Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

CutieAvatar border
TS
Cutie
[HOT] 5 Calon OS Penakluk iOS & Android - With PICS++
5 Calon OS Penakluk iOS & Android


Sekarang ini supremasi iOS & Android di pasaran mobile OS dunia memang tidak terbantahkan. Fitur yang melimpah dan juga suntikan aplikasi-aplikasi berkualitas adalah sebab dari keberhasilan mereka. Namun, apakah sudah tidak ada kesempatan lagi bagi OS lain untuk bersaing? Tentu saja ada. Para pengembang OS ternama di dunia sudah mulai paham akan apa yang diinginkan oleh para pengguna, dan saat ini mereka sedang gencar-gencarnya mengembangkan produk-produk terbaru mereka yang siap berduel dengan iOS dan Android. Lalu, apa saja OS terbaru yang dikatakan sebagai calon penakluk penguasa pasaran dunia ini? Silahkan Anda simak keterangan lebih lanjut tentang 5 OS calon penakluk iOS dan Android berikut ini.

1. BlackBerry 10





Tragis memang jika kita melihat nasib yang dialami BlackBerry sekarang ini. Salah satu OS yang dahulu menjadi salah satu OS yang paling banyak diminati kini harus rela turun tahta digantikan oleh iOS dan Android. Akan tetapi RIM tidak mengenal kata menyerah dalam mengembangkan produk mereka.

Akhir Januari ini RIM akan memperkenalkan OS terbaru mereka yaitu BlackBerry 10. Pada OS terbaru ini mereka mengadopsi sistem swipe sebagai cara pengoperasian utama, yang berarti BlackBerry 10 tidak lagi memerlukan tombol mekanis seperti yang ada pada beberapa seri sebelumnya. OS ini dikatakan memiliki fitur anti-crash, yang dirancang untuk tidak mengalami hang pada saat digunakan.

2. Tizen





Walaupun saat ini Samsung sudah bertengger di posisi kedua dalam deretan mobile OS dunia dengan sederet ponsel Android mereka, tetapi mereka masih memiliki ambisi pribadi untuk mengembangkan OS milik mereka sendiri. Tahun ini mereka berencana untuk memperkenalkan OS terbaru mereka kepada publik.

OS yang mereka sebut dengan Tizen ini bisa dibilang adalah penebus kegagalah OS Bada beberapa waktu lalu. Tizen adalah hasil kolaborasi pihak Samsung dengan raksasa teknologi dunia, Intel. Pada dasarnya Tizen mengadopsi sisten open source seperti yang dimiliki Android. Kabarnya Jepang akan menjadi tempat pertama yang akan menjadi arena uji coba bagi OS ini. Samsung rencananya akan menggaet operator lokal DoCoMo untuk memproduksi ponsel berbasis Tizen pertama mereka.

3. Sailfish





Geram gara-gara proyek OS MeeGo mereka ditinggalkan Windows, para mantan pegawai Nokia ini bertekad membuktikan kredibilitas mereka dengan mendirikan sebuah perusahaan baru dibawah mereka yang mereka beri nama Jolla. Perusahaan baru ini bertugas melanjutkan pengembangan OS Meego yang terlantar karena ditinggalkan Windows. Rupanya spekulasi para pegawai Nokia ini telah melahirkan sebuah hasil.

Tahun ini rencananya mereka akan memperkenalkan OS baru mereka yang merupakan hasil pengembangan dari proyek MeeGo. Produk mobile OS ini diberi nama Sailfish. Pada dasarnya pengoperasian OS ini masih mempertahankan apa yang telah ada pada proyek MeeGo, yaitu dengan sistem swipe atau geser. OS ini juga dikatakan akan kompatibel dengan beberapa aplikasi kepunyaan Android.

4. Ubuntu





Siapa yang tidak kenal Ubuntu, sebuah OS berbasis open source nomor satu di dunia. Jika sebelumnya OS ini lebih dikenal dikalangan pengguna PC, tahun ini mereka akan mencoba melebarkan sayap mereka ke dunia mobile. Mark Shuttleworth, sang pendiri perusahaan distributor Ubuntu yaitu Canonical, telah mendemonstrasikan mobile OS terbaru mereka ini di markas besar mereka di London.

Melalui demonstrasi tersebut, Mark berani mengatakan bahwa produk ini adalah calon OS yang memiliki interface paling bersahabat di pasaran, atau dengan kata lain Ubuntu mobile akan menjadi OS yang paling mudah dioperasikan di dunia. Dengan suplai aplikasi yang sangat melimpah dari Ubuntu Software Center, OS ini berpotensi menjadi penakluk dua raksasa mobile OS dunia yaitu iOS dan Android. Akan tetapi pengaplikasian OS ini pada ponsel baru akan dilakukan sekitar akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014.

5. Firefox





Mungkin sebagian dari Anda mengira ada kesalahan dalam penulisan nama OS kelima diatas. Bukankah Firefox adalah sebuah web browser? Lalu apa hubungannya web browser dengan mobile OS? Memang betul sebagian dari kita atau mungkin hampir semua pembaca lebih familiar kepada Firefox sebagai salah satu web browser terbaik di dunia. Namun Mozilla telah mengadopsi nama browser yang telah membesarkan nama mereka ini untuk sebuah proyek terbaru mereka. Sebentar lagi, Firefox tidak hanya dikenal sebagai web browser saja, akan tetapi juga sebagai sebuah mobile OS yang siap menantang iOS dan Android di pasaran.

Beberapa perusahaan telekomunikasi besar dunia juga ikut andil dalam pengembangan proyek ini, yakni Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor, dan Etisalat. Produsen ponsel ZTE dan juga TCL rencananya akan menjadi pengguna pertama yang mengaplikasikan OS ini pada produk mereka. Dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon, OS ini jelas akan menjadi ancaman serius bagi para raksasa mobile OS dunia, belum lagi ketersediaannya yang dapat diperoleh secara gratis. Rencananya ponsel-ponsel SmartPhone berbasis Firefox OS akan terjun ke pasaran pada awal tahun ini.


============================================================================


Bagaimana menurut agan-agan disini? mampukah kelima OS diatas menjadi calon penakluk bagi iOS dan Android? emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 25 suara
Menurut Agan kira-kira OS apa yang bisa menaklukkan iOS & Android?
Blackberry 10
16%
Tizen
12%
Sailfish - Jolla
4%
Ubuntu
48%
Firefox
20%
Diubah oleh Cutie 04-01-2013 15:18
0
5.8K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.