Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ErfansN2Avatar border
TS
ErfansN2
Tips Menghindari Penipuan FJB
WELCOME TO ErfansN2 THREAD


Halo Agan-Agan Ketemu lagi dengan ErfansN2 yang penuh Sensasional emoticon-Ngakak (S)emoticon-Gila

Di Thread ini ane mau sharing Tipa-tips buat juragan/wati agar lebih berhati-hati dalam berbelanja Online khususnya FJB emoticon-I Love Kaskus (S)

Maraknya kasus penipuan di FJB Tercinta Ini dapat diminimalisir oleh tentunya buyer sendiri, walupun juga masih ada Buyer yang menipu Sellernya emoticon-Berduka (S), maka dari itu ane yang sudah berpengalaman selama 34 tahun dalam dunia Per-FJBan (Boong Gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Peace) mau share agar sebagai penjual dan pembeli nyaman dalam berbelanja Online di FJB Kaskus tercinta ini emoticon-Kaskus Lovers.

Tips Belanja Online di KASKUS :


1. Tracking No. HP dan No. Rekening Seller

Google itu serba tahu gan emoticon-Belo(Enggak nyambung amat emoticon-Big Grin), pasti ente bertanya “Kenapa harus Tracking No HP dan No. Rekening Penjual ?”, Ok ane jelasin emoticon-army, seorang pembeli/buyer yang sudah pernah tertipu (Maaf yah bagi yang udah pernah Ketipu emoticon-Peace) pasti membuat Surat Terbuka maupun komentar untuk Seller yang telah menipu pembeli/buyer tersebut (Kecuali orang kaya atau orang yang gampang Ikhlas emoticon-Ngakak (S)), jadi saran ane sebelum membeli barang online cukup ente Copas (Copy-Paste) No. Rek / No. HP Seller tersebut ke Google dan pastikan tidak ada Testimonial buruk terhadap Buyer apalagi di Cap sebagai PENIPU !!
Contoh : Ane pake Rekening Salah Satu PENIPU Ulung
Spoiler for Bukti Surat Terbuka Salah Satu Penipu di Google:




2. ScreenShot Lapak dan Simpan Bukti Transfer

Ragu dengan seller a.k.a Penjual ? SS (Screenshot) saja lapak sebelum terjadi transaksi jual-beli dengan si seller, hal ini bertujuan seumpama (Moga-moga tidak) seller adalah TuTi a.k.a Tukang Tipu mengedit Threadnya, juragan masih punya bukti SS. Enggak Tahu Caranya me-SS Thread ? Buka Thread Seller --> Pejet Tombol “Print Screen” di Keyboard --> Buka Windos (Win/ Simbol Windows di Keyboard) --> All Program --> Accessories --> Paint -->Pilih “Edit” terus “Paste”, simpan Gambarnya (Ini trick buat pengguna Windows yah, kalo yang lain ane ga tahu, maklum Gaptek emoticon-Malu (S)). Terus Kalo Bukti Transfer berguna seumpama (Moga-moga Tidak lagi emoticon-Big Grin) juragan tertipu maka dapat melampirkan gambar Bukti Transfer dengan membuat Surat Terbuka di KASKUS agar dapat di bantu Kaskuser yang lain. Oh ya, Bukti Transfer wajib harus ada apabila juragan mau memblokir Rekening si TuTi tersebut.


3. Selalu Menggunakan REKBER (Only In KASKUS)

Apa itu REKBER ? Rekber / Rekening Bersama adalah pihak ketiga ataupun perantara antar penjual dan pembeli untuk berjaga-jaga agar transaksi Jual-Beli Online Aman dan Nyaman. Setahu ane REKBER Cuma ada di KASKUS gan, tidak tahu yah kalo buat Online Shop yang lain.

Prosedur REKBER :
a. Penjual dan pembeli sepakat untuk menggunakan REKBER Terpercaya
b. Pembeli mentransfer dana yang telah disepakati antara pembeli dan penjual (Harga Barang) kepada pihak REKBER
c. Pihak REKBER akan menkonfirmasi kepada penjual bahwa dana telah masuk ke rekening REKBER
d. Penjual mengirimkan barang tersebut kepada Pembeli.
e. Setelah barang diterima oleh pembeli dan barang sesuau dengan kesepakatan maka pembeli wajib untuk mencairkan dana kepada penjual dengan menghubungi pihak REKBER
f. REKBER akan mencairkan dana kepada penjual dan Selesai.


