Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sterling12Avatar border
TS
sterling12
Kapolri : 3 Potensi penyebab kerusuhan massal
Kapolri : 3 Potensi penyebab kerusuhan massal
Jakarta - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Timur Pradopo, membeberkan tiga ancaman gangguan keamanan dan ketertiban paling utama yang akan dihadapi Polri. Ketiga ancaman itu: konflik komunal pemilihan kepala daerah, sengketa perburuhan, dan sengketa areal perkebunan dan tambang.

Timur mengatakan, ketiga hal itu merupakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban nasional. "Sengketa perburuhan yang dalam aksi demonstrasi diwarnai tindak anarkistis," kata Timur Pradopo, dalam acara serah-terima jabatan Kepala Korps Brimob Polri di Markas Komando Brigade Mobil, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Rabu, 12 Desember 2012. Selain itu, ujar Timur, aksi sweeping oleh buruh akan mengganggu investasi di Indonesia.

Menurut Kapolri, ketiga potensi gangguan keamanan dan ketertiban itu merupakan ancaman riil, selain ancaman dari kelompok kriminal bersenjata dan aksi teror. "Apalagi dalam waktu dekat ada pengamanan KTT APEC serta pemilu," ujarnya.

Karena itu, Timur meminta Kepala Brimob untuk memetakan potensi kekuatan dalam menghadapi potensi gangguan keamanan dan ketertiban itu. Tapi, katanya, penguasaan terhadap prosedur tetap harