang arsitek ini bisa dijalankan dengan baik di PS3 yang hanya memiliki 1 arsitek?

Tentunya kalau 1 arsitek dipaksa bekerja seperti 3 arsitek, kepalanya bisa pusing tujuh keliling kan
Nah di keadaan seperti ini, developer biasanya menyuruh 6 tukang PS3 untuk mengambil alih pekerjaan 2 arsitek. Sehingga di PS3 ada 1 Arsitek + 2 Arsitek jadi-jadian.

Sayangnya pak tukang kalau dikasih masalah, pekerjaan, dan tugas seorang Arsitek kepalanya pak tukang jadi pusing. Selain itu pak tukang juga masih harus memikirkan tugas tambahan yang juga harus selesai hari ini. Akhirnya 2 Arsitek jadi-jadian ini tidak bisa bekerja sebaik Arsitek asli.
Sehingga hasil kerja 3 Arsitek asli Xbox 360 akan lebih bagus dari hasil kerja 1 Arsitek asli PS3 + 2 Arsitek jadi-jadian PS3. Makanya game di PS3 kualitasnya turun.

Hal itu yang terjadi selama ini, tapi untungnya lama lama para developer pun tahu cara melatih para tukang agar bisa melakukan tugas arsitek dengan cukup baik. Makanya lama-lama game multiplatform Xbox 360 dan PS3 semakin tipis perbedaannya.

Spoiler for Kalau mau membaca penjelasan diatas dalam bahasa teknis silakan buka ini::


GPU
Para pembuat game di Xbox 360 dimanjakan dengan berbagai fitur modern dan fitur-fitur ini semuanya di dokumentasikan dengan jelas. Cara-cara menggunakan dan memaanfaatkannya dengan baik pun sudah ada semua. Semua itu dikemas dalam API DirectX9 yang telah di modifikasi.
Game dari Xbox 360 yang dirubah ke versi PS3 akan mengalami berbagai masalah karena GPU PS3 memang tidak dapat melakukan berbagai hal modern yang dilakukan GPU xbox 360. Dan tidak ada standar API yang jelas, apa saja yang bisa dilakukan developer.
Misalnya sebuah fitur yang disebut Tesselation, GPU Xbox 360 memiliki hardware tesselator. Sedangkan GPU PS3 samasekali tidak memilikinya. Dan tidak ada info dari SONY developer harus bagaimana.
Lalu bagaimana agar game xbox 360 bisa jalan di PS3?
0
45.7K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.