Rata-rata prosedur REKBER seperti pada yang diatas, akan tetapi banyak variasi yang ditambahkan pihak REKBER agar tidak terjadi kesalahan maupun menambah kenyamanan anatar penjual dan pembeli sendiri. LEBIH BAIK REPOT DAN MENGELUARKAN DANA SEDIKIT DARIPADA HARUS KEHILANGAN UANG.
Contoh REKBER di KASKUS :
• Q-BANK
• BLACKPANDA
• LAZARUSBANK
• INDOBANK
• PIGGYBANK

(Ane Bukan Bermaksud Untuk Promosi Gan !!)
Dan masih banyak pihak yang menyediakan Jasa REKBER di KASKUS Tercinta ini. Pilih yang menurut ente dapat terpercaya dan terjamin akan kualitasnya.
Untuk mencari Thread REKBER ente bisa cari di Sub-Forum Feedback & Testimonial



4. COD (Cash On Delivery) Mungkin Dapat Dijadikan OPSI yang paling BAIK

COD (Cash On Delivery) adalah pertemuan antara penjual dan pembeli secara langsung di tempat yang sudah disepakati oleh kedua belah (CMIW, Cendol Me If Wrong). Jadi agan dan penjual bertemu di suatu tempat emoticon-Genits untuk bertransaksi jual-beli tersebut.
Kelebihan Opsi COD :
1. Pembeli dapat memeriksa barang secara langsung
2. Penjual dapat mendapatkan hasil dari penjualan langsung dari pembeli
3. Menambah ikatan tali silaturahmi sesama KASKUSER
4. Mungkin ente bisa dapet PACAR setelah COD gan emoticon-Pasangan Smileyemoticon-Ngakak (S) (emoticon-Genits atau emoticon-Kiss (S))

INGAT !! Tidak selamanya COD Itu menjadi Opsi yang baik, belajar dari pengalaman dari teman-teman kaskuser yang lain kita bisa saja dirampok, diperas, dijarah bahkan di-TUSBOL emoticon-Genits emoticon-Ngakak (S) Kalo ini ane bercanda gan emoticon-Peace. Tidak semua orang itu jahat gan, tapi lebih baik kita WASPADA dahulu daripada terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka tips agar COD menjadi aman dan nyaman :
• emoticon-flower COD Dilakukan di Tempat yang Ramai (Contoh : Mall, Restoran, dsb)
• emoticon-Matahari Tidak dianjurkan COD dilakukan pada malam hari !! Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
• emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir Saat COD dianjurkan membawa 1 atau 2 teman untuk menemani ataupun menjadi Saksi saat transaksi berlangsung. Membawa lebih banyak teman lebih baik, tapi asal jangan orang sekampung dibawa semua emoticon-Ngakak (S)
• emoticon-clock: Pastikan On-Time saat tiba di tempat COD
• emoticon-phone Apabila dari salah satu pihak akan Cancel/Tidak Jadi sebaiknya di menghubungi pihak Penjual maupun Pembeli agar tidak terjadi salah paham. (Ini yang bikin Geram gan, udah datang ke tempat COD, malah transaksi ga jadi. Udah rugi Waktu, rugi Transport pula emoticon-Ngakak (S))


Contoh kasus COD yang menurut ane Unik dan perlu di Waspadai !! ==>

POST #18 (For KASKUS LiveBeta)
POST #17 (For KASKUS OLD)


5. Full Bar Reputation, Id Sepuh, Testimonial Ga Menjamin KASKUSER Baik

Inget gan, semua orang mau tua, muda, kakek-kakek, nenek-nenek, om-om, tante-tante, bahkan anak-anak pun bisa buat ID KASKUS ganemoticon-Big Grin. Apalagi sekarang ada jual-beli ID Sepuh & Cendol emoticon-Cape d... (S). Tesminonial bisa juga dibuat pake ID Kloningan lho emoticon-Ngakak (S). So buat juragan/juraganwati semua, jangan asal main transaksi tanpa Rekber/COD. Lebih baik Waspadakan emoticon-Wink


Quote:






PENIPUAN ITU BISA DIMINIMALISIR DENGAN KEWASPADAAN DAN KETELITIAN BUYER
INGAT KATA BANG NAPI, KEJAHATAN ITU BUKAN HANYA DARI BERASAL DARI NIAT PELAKU, TAPI JUGA KESEMPATAN
WASPADALAH, WASPADALAH ...

Semoga Dengan Pencerahan Ini ForSub Surat Terbuka Menjadi ForSub yang paling Sepi di KASKUS, Amin ....



0
3.9K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.