Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

clay.keysAvatar border
TS
clay.keys
[ASK] Apakah Lundin mampu membangun Frigate?
Mendengar nama Lundin masih fresh di memori kita dengan insiden ini,



Tapi kita juga ga pernah lupa kalo gambar kapal tersebut di atas adalah sebelumnya berbentuk spt gambar KCR 60 di bawah ini


dan kita tahu meski dilanda Insiden, Lundin pun berani menawarkan proyek yg "lebih besar" seperti korvet Trimaran 73m



TS tergelitik untuk memulai diskusi (setengah menghayal) apabila Lundin diberi kesempatan untuk membangun sebuah frigate.
Kita tahu John Lundin adalah seorang warga negara Swedia yg menikah dengan warga asli Indonesia dan membuka noth sea boats yg bergerak sebagai produsen kapal di Banyuwangi, Jawa Timur.
Menurut gambar2 di awal peluncuran KRI Kelwang, Lundin memiliki banyak keterbatasan untuk manufacturing kapal2 besar, terutama krn ukuran bangunan "Hanggar kapal" yang terbatas, keterbatasan lain adalah Lundin kelihatannya blom berpengalaman dalam membangun jenis kapal berbahan Baja dan mono-hull berukuran besar (1000dwt ke atas).
Kenapa Lundin?
TS merasa ada bbrp benefit yang dimiliki Lundin
- Lundin masih memiliki hubungan erat dgn Swedia dan negara2 eropa utara-barat sehingga transfer of technology bisa lbh mudah mengingat John Lundin yang punya sejarah dan hubungan baik dari negara asalnya. Transfer of Technology tidak lagi G to G tapi P to P (personal to personal)
- Lundin dengan memiliki banyak staff ahli dan manajemen yang merupakan orang asing. Sejujurnya berdasarkan pengalaman TS staff asing memiliki kinerja yg lbh baik dalam profesionalitas dana manajemen waktu.


Yang menjadi pertanyaan TS:
Apakah Lundin mampu membangun Light Frigate dengan komposisi ukuran mirip proyek PKR sekarang? panjang 105m bobot 2000t ke atas.
Dengan syarat segala keterbatasan Lundin bisa di atasi dengan
- bekerjasama say dgn PAL atau DKB. Atau juga memberikan Lahan dan dana investasi yg cukup untuk membangun sebuah galangan baru.
- Katakan semua dana pembangunan bisa dipenuhi dgn baik dari pemerintah (ga ada mbulet2an). Dan taruhlah mirip dengan skema KRI Klewang yg terdahulu

mohon jika rekan2 punya bahan diskusi mengenai isu dan potensi2 lainnya bisa dibahas disini juga. thanks

0
11.1K
47
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.