Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

juvemarchisioAvatar border
TS
juvemarchisio
Deep Tunnel Ala Jokowi "Dipandang Sebelah Mata" DPRD
Deep Tunnel Ala Jokowi "Dipandang Sebelah Mata" DPRD

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Triwisaksana menilai pembangunan terowongan bawah tanah (deep tunnel) sebagai solusi banjir yang diperkirakan mencapai Rp16 triliun, tidak terlalu mendesak.

Pria yang akrab disapa Bang Sani ini berpendapat, proyek sebesar itu, tidak dapat diputuskan secara spontan dan harus terlebih dulu masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2012-2017.

"Deep tunnel harus direncakan dalam RPJMD 2012-2017, bukan digagas dan spontan saja karena pasti melibatkan stakeholder yang banyak. Saran DPRD agar segera Raperda RPJMB diserahkan ke DPRD," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/12/2012).

Seharusnya, sambung dia, dalam mengatasi banjir di jalan-jalan protokol Ibu Kota dilakukan dengan pelebaran diameter gorong-gorong yang saat ini hanya sebesar 60 Cm menjadi 2 meter. "Dengan cara memperbesar diameter gorong-gorong menjadi 2 meter. Lalu ditarik ke Kali Cideng dan Waduk Melati," kata Sani.

Dengan begitu Pemprov DKI tidak perlu menggelontorkan dana besar hingga Rp16 triliun. "Kajian harus panjang. Jangan sampai bisa disiasati hanya dengan Rp1 sampai 2 trilyun. Seperti Sarinah hanya 60 cm harus lebar 2 meter," tandasnya.

Deep tunnel ini sebelumnya digagas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mengatasi banjir yang semakin akut, bahkan mulai menggenangi jalan-jalan protokol. Jokowi mengklaim tidak perlu melakukan pengujian terhadap gagasannya untuk membangun terowongan besar di bawah tanah ini. Sebab, hal serupa sudah ada di beberapa negara seperti Malaysia.
 
cekidot link lengkap ya



http://m.okezone.com/read/2012/12/27...elah-mata-dprd

Deep Tunnel Ala Jokowi "Dipandang Sebelah Mata" DPRD
0
4.9K
71
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.