Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kakbayuAvatar border
TS
kakbayu
Setujukah anda di tahun 2013 era netbook sudah berakhir?
Perkembangan komputer tablet semakin cepat dan pertumbuhannya pun mengalahkan netbook yang sebelumnya sempat booming. Netbook dianggap unggul dari notebook dalam hal ukuran yang lebih kecil dan mobilitasnya yang tinggi karena daya tahan baterai yang lebih baik serta harga yang lebih murah.



Untuk sekedar menjalankan office dan multimedia bahkan film full HD 1080p sudah sanggup dilakukan oleh sebuah perangkat netbook. Enaknya lagi, bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, cari-cari bahan diperpustakaan sambil mengetik dan browsing internet, netbook menjadi pilihan yang menarik.



Tablet dianggap sebagai solusi kemudahan untuk hiburan, internet dan multimedia lainnya. iPad sebagai sebuah tablet premium pun kini mengluarkan iPad mini yang di klaim oleh petinggi Apple bukan sebagai tablet mahal.



Tren OS Android pun ikut andil dalam melahirkan tablet-tablet berkualitas non Aplle, dan lebih terjangkau harganya. Mulai dari Samsung Galaxy Note sampai tablet lokal dan China membanjiri pasar Indonesia dengan harga mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Tak mau ketinggalan, Microsoft pun mengeluarkan Windows 8 / Windows RT yang sangat mengakomodasi tablet dengan interfacenya yang nyaman digunakan untuk layar sentuh. Ini artinya, tablet akan lebih banyak diproduksi dan bukan tidak mungkin menjadi standar komputer jinjing dimasa yang akan datang.



Menurut berita, 2 vendor besar komputer Acer dan Asus sudah menghentikan produksi netbook nya dan beralih ke komputer tablet, artinya akan semakin sulit mencari netbook saat ini. Pilihanya tinggal tablet atau notebook yang tentunya harga notebook lebih mahal dari netbook.

Menurut agan/aganwati, masih layakkah netbook dipertahankan? Apakah sebuah komputer tablet bisa menggantikan kerja sebuah netbook? Lebih nyaman mana mengetik dengan menggunakan netbook atau tablet?

Kalau pendapat saya sendiri menganggap netbook perlu dipertahankan. Karena ini merupakan perangkat komputer mini yang memiliki fungsi sama dengan sebuah PC hanya saja performancenya kurang. Untuk mengetik jurnal ilmiah atau tugas akhirpun netbook lebih mengasyikan karena tersedianya keyboard fisik dan kemudahan untuk dikoneksikan dengan berbagai perangkat lainnya (modem, printer, scanner, dll).

Netbook bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan kita dikantor, sedangkan tablet masih dikatakan sebagai second line saja, tetap harus ada PC atau setidaknya netbook yang mendampingi.

Dengan perkembangan teknologi, netbook bisa terus dikembangkan dengan mempersenjatainya menggunakan prosesor dan grafis yang lebih baik dan tentunya lebih powerfull.



Meskipun sekarang ada notebook hybrid yang dapat digunakan sebagai notebook dan sebagai tablet, namun menurut saya masih kurang praktis dan harganyapun masih cukup tinggi.

Intinya, apakah agan/aganwati setuju bahwa era netbook sudah berakhir di tahun 2013 ini?

Ditunggu komentar agan/aganwati semua yang pinter-pinter dan cakep-cakep emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Polling
0 suara
Setujukah anda di tahun 2013 era netbook sudah berakhir?
Diubah oleh kakbayu 04-01-2013 10:56
0
8.3K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.