Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

meutuahAvatar border
TS
meutuah
[Bantahan Trit Provokasi] Perayaan Natal di Aceh Berlangsung Aman!
Quote:


Perayaan Natal di Aceh Berlangsung Aman


Perayaan Natal di Provinsi Aceh secara umum berlangsung aman dalam suasa kondusif, di Banda Aceh ratusan umat Kristiani sejak, Sabtu (24/12) malam mendatangi gereja untuk menyambut Natal dan pada Minggu (25/12) pagi kembali berbondong-bondong ke gereja untuk beribadah.

Pelaksanaan ibadah dilakukan pada tiga gereja yakni Gereja Protestan Indonesia Bersatu (GPIB) Bagian Barat, HKBP Hati Kudus dan Gereja Metodhist, pada saat umut kristiani melaknsanakan ibadah dan melakukan proses kebaktian aparat kepolisian terlihat dalam keadaan siaga berjaga-jaga didepan dan samping gedung gereja.

Roby salah seorang pengurus jamaah GPIB Banda Aceh kepada SP, Minggu (25/12) menyebutkan perayaan natal telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, sehingga pada saat jamaah datang dapat dengan nyaman melaksanakan ibadah.

Di Gereja BPIB saat ini tercatat ada 118 orang jamaah, ini berdasarkan data tiga bulan lalu, dalam perayaan natal tahun 2011 di Gereja DPIB yang menyampaikan Khutbah adalah Pendeta Sandino, Natal selain dirayakan sejak 24 malam dan Minggu siang juga akan berlangsung sampai tanggal 27 Desember 2011 mendatang, karena di GPIB Banda Aceh, akan berlangsung Natal Ukumene, kegiatan ini akan diikuti oleh jamaat dari gereja KHBP dan Metodhist.

Ditempat terpisah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh, Irjen Pol Iskandar Hasan mengatakan, perayaaan natal bagi umat Kristiani di Aceh pada tahun 2011 secara keseluruhan berlangsung aman dalam suasana yang kondusif.

Ia menambahkan, di Aceh hanya dua kabupaten yang perlu peningkatan kewaspadaan dan pengamanan perayaan natal yakni pada daerah yang memiliki gereja seperti di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Tenggara, sedangkan kabupaten lain tidak ada, namun penjagaan tetap dilakukan.

Polda sendiri mengerahkan 750 personil untuk pengaman natal dan tahun baru 2012 dan ditambah dengan personel dari polres-polres se-Aceh.(147)



Quote:


Perayaan Misa Natal di Aceh Berlangsung Mulus

Banda Aceh - Perayaan Misa Natal di Aceh berlangsung mulus tanpa ada hambatan berarti. Pantauan The Globe Journal dari Gereja Katolik Hati Kudus, Banda Aceh, Senin malam (24/12/2012), misa yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB berjalan khidmat diikuti sekitar 400 orang jamaat.

"Di Aceh kemajemukan umat beragama berjalan lancar. Aceh menjadi contoh untuk kerukunan umat beragama," ujar tata laksana Natal Gereja Katolik Hati Kudus, R. Nainggolan pada The Globe Journal.

Dia juga mengatakan meskipun Aceh diterapkan syariat islam, tapi masyarakat di sini mash menghargai perbedaan antar agama.

Dalam Kebaktian dan Misa malam Natal kali ini, Nainggolan mengatakan dipimpin oleh Pastor Manalu, dari Keuskupan Agung Medan (KAM).

Begitu juga dengan pelaksanaan kebaktian dan Misa Natal esok harinya, Selasa (25/12/2012) juga akan dipimpin oleh pastur yang sama. Kebaktian dan Misa besok, ujarnya akan dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Terkait pengamanan untuk perayaan Natal, penjagaan tetap dilakukan oleh pihak keamanan. Nainggolan menyebutkan ada sepuluh orang polisi yang dikirim untuk menjaga lingkungan gereja.

"Ada dari Poltabes, Polsek, dan Polda," sebutnya.


Quote:



Diubah oleh meutuah 31-12-2012 07:02
0
3.5K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.