Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cheeze.25.12Avatar border
TS
cheeze.25.12
[Share] Kontroversi Natal 25 Desember (yang kepo masuk !)
Quote:


"Kenapa Natal jatuh pada tanggal 25 Desember?" Ya! Pertanyaan ini sudah sering muncul dan menimbulkan banyak versi jawaban berdasarkan analisis masing-masing. Penetapan tanggal 25 Desember sebagai hari Natal telah menjadi kontroversi besar. TS sudah mencoba mengumpulkan dan merangkum beberapa pendapat tersebut. Berikut pendapat-pendapatnya:

Ada pendapat yang berkata bahwa tanggal 25 Desember bukanlah tanggal hari kelahiran Yesus. Pendapat ini diperkuat berdasarkan kenyataan bahwa pada malam tersebut para gembala masih menjaga dombanya di padang rumput. (Lukas 2:8 ). Pada bulan Desember tidak mungkin para gembala masih bisa menjaga domba-dombanya di padang rumput sebab musim dingin pada saat tersebut telah tiba jadi sudah tidak ada rumput yang tumbuh lagi. Para pendukung tanggal kelahiran bulan Desember berpendapat meski musim dingin, domba-domba tetap tinggal di kandangnya di padang rumput dan tetap dijaga oleh gembala, dan meski tidak ada rumput, padang rumput tetaplah disebut padang rumput.[/spoiler]

Ada juga pendapat yang berkata bahwa perayaan Natal bersumber dari tradisi Romawi pra-Kristen, peringatan bagi dewa pertanian Saturnus jatuh pada suatu pekan di bulan Desember dengan puncak peringatannya pada hari titik balik musim dingin (winter solstice) yang jatuh pada tanggal 25 Desember dalam kalender Julian. Peringatan yang disebut Saturnalia tersebut merupakan tradisi sosial utama bagi bangsa Romawi. Agar orang-orang Romawi dapat menganut agama Kristen tanpa meninggalkan tradisi mereka sendiri, atas dorongan dari kaisar Kristen pertama Romawi, Konstantin I, Paus Julius I memutuskan pada tahun 350 bahwa kelahiran Yesus diperingati pada tanggal yang sama.
Namun pandangan ini disanggah oleh Gereja Ritus Timur, karena Gereja Ritus Timur sudah merayakan kelahiran Yesus sejak abad ke-2, sebelum Gereja di Roma menyatakan perayaan Natal pada tanggal 25 Desember.
Oleh karena itu, ada beberapa aliran Kristen yang tidak merayakan tradisi Natal karena dianggap berasal dari tradisi kafir Romawi, yaitu aliran Gereja Yesus Sejati, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Baptis Hari Ketujuh, Perserikatan Gereja Tuhan, kaum Yahudi Mesianik, dan Gereja Jemaat Allah Global Indonesia. Saksi-Saksi Yehuwa juga tidak merayakan Natal.[/spoiler]

Spoiler for Pendapat 3:


Spoiler for Pendapat 4:


Memang, sampai sekarang, kapan Hari Natal jatuh masih menjadi perdebatan. Memang tidak ada kepastian kapan sebenarnya Yesus lahir. Namun agama Kristen pada umumnya sepakat untuk menetapkan Hari Natal jatuh setiap tanggal 25 Desember dalam Kalender Gregorian ini didasari atas kesadaran bahwa penetapan hari raya liturgis lain seperti Paskah dan Jumat Agung tidak didapat dengan pendekatan tanggal pasti namun hanya berupa penyelenggaraan kembali acara-acara tersebut dalam satu tahun liturgi.

Orang Kristen memang tidak mementingkan ketepatan tanggalnya namun esensi atau inti dari setiap peringatan tersebut, yaitu rasa syukur terhadap turunnya Yesus ke dunia ini. Memang sih. Yesus tidak pernah memerintahkan untuk harus merayakan hari ulang tahun-Nya, tapi harus kita ingat juga bahwa Dia tidak pernah memerintahkan untuk tidak merayakan ulang tahun-Nya, Dia juga tidak melarang sama sekali.

Sekian info dari TS. Dilarang post berbau SARA. emoticon-No Sara Please
Semoga bermanfaat dan mencerahkan. Kalo berkenan TS minta cendolnya ya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Spoiler for Pesan TS:


Pendapat Kaskuser
Spoiler for Pendapat Kaskuser:

Diubah oleh cheeze.25.12 18-12-2012 10:41
0
4.9K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.