oeyedithAvatar border
TS
oeyedith
= Mengkritisi Putri Indonesia 2011 dalam Ajang Miss Universe 2012 =
Spoiler for Putri Kita:


Videonya: Video utub2 Putri kita

Gan, beberapa hari yang lalu, ane nonton video aksi Putri Indonesia kita di ajang Miss Universe. Awalnya, ane si optimis Gan sama Putri kita ini, kyknya meyakinkan banget. Tapiii,, stelah ane buffer.. ane kecewa-kecewa gimana gitu. lalu, ane share video ini ke temen2 ane yang kritis, lalu kami mengkritisi si Putri Gan..

Berikut pengkritisan temen ane:

Menurutku, melihat video profile mcm ini dr miss universe indonesia bbrp thn terakhir kelemahan terbesar kita adalah ngga menerapkan strategi dlm berkompetisi dan ngga ngajarin putri2 kita u/ kritis dan kreatif. kritis u/ melihat poin apa yg mau dilihat dari jawabannya atas satu pertanyaan dan kreatif u/ memberikan jawaban yg bs meninggalkan kesan di hati org yg nonton. Selama ini putri2 kita pasca artika cm menganggap event ini "yaa sbg sarana promosi budaya" and not being ambitious enough for the competition itself. Cuma looking sweet and pretty, pake baju bagus, tp masuk 20 besar ga pernah.

Kakak kelasku, yg jd 1st runner-up Miss Tourism Queen International (sbg wakil Indonesia, wkt itu dia runner up putri pariwisata Indonesia di satu wawancara dia cerita gmn strateginya smp bs dpt titel itu + Miss Congeniality di event itu jd u/ Miss Congeniality kan ya miss persahabatan, yg didasarkan dr vote peserta lain dia berusaha hafal nama peserta2 lain, jd kl nyapa pk nama bukan pk miss negara A, B, atau C.

Wkt talent show, dia nyanyi lagunya Whitney Houston yg emg udh familiar dgn audiens sana (wkt itu eventnya di China) waktu udh berapa besar gt, dikasih pertanyaan kalau dia jadi bunga, dia mau jd bunga apa dan alasannya apa? nah di wawancara itu dia cerita, begitu dgr pertanyaannya dia lgsg mikir gini: indonesia pny 3 puspa - puspa bangsa: melati, puspa pesona: anggrek, puspa langka: raflesia, trs dia inget org di China suka minum teh, jd pst mrk familiar dgn melati (jasmine) jd dia milih melati dgn alasan filosofis: kecil, simple, tp wangi -- jd biar sederhana tp bs membawa kebahagiaan u/ org lain
dan menjelaskan arti penting melati jg bagi Bangsa Indonesia

Jadi ini semua sbnrnya ttg STRATEGI, bkn jawab dgn polos apa adanya.

Nah, skrg analisisku ttg video ini:

Pertanyaan 1
Sbnrnya mau ngeliat gmn relasi dia dgn keluarganya
# jawaban dia:
terlalu umum dan snobbish
terlalu umum --> semua org jg bakal blg spending time w/ family and loved ones
snobbish --> ke holyland dan keliling dunia...REALLY? elu dr negara dunia ketiga pst anak org kaya bgt bs ke mana2 pas holiday apalagi ini ttg "holiday tradition", jd tiap natal dia ke luar negeri gt? how sophisticated ini bnr2 nunjukin dia ga paham esensi pertanyaannya
# jawaban semestinya:
sbnrnya gapapa kl dia emg suka ke LN, tp jgn itu yg ditonjolin kan idealisme holiday tradition internasional adalah spending time w/ family, doing special-once-in-a-year thing mstnya ya dia jwb yg spesifik dan emg tradisi, mis: ke gereja br keluarga, doa bareng, mamanya masak spesial kek pokoknya sesuatu yg personal, sederhana, tp menyentuh. kl kyk jwbn dia itu kan kesannya cm mewah2an

Pertanyaan 2
Gmn relasi dia dgn pasangan
# jawaban dia:
plis deh pk bju kembaran tu ngga interesting ya, kecuali ada sesuatu/cerita unik di balik itu. Menyebutkan "batik" dan "annoying" dalam satu kalimat itu kesalahan SUPER FATAL, sodara2.
Dan dia kan intinya ngomong: wlpn saat itu pake batik, yg merupakan baju nasional, ttp aja annoying, tapi fun, ditambah dia ngmgnya jelek gt, org kan bs nangkepnya kayak dia bete mst pk batik kembaran, oh tp stlh dipiki2 fun jg kok ceritanya udh ga menarik, ga ada esensinya, dan mlh bisa bikin salah kaprah
# jawaban mestinya:
dia hrs jelasin apa yg bikin pengalaman itu "interesting" mslnya interesting krn dia jd diledek2 kyk suami istri, atau diledek jd kyk org tua, gitu.
Tatanan dan logika bahasanya mst diperbaiki, cara dia ngejelasin batik tu super non-formal dan terkesan ABG amerika banget.

