RebmejAvatar border
TS
Rebmej
Kaskus Mulai Mirip Forum Sampah
Banyak hal yang aku dapatkan semenjak bergabung di kaskus. Bisa berinteraksi dengan saudara se bangsa dan se tanah air, mengikuti perkembangan seputar kondisi negara dan pemerintahan, berbagai pengetahuan baru, bahkan dari kaskus lah aku memiliki minat untuk belajar photoshop, dimana sebelumnya aku malas mempelajarinya, intinya kaskus membuatku berfikir lebih terbuka. Ketakjuban melihat hal-hal aneh dan ajaib saat ada trit tentang keajaiban terbaru, ketegangan saat ada berita tentang ketidak becusan pemerintah atau saat ada debat ringan dengan sesama kaskuser, keharuan saat melihat saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, rasa merinding saat ada berita membanggakan tentang prestasi anak bangsa, sampai senyum berujung gelak tawa saat ada kaskuser posting canda-candaan gokil. Semua menemani saat ngaskus di depan komputer.
Namun entah mengapa, akhir-akhir ini, aku merasa kaskus cenderung menjadi forum sampah, mirip forum topix Malayser.


Posting-posting berbau sara penuh provokasi, menjelek-jelekkan agama, saling ejek antar suku seringkali muncul dalam beberapa subforum. Kalau saling ejek antara kaskuser dengan orang Malayser, aku masih bisa maklum, tapi kalau saling ejek dengan sesama bangsa sendiri? Bukankah itu malah akan menimbulkan bibit perpecahan? Memang, saling ejek ini hanya di dunia maya. Namun kita tidak bisa membohongi diri, pastilah akan merasa marah saat ada trit yang menjelekkan agama atau suku masing-masing. Perasaan inilah yang akan menimbulkan sikap antipati terhadap golongan tertentu yang pasti tidak semuanya seperti yang kita pikirkan. Aku yakin orang yang membuat trit berbau sara ini masih punya akal, karena kalau orang gila atau idiot tidak mungkin bisa memakai komputer selihai itu, membuat klonengan, membuat trit lalu menambahkan gambar yang sudah dipermak sedemikian rupa.
Ayolah saudaraku, ngaskuslah dengan cara sehat. Tidak usahlah ditanggapi trit-trit sampah bernada provokasi semacam itu. Jangan karena percikan kecil, terbakar membara satu ruangan. Aku yakin tiap orang yang berakal sehat, tak kan mampu terprovokasi dengan mudah. Ingatlah penjajahan yang pernah terjadi di negara kita yang berabad lamanya, semua terjadi tak lebih karena politik adu domba oleh kolonial semata.
Ada penggalan lirik lagu dari Saykoji untuk kaskuser,
"saatnya kaskuser untuk berpikir terbuka
kaskus punya power untuk mengubah bangsa
sudah seharusnya bahu membahu majukan indonesia..!!"

Bisakah kita berfikiran terbuka bila mudah diadu domba?
Bisakah kita menyatukan bangsa bila dengan saudara sebangsa sendiri saling cerca?
Kita sering mengatakan Malayser adalah negara sampah, tapi mengapa forum kita tercinta harus kita penuhi trit sampah?
Sungguh sangat disayangkan bila forum sebagus kaskus harus bermetamorforsis sebagai forum sampah.


maaf, gambar skrinsut gw edit, karena kesannya sangat menghina
grg.
grg. memberi reputasi
1
11.2K
559
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.