Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

terracorpAvatar border
TS
terracorp
MAJAPAHIT MANA YANG BENAR ????
Salam,
Saya adalah salah satu insan penggemar dan pengagum Majapahit. Namun selama ini ada satu pertanyaan kecil yang mengganjal pada hati saya. Ganjalan itu menyangkut pribadi PRAPANCA dan kitab saktinya NEGARAKERTAGAMA. Sepengetahuan saya Prapanca adalah seseorang yang telah menulis kitab Negarakertagama yang notebennya merupakan bukti outentik tentang Majapahit dan selukbelunya, tentunya dia bukan sosok sembarangan karena melihat seni sastra yang tertuang dalam Negarakertagama. Justru hal tersebut yang membuat saya sedikit goyah tentang 100% kebenaran Negarakertagama. Saya seorang pengagum seni, dan saya hafal betul pola pikir seoarang penulis satra dan saya yakin seorang penulis merupakan orang yang paling cerdas dan sakti di tinjau dari tingkat olah pikir serta imajinasinya. Albert Enstain pernah berkata bahwa Imanajinasi merupakan embrio dari suatu Ilmu pasti. Dan apabila ini saya hubungkan dengan Prapanca dan Negerakertagama maka saya kadang sedikit berfikir tentang Majapahit. Apabila saya menarik benang merah maka :
“KIRA-KIRA KALAU DI LAKUKAN PEMBUKTIAN TERBALIK NEGARAKERTAGAMA YANG MENCERITAKAN MAJAPAHIT ATAU MAJAPAHIT YANG ADA MERUPAKAN PENGEJAWANTAHAN DARI NEGARAKERTAGAMA”emoticon-Bingung (S)MAJAPAHIT MANA YANG BENAR ????emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)
Hal ini berdasarkan pandangan saya yang melihat bahwa Prapanca adalah seorang Mpu yang notebennya adalah orang pilihan Tuhan. Selanjutnya saya berpendapat bahwa keberadaan Wilwatikta tidak lain adalah hasil karya dari seorang Mpu yang bernama Prapanca. Prapanca lah yang sebenarnya membuat keberadaan Wilwatikta yang telah kita ketahui selama ini. Dialah sebenarnya yang telah merancang suatu sandiwara kehidupan berupa kedinastian yang bernama Majapahit. Jadi selama berlangsungnya era Majapahit ada seorang dalang sebagai sutradara yang telah mengatur semua itu yaitu Mpu Prapanca, yang menurut saya telah meminjam tangan Tuhan.
Sebenarnya, seandaninya GAYATRI RAJAPATMI mampu memberikan gambaran dialah orang yang sebenarnya mengetahui awal sampai runtuhnya Majapahit karena dia adalah seorang waskita sama dengan Prapanca. Dan menurut keyakinan saya Rajapatmi-lah yang mengetahui sandiwara Majapahit ini sebenarnya.
Ini semua murni pendapat saya dan hal ini saya tulis bukan sekedar pepesan kosong. Saya telah membaca beberapa kitab kuno yang diantaranya adalah Darmogandul, Babad Tanah Jawi dll. Dan setelah saya mengawinkan fakta-fakta yang tertulis saya dapat menarik kesimpulan seperti yang telah saya jelaskan diatas.
Tapi bagaimanapun saya bangga dengan Majapahit yang telah menjadikan Indonesia seperti sekarang. Tanpa peran penting Majapahit saya yakin para pemimpin bangsa jaman dulu juga akan kebingungan menentukan warna bendera kita sekarang.
Kalau ada yang ingin sharing tentang pendapat ini saya dipersilahkan. Bukan untuk debat pendapat tapi lebih menambah wawasan kita sebagai manusia yang di beri anugarah dari Tuhan untuk berfikir.
Salam.
emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
0
16.3K
58
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.