Pertanyaan 3:
#jawaban dia:
jump of a cliff. could she really be any more Twilight than this?
udh gitu, penjelasannya tu ga meaning..lagi2 "fun" menurutku, pertanyaan ini tu pgn liat seberapa spontan dan fun orangnya dan sbnrnya gapapa kl emg dia pgn jump of a cliff, tp mbok ya alasannya tu yg menarik dibuat lbh detail dan dramatis, misalnya: to feel the air, the nothingness, the carefree feeling..etc, dia cm bilang fun dan exciting..bleh.. daya imajinasinya kurang...dan itu bikin dia jd ga menarik u/ disaksikan.

Lalu, Gan, liat artikel ni:

Maria Selena Kecewa Tak Dapat Penerjemah di Sesi Miss Universe 2012
13 Dec 2012 13:37:22 WIB

Selena menganggap hal itu sebagai masalah besar namun tak mengungkap alasan hingga ia tak mendapat penerjemah di sesi tanya jawab.

WowKeren.com - Maria Selena sepertinya sadar betul kalau kemampuan bahasa Inggrisnya masih belum maksimal. Karena itu, ia merasa kesal ketika tidak didampingi penerjemah saat sesi wawancara Miss Universe 2012, Las Vegas, Amerika Serikat.

"Shit happened (masalah besar terjadi)," ujarnya via akun Twitter, @selenamaria_, Kamis (13/12). "I didn't get a translator on my interview (Aku tak mendapat penerjemah di sesi tanya jawabku). Tanya kenapa?"

Sayangnya ia tak menjelaskan alasan tidak mendapat penerjemah. Namun jika Selena kesulitan menjawab pertanyaan dengan lancar, maka ini akan mempengaruhi penilaian juri di preliminary competition yang akan digelar 13 Desember.

Kemampuan bahasa Inggris memang menjadi kelemahan Selena. Baru-baru ini, ia menuai kritikan dari masyarakat Indonesia yang menyaksikan video Selena di sesi web interview Miss Universe 2012. Pasalnya secara tak sengaja Selena mengungkapkan kalau mengenakan busana batik yang sama dengan pacar itu memalukan.

"Maria Selena ngomong Inggrisnya belepotan? Alhasil jadi salah persepsi menyebut 'batik' dan 'annoying' kata pemilik akun Twitter @saraaseraa. "Baru nonton interview session-nya Maria Selena di YouTube, eeerrrrrrr her English soooooo.. Eeerrrrrrrrrrrr *ga tega ngomongnya*," kata @dindapuspita_.

Meski ada pro dan kontra, Selena tetap bersemangat menjalani setiap sesi di masa karantinanya. Salah satunya yakni melukis untuk amal. Hasil lelang lukisan para kontestan Miss Universe tersebut ditujukan bagi anak-anak di Nevada yang menderita penyakit berbahaya di bawah Yayasan Cure 4 The Kids Foundation. Nantinya lelang akan dimulai 14 Desember.

"Aku senang dengan kegiatan melukis seperti ini. Selain menyenangkan, kegiatan ini sangat positif," kata Selena. "Karena kami semua dapat membantu meringankan beban anak-anak yang menderita sakit parah di Nevada. Semoga dengan bantuan kami, anak-anak tersebut dapat tersenyum kembali." (wk/ri)

Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampi...#ixzz2FMTomIyk


Lalu, kita juga mikir, kalo Putri Indonesia kita ternyata kurang mahir bahasa Inggris, bukannya harusnya sudah diketahui sebelumnya ya. Persiapan Putri Indonesia ke ajang Miss Universe kan setahun, masa iya, ga ada penanganan untuk melancarkan bahasa Inggris si Putri. Lagian, koq ya bisa Yayasan Putri Indonesia ga support authorized interpreter, maksudnya apakah di Indonesia yang rakyatnya ratusan juta gini, ga ada satu orang pun yang bisa jadi authorized interpreter.

Miris Gan tau ini.. emoticon-Frown
Gimana pendapat Agan2 yang lain?
Diubah oleh oeyedith 18-12-2012 01:42
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
9.2K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gosip Nyok!
Gosip Nyok!KASKUS Official
34.7KThread25.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.