Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sazabi75Avatar border
TS
sazabi75
Wow... Biaya STNK di Shanghai Seharga Satu Mobil!
inilah..com, Shanghai – Gemerlap kota Shanghai yang modern kini diimbangi oleh pemerintah setempat dengan meningkatkan pendapatan daerah. Salah satunya, melalui pajak surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan pelat nomor mobil yang sangat mahal.

Untuk mendapatkan satu STNK mobil, pemilik mobil harus mengeluarkan uang seharga satu buah mobil sedan keluarga. Dan, harga semahal itu ternyata diprediksi pebisnis mobil, akan naik terus di tahun-tahun mendatang.

Kebijakan Pemda Shanghai ini mirip dengan yang diterapkan negara kota Singapura yang membebankan biaya kepemilikan mobil (certificate of entitlement/COE) semahal harga mobilnya. Rata-rata harga mobil plus COE-nya sekitar 300% dari harga mobil di Indonesia.

Tapi untuk mendapat pelat mobil, Shanghai menerapkan kebijakan unik. Pelat nomor dilelang pada setiap bulan. Sabtu pekan lalu misalnya, harga sebuah pelat mobil naik sebesar 3,58% dari harga November menjadi 69,346 yuan (US$ 11.000, atau mendekati Rp 100 juta), ujar pegawai Pemda Shanghai kepada China Daily, Senin (17/12/2012).

Permintaan kuat di antara warga Shanghai yang nafsu membeli mobil serta peraturan Pemda untuk mengurai kemacetan Shanghai, dipercaya menjadi pendorong menanjaknya harga pelat mobil.

“Sejauh ini, ya inilah instrumen paling efektif mengatasi kemacetan,” ujar Feng Shiming, analis pasar mobil, yang juga membandingkan kemacetan di Beijing dan Guangzhou.

Warga Shangai menghabiskan waktu rata-rata 47 menit untuk berkendara pulang pergi dari rumah ke kantor, menurut laporan Urbanisasi China yang dilakukan oleh Akademi Sain China. Waktu 47 menit ke kantor itu hanya lebih lambat satu menit daripada angka yang disurvei di Guangzhou atau Beijing.

Shanghai pertama kali mengenalkan sistem lelang untuk mengendalikan pasokan nomor mobil, sementara Beijing menerapkan sistem lotere. Dan Guanzhou menerapkan sistem yang serupa dengan Shanghai pada tahun ini.

Dibandingkan dengan di Jakarta, upaya mengatasi kemacetan seperti itu tentu sangat berat. Sebab, Jakarta hanya baru rencana menerapkan ketentuan nomor mobil ganjil-genap. [tjs]

[url]http://web.inilah..com/read/detail/1938711/wow-biaya-stnk-di-shanghai-seharga-satu-mobil[/url]

di terapkan di sini waduh bisa menjerit semua
0
2K
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.