Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yoroichizetzalAvatar border
TS
yoroichizetzal
7 wasiat dari para montir montir laptop
Meskipun harga laptop sudah turun drastis, tetapi tetap saja yang namanya Laptop harus diperlakukan sebagai barang mewah : dijaga dengan apik, dirawat dan jaga dari kerusakan hardware dan software. Membaca tips merawat laptop akan lebih berharga kalau yang mengatakannya adalah ahli jasa yang sudah terbiasa mereparasi laptop tiap hari sebagai mata pencaharian. Saya menyebutnya sebagai wasiat para montir laptop :

1. Pastikan semua data dibackup
Back-up di CD, DVD, external HD atau di balik awan macam dropbox.com atau dimana aja! Satu tempat GAK BAGUS, dua tempat baru OK. Tapi tetep inget, kalau ada backup-an yang rusak segera bikin lagi yang baru. Hal ini memastikan data kita aman tenteram damai sentosa.Di tempat service biaya mengembalikan data yang hilang bisa sampai 1 jutaan lebih (menggunakan teknik undelete, atau data recovery). Itupun belum tentu utuh datanya. So, daripada kena kanker karena stress dengan data yang hilang lebih baik backup semua data baik penting atau yang tidak penting (penting atau tidak penting itu hanya masalah waktu, ya gak).

2. Cadangkan cd recovery untuk setiap OS yang kamu install
OS kamu kan berlisensi, jadinya mahal kalau harus beli lagi hanya karena rusak atau blue screen. Cara bikin CD recovery biasanya dibikin mudah sama si OS-nya lewat sebuah Icon di desktop atau di Start menu (untuk Windows). Cari tulisan kayak : “Create Recovery Disk” atau yang mirip dengan itu, terus ikutin segala wizardnya sampai disuruh masukin CD/DVD untuk proses pembakaran. Kalau udah selesai simpen baik-baik tu DVD, kalau pigura dan gantung di pintu kamar biat gak repot kalau entar butuh emergency. Selain OS, siapkan juga back up driver-driver buat segala perkakas daleman komputer ataupun laptop macam VGA, prosesor, sound card, LAN card. Gandakan juga tuh cd-cd driver bawaan printer, smartphone, modem, mouse, keyboard, scanner, dan device-device lainnya biar kalau kapan-kapan ada yang minjem kita gak perlu repot nagih-nagih buat ngebalikin karena kita punya cadangan cd driver hehehe…
Kalau cd-cd criver itu ilang, kamu masih bisa cari di internet, tapi gak gampang juga dapet yang gratisan.. karena biasanya UUD alias Ujung-ujungnya duit. Cara lain kalau kamu gak punya driver adalah datengin ke toko laptop dulu waktu kamu pernah beli. Tanya ke engkohnya, apa masih ada driver untuk laptopmu, kalau ada alhamdulillah banget deh…
BIasanya, kalau kamu minta driver ke manufacturernya langsung kamu akan diminta duit antara 15 sampai 50 dollar. HP biasanya murah, SONY yang suka mahal kalo pasang harga. Udah gitu kamu harus nunggu 2 sampai 3 minggu kalau kamu mutusin untuk mereparasi layar blank-mu ke para montir laptop. Rugi bandar tuan… jadi jagalah barang bawaan Anda jangan sampai ada yang ilang yak!

3. Antivirusnya satu aja ya tuan!
Make 2 antivirus sekaligus kayak masukin 2 kuda nil ke dalam kandang anjing (Serius). Gak ada satu kuda nil pun yang akan masuk ke dalam kandang itu, karena satu sama lain saling menyikut dan menghalangi. Persis banget dengan 2 antivirus yang kerja bersamaan. Kedua-duanya saling memblok satu sama lain agar tidak berjalan sesuai fungsinya atau tidak berfungsi sesuai jalannya (eh?). Keduanya akan bikin lobang gede di OSmu dan membuat OSmu bekerja sangat lambat, karena setiap pergerakan file dalam OS akan dipantau dan dimonitor oleh 2 antivirus sekaligus, kejadiannya akan mirip seperti membiarkan 2 tuhan bekerja bersama untuk mengatur satu buah bumi. Kalau 2 Tuhan itu berantem maka yang jadi korban kan buminya. Satu lebih baik daripada dua. Makanya cari Antivirus yang oke punya tuan.. Pasang satu antivirus yang hebat lebih baik daripada 2 antivirus yang abal-abal. Kebanyakan antivirus harganya 40 dollar untuk setahun, tapi kalau kamu beli 2 atau 3 lisensi biasanya dapet potongan harga tuh….

4. Jangan install toolbars, nambah-nambahin beban prosesor aja….
Banyaknya toolbar yang diinstal akan menuh-menuhin layar aja, ujung-ujungnya nambah kerjaan prosesor.

5. Gratis dari Hongkong!
Games gratis, musik gratis, atau film gratis yang diambil dari situs-situs torrent (apalagi torrent porno) biasanya ditumpangi sama virus. Waspadalah! waspadalah! Di luar negri, jasa menghilangkan virus itu bisa 129 dollar sampai 199 dollar. Tergantung seganas apa virus menjangkiti laptop dan komputermu. Mangkanya kalau ngenet cari aman dan cerdaslah sedikit. Kalau kamu dapet virus itu salah kamu sendiri. Jadi tanggung akibatnya sendiri.

6. Komputer gak suka “air”
Era nanoteknologi belum sampai bung. Perangkat elektronik masih cupu kalau berhadapan dengan air. Kalau minum soda, makan sup sama membersihkan layar deket laptop harus sedikit berhati-hati. Kalau membersihkan layar jangan langsung semprotkan ke layarnya. Tapi, semprotkan dulu ke kain, baru diusap-usap layarnya. Begitu.. Adanya aliran air ke dalam laptop akan membawa banyak malapetaka. Komputer juga gak suka gravitasi dan dipukul-pukul (baca:jatuh). Kalau udah rusak begini, montir juga gak bisa apa-apa.. Laptop bukan mobil yang bisa diketok magic.

7. Gak ada komputer yang “Immortal”
Rata-rata umur laptop itu antara 2 sampai 3 tahun, kalau Desktop bisa sampai 4 tahun. Wajar, ketika laptop ditakdirkan jadi milik kamu, mereka mengalami kejadian-kejadian yang sebenarnya gak terlalu mereka sukai, kayak berpindah-pindah tempat, benturan, perubahan temperatur dan cenderung overheating kalau mikir terlalu berat. Makanan laptopmu kan listrik, nah listrik itu kalau mengalir ke dalam sirkuit-sirkuit bisa menimbulkan panas. Kalau dihadapkan pada beban kerja yang ekstrem, panas dari listrik bisa bikin laptopmu cenat-cenut bahkan terbakar (keluar bau gosong…). Makanya kalau laptopmu sudah bau tanah, eh sudah cukup umurlah maksudku. Sering-sernglah membackup data dan uang yang cukup tentunya untuk membeli laptop baru…
Anda tentu tidak akan marah pada montir mobil karena memang Anda tidak tahu cara ganti Oli motor Anda. Anda juga gak akan marah sama dokter hewan karena memang Anda gak ngerti cara nyembuhin Anjingmu yang sakit bukan? Oleh karena itu sopanlah sedikit pada tukang reparasi laptop di tempat servis. Mereka akan bekerja keras untuk mengembalikan laptopmu seperti sediakala….




kalo berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya yah gan ato kasih emoticon-Rate 5 Star sebagai penanda kalo agan udh mampir kesini emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh yoroichizetzal 15-12-2012 12:49
0
3.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.