Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abrahamdavidAvatar border
TS
abrahamdavid
[Diskusi] Intensive Care Unit (ICU) for Newbies
Sejak bergabung di forum ini, saya pernah mendapat PM yang menanyakan apakah saya seorang fotografer. Menurut saya, setiap orang yang megang kamera, yaitu anda, saya, dan semua orang yang ada di forum ini adalah fotografer. Hanya saja, seperti di bidang keterampilan lainnya, fotografer itu ada tingkatan-tingkatannya. Ada pemula, ada yang sudah mahir. Saya bukan lebih ahli dari para pemula, saya hanya kebetulan saja mulai lebih dulu. Awalnya, seperti semua orang, saya juga seorang newbie.

Saya biasanya nongkrong di thread pertanyaan newbies dan thread kritik jujur dan brutal, tetapi di sana kebanyakan pertanyaannya terlalu luas (baca: ga jelas), sehingga jawabannya pun juga terlalu luas (baca: sama ga jelasnya). Jadi saya membuat thread ini supaya agan-agan newbies mendapat jawaban yang lebih terstruktur dan jelas. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan agan-agan newbies secara intensive dan back-and-forth (bolak-balik), jadi seperti les privat gratis.

Karena tujuannya belajar fotografi untuk newbies, maka saya akan lebih menitikberatkan kepada teknik dasar-dasar fotografi, yaitu exposure, komposisi, dan hal-hal lain yang mendukung. Saya tidak mementingkan production value (make-up, wardrobe, post-processing, dll.), juga tidak mementingkan sisi "art"-nya (feel, tone, emotion, dll.). Untuk itu, maka thread ini hanya sebatas untuk kamera yang bisa atur exposure secara manual mode (M) saja, misalnya DSLR, mirrorless, prosumer, dll. Sedangkan kamera pocket, handphone, ipad, dll. tidak termasuk.

ATURAN MAINNYA:

1. Upload foto yang ingin ditanyakan (dengan spoiler). Pertanyaan tanpa foto / foto tidak muncul tidak akan direspon.
2. Lengkapi dengan data:
a. Peralatan yang dipakai (merk & tipe kamera, lensa, flash, dll.) Sebutkan dengan lengkap.
b. Aperture, shutter speed, ISO, focal length, dan apa saja yang anda rasa perlu.
3. Ceritakan apa yang ingin anda peroleh dari foto tersebut, misalnya: mau bokeh, atau mau lebih terang, dll. Silakan bertanya sejelas-jelasnya, panjang lebar tidak apa-apa. Atur kalimat dengan baik, jangan bahasa alay.
4. Setelah saya tanggapi, anda harus mengupload foto lagi dengan objek yang sama tapi dengan teknik yang sudah diperbaiki. Karena itu, lebih baik fotonya tentang hal-hal yang mudah anda foto lagi (misalnya: bunga, air mancur atau anak/istri, dll.) Bukan foto yang dapetnya aja cuma sekali seumur hidup (bencana alam, komet, wedding, dll.)
5. Ulangi seperti itu sampai anda berhasil mengerti dan menguasai teknik foto yang anda inginkan.
6. Jangan tanya yang lain-lain sebelum yang foto satu tadi selesai.
7. Pertanyaan sekitar teknik / ilmu fotografi, bukan tentang kamera X vs kamera Y!
8. No junk. No spam.
9. Bagi kaskuser lain yang ingin menanggapi pertanyaan orang juga boleh loh, tidak harus saya.

Yang tidak mengikuti aturan main ya tidak akan saya apa-apakan (saya kan bukan moderator), cuma nggak direspon aja. Jadi jika anda tidak direspon mohon dibaca dulu aturan mainnya. Dan karena ini gratisan, ya harap maklum kalau saya lama jawabnya, ok?

Contoh upload foto:
Spoiler for contoh:


emoticon-I Love Kaskus (S)
0
3.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.