Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

citoxAvatar border
TS
citox
[Turunkan Spanduk FPI Jateng] Takmir Masjid Agung Ungaran Dukung Perayaan Natal
Takmir Masjid Agung Ungaran Dukung Perayaan Natal
Rabu, 26 Desember 2012 | 20:24

Meski sebelumnya diselimuti suasana ketegangan karena penolakan oleh Front Pembela Islam (FPI), perayaan Natal yang digelar di Lapangan Sidomulyo, Ungaran, Kabupaten Semarang, pada malam Natal kemarin, berlangsung khidmat dan lancar.

Sebanyak 3.000 jemaat khusyuk mengikuti rangkaian peribadatan hingga selesai. Kekhawatiran adanya gangguan tersebut sirna begitu acara bertema 'Menjadi Pancaran Berkat Bagi Kota' itu berjalan.

"Acara berjalan aman dan lancar, tidak ada gangguan. Acara diikuti oleh jemaat dari 40 gereja se-Kabupaten Semarang berlangsung lancar, setelah umat muslim menunaikan ibadah salat subuh, kami bergantian merayakan Natal," kata Panitia Perayaan Natal, Pendeta Revol R Tumbukku, Rabu (26/12).

Pihak masjid Agung Ungaran sendiri tidak mempermasalahkan lapangan yang berada tepat di sisi depan masjid digunakan untuk perayaan Natal, karena acara tersebut legal.

"Selama legal, silakan. Yang jelas bukan di masjid tapi di lapangan. Meski sebelumnya ada pemasangan spanduk tentang penolakan acara oleh FPI. Kami sudah menurunkannya, karena tidak ingin ada pihak ketiga," kata Ketua Remaja Masjid Agung Ungaran, Muhammad Birun.


Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Semarang, Abdullah Maskur menyatakan surat izin penggunaan Lapangan Sidomulyo untuk perayaan Natal 2012, sudah lama diajukan dan disetujui oleh Bupati Semarang, Mundjirin.

Proses izin tersebut juga sudah melalui beberapa kali pembahasan dengan pihak-pihak terkait.

"Sudah beberapa kali membahas masalah itu dengan Linmas, Polres, Kemenag, dan FKUB. Intinya tidak ada persoalan tentang perayaan Natal di Lapangan Sidomulyo. IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) sebagai pengelola aula masjid juga tidak keberatan dengan kegiatan tersebut, karena menyadari Lapangan Sidomulyo tersebut bukan halaman masjid," ungkap Maskur.

Istighosah yang rencananya akan digelar Front Pembela Islam (FPI) di Masjid Agung Ungaran, Kabupaten Semarang pada malam Natal kemarin, sebagai aksi tandingan dan bentuk penolakan perayaan natal di Lapangan Sidomulyo urung terwujud.

Sebelumnya, FPI menolak tegas perayaan Natal di Lapangan Sidomulyo, Ungaran, Kabupaten Semarang, karena dianggap sebagai toleransi yang kebablasan lantaran tidak menghargai keberadaan Masjid Agung Ungaran, yang lokasinya tepat di sisi lapangan.

"Masih banyak lokasi lain yang layak digunakan untuk perayaan Natal, mengapa harus di depan Masjid Agung. Lebih baik dipindahkan ke lokasi lain daripada menyinggung perasaan umat Islam," kata Jindan.

FPI sendiri berencana akan menggelar istighosah di masjid, sebagai bentuk upaya menggagalkan perayaan Natal tersebut. Selain FPI, penolakan juga dilakukan oleh Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Kabupaten Semarang dengan melayangkan surat yang ditujukan kepada Bupati Semarang, tertanggal 20 Desember 2012.

Surat tersebut mencakup enam poin, terkait pemberian ijin pelaksanaan ibadah Natal di lapangan yang berbatasan langsung dengan Masjid Agung Ungaran tersebut.

"Kami menghormati umat Kristiani untuk melaksanakan kegiatan misa Natal, tapi kami menolak halaman Masjid Agung Ungaran digunakan untuk kegiatan Natal. Itu tidak etis dan melukai perasaan umat muslim karena diselenggarakan di depan masjid," ungkap Ketua GPK Kabupaten Semarang, Arief Widiyanto.

Arief menambahkan, misa Natal di depan masjid merupakan tindakan provokatif yang mengusik kedamaian dan mengancam kerukunan umat beragama.

SUMBER

Semakin jelas FPI Jateng yang cari gara2. emoticon-Malu
0
4K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.