Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

widonestAvatar border
TS
widonest
Dampak Positif-Negatif Sanksi FIFA Untuk Indonesia
Spoiler for PENTING!!!:

Spoiler for TS Mengharapkan:


Dampak Positif-Negatif Sanksi FIFA Untuk Indonesia




Sanksi FIFA tinggal menghitung hari. Rencananya esok, Jumat (14/12/2012), FIFA akan menggelar sidang komite eksekutif di Tokyo, Jepang. Pada sidang tersebut, sanksi FIFA untuk Indonesia akan dibicarakan.

Jika FIFA benar akan mengetuk palu sanksi esok hari terhadap Indonesia, maka ada beberapa hal negatif yang akan menimpa sepak bola nasional sebagai efek dari sanksi yang dijatuhkan oleh FIFA, baik secara langsung atau lanjutan.

1. Absen di pentas Internasional

Seluruh timnas Indonesia dipastikan tidak dapat mengikuti even-even internasional yang digelar di bawah naungan FIFA. Demikian pula dengan klub-klub Indonesia juga tak diperkenankan mengikuti turnamen yang berada di bawah naungan FIFA.

Yang paling dekat ialah kualifikasi Pra Piala Asia 2015 yang akan mulai digelar pada 6 Februari 2013. Juga klub Semen Padang dan Persibo harus absen dari pentas turnamen Piala AFC.

2. FIFA akan stop bantuan

Sebagai konsekuensi dari sanksi FIFA, maka FIFA akan men-stop bantuan yang biasanya diberikan kepada Indonesia pada setiap tahunnya. Seiring dengan adanya sanksi, bantuan sebesar 250 ribu dollar Amerika dipastikan terhenti.

3. Wasit Indonesia dilarang di even internasional.

Sanksi FIFA yang dijatuhkan juga akan menimpa wasit-wasit Indonesia. Sebagai salah satu komponen sepak bola Indonesia, maka seluruh wasit asal Indonesia juga tak diizinkan untuk memimpin pertandingan di even-even yang ada di bawah naungan FIFA.

4. Nasib pemain Indonesia

Para pemain Indonesia tak akan bisa lagi bermain di luar negeri atau di klub-klub yang ada di bawah federasi negara yang tercatat sebagai anggota FIFA. Nama-nama seperti Arthur Irawan, Syamsir Alam, dan lainnya ada kemungkinan akan kembali ke tanah air.

Sebaliknya, pemain asing juga ada kemungkinan hengkang dari Indonesia karena adanya larangan berkompetisi di Indonesia.

5. Sepi sponsor

Ini adalah dampak lanjutan dari jatuhnya sanksi FIFA. Sponsor mungkin akan berpikir ulang untuk berinvestasi di sepak bola nasional jika memang sanksi FIFA dijatuhkan. Turunnya animo publik, hengkangnya para pemain asing sebagai salah satu daya pikat kompetisi ialah salah satu sebab mengapa sponsor menarik diri dari sepak bola nasional.

Demikian dampak negatif bila sanksi FIFA benar-benar dijatuhkan terhadap Indonesia pada esok hari.

Satu-satunya hal postitif yang didapat adalah hikmah di balik sanksi FIFA. Dengan adanya sanksi, seluruh stake holder PSSI-KPSI yang tengah berseteru akan menimbang ulang perseteruan mereka. Para pemain Indonesia juga akan mendapat kesempatan lebih untuk bermain seiring dengan hengkangnya para pemain luar negeri.

Dan selama rentang waktu sanksi FIFA, sepak bola Indonesia bisa bangkit secara perlahan untuk mulai membenahi sepak bola dalam negeri dan internal kepengurusan.

Maju terus sepak bola Indonesia!

Gitu aja koq repot.

Selamat menikmati hidangan.

Ditulis sebagai tanggapan atas rencana akan dijatuhkannya sanksi FIFA pada esok hari, Jumat, 14/12/2012.

Sumber
Diubah oleh widonest 13-12-2012 10:06
0
6.1K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.