Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

afifahannisaiAvatar border
TS
afifahannisai
(Waduuhh) Pakar: Anak-anak Jangan Sampai Ketergantungan Internet
Sebelum Baca emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya ya Agan Yg Baik
CEKIDOOTTT


(Waduuhh) Pakar: Anak-anak Jangan Sampai Ketergantungan Internet

Internet memang telah membantu kehidupan manusia, mempercepat akses informasi serta meringankan pekerjaan. Bahkan manusia saat ini sudah mulai tergantung pada internet.

Ketergantungan itu justru bisa berdampak negatif pada kreativitas dan keahlian, terutama bagi anak-anak. Peringatan ini disampaikan oleh salah satu tokoh penemu terkemuka asal Inggris, Trevor Baylis, seperti yang dikutip harian Daily Mail.

Dikenal sebagai penemu perangkat radio bertenaga angin (wind up radio), Baylis memperingatkan bahwa "generasi Google" - yaitu mereka yang bergantung pada Internet untuk segala sesuatu - kini berada dalam bahaya menjadi 'mati otak'.

Ia mengatakan anak-anak dapat kehilangan kreativitas dan keterampilan praktis karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Baylis merasa takut bahwa generasi internet saat ini kehilangan daya temu, mengingat anak-anak muda saat ini tidak dapat membuat penemuan dengan tangan mereka.

Meski demikian, pria 75 tahun ini mengatakan anak-anak dapat menemukan kembali keterampilan penting mereka jika di sekolah menggunakan Meccano (mainan berupa komponen konstruksi) dan mainan praktis lainnya.

"Anak-anak sudah harus diajarkan dan tidak menjadi tergantung pada ponsel atau komputer," kata Baylish. "Mereka harus menggunakan komputer, tetapi saat ini, ada begitu banyak orang bermain dengan komputer mereka menghabiskan banyak waktu mereka dengan duduk," tambahnya.
Kondisi Ekstrem
Kondisi ini sangat bertolakbelakang dengan lingkungan yang dialami Baylis. Saat berumur lima atau enam tahun, dia mulai menciptakan perangkat. "Selama perang (Perang Dunia), ketika saya tidak di sekolah, saya menggunakan waktu untuk keluar dan mengumpulkan sampah," kata Baylis.

Pada suatu hari saat ia keluar dari tempat ia dibesarkan yaitu Southall, Middlesex. Seorang wanita memberikan kotak yang berisi sebuah barang.

"Aku punya kotak barang untukmu Trev, kamu sebaiknya mengambil gerobak," kata wanita tersebut kepada Baylish. "Jadi saya mengambilnya dan dalam perjalanan kembali saya tergelitik dan melihat di dalam, dan barang itu berbalik menjadi satu set Meccano besar," ujarnya.

"Jika saya ingin membuat sebuah mobil bermotor roda lima, maka saya bisa, atau truk forklift (truk kecil untuk mengangkat barang dalam industri)," katanya.

Baylis, yang telah dianugerahi gelar bangsawan Most Excellent Order of the British Empire (OBE) pada tahun 1997, meyakini tantangan sederhana di sekolah dengan menggunakan alat-alat seperti seperangkat model Meccano, akan membuat anak-anak memilki keterampilan berharga.

"Dengan Meccano Anda bisa melakukan reproduksi Sydney Harbour Bridge (jembatan pelabuhan Sydney) anda sendiri," ujarnya.

"Jika Anda membawa Meccano kembali ke sekolah dasar atau sekolah menengah maka Anda akan memiliki satu kelas melawan kelas dua - dan anda punya empat jam untuk membuat Sydney Harbour Bridge dan kita akan melihat mana yang terkuat," lanjut dia.


Sumber:http://teknologi.news.viva.co.id
0
729
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.