Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AufaRafifAvatar border
TS
AufaRafif
Penaklukkan Konstantinopel 1453
Assalamu Alaikum Wr.Wb

Rasulullah SAW pernah bersabda :
"لتفتحن القسطنطينية فلنعم الامير اميرها و لنعم الجيش ذلك الجيش"
Artinya: Konstantiniyyah (Konstantinopel) pasti akan ditaklukkan. Pemimpinnya adalah sebaik-baik pemimpin dan prajuritnya adalah sebaik-baik prajurit. (Hadits)

Perjuangan Islam untuk Menaklukkan Konstantiniyyah tidak dimulai dari perjuangan Sultan Muhammad Al-Fatih (Mehmet II). Tetapi, perjuangan ini sudah dimulai dari zaman Rasulullah. Pasukan itu dipimpin oleh Ebu Eyyûb el-Ensarî atau dikenal sebagai Abu Ayyub Al-Anshari. Ia adalah Sahabat Nabi yang paling tua.

Suatu Ketika, Abu Ayyub mencoba untuk menaklukkan Konstantiniyyah. Akan tetapi, ia Syahid di pertempuran. Sahabat meminta agar Abu Ayyub dikuburkan di dekat Konstantiniyyah. Berkali-kali Islam mencoba untuk menaklukkan Konstantiniyyah, tetapi masih gagal.

Tahun 1432, di Erdine (Adrianopolis) perbatasan antara Turki dan Bulgaria, Sultan Murat II mempunyai anak yang lahir di sana. Namanya, Sultan Mehmet II. Diberikan nama Mehmet untuk menghormati Baginda Rasulullah SAW. Sultan Mehmet II menempati kursi kesultanan pada usianya yang ke-12.

Ia banyak mempelajari ilmu fiqih, hadist-hadist Rasulullah dan Ilmu Agama. Bahkan ia mempelajari Ilmu Sains, Bahasa, dan Agama Lain. Suatu ketika, ia mempelajari kesalahan-kesalahan pendahulunya dalam penaklukkan Konstantiniyye. Persekutuan Antara Bizantium dan Republik Genoa membuat Islam makin bingung.

Tetapi, Allah SWT memudahkan Islam untuk menaklukkan Konstantiniyye. Akhirnya, strategi jitu dan sedikit aneh didengar dilakukan. Yaitu memutari Kota Konstantin. Dan kapal-kapal nya melewati laut hitam. Lalu Kapal-kapal didorong melewati Pegunungan. Selama melakukan penyerangan berbulan-bulan, Akhirnya Kaisar Konstantin XI tewas dalam peperangan. Islampun berhasil menaklukkan Konstantinopel.

Demikian Kisah Nyata yang Singkat ini, Mohon maaf apabila ada kesalahan, Pelajaran yang kita dapat ambil dari kisah nyata ini adalah:

Kebenaran datang nya dari Allah SWT dan disampaikan melalui Rasulullah.

Wassalamu Alaikum Wr.Wb
0
3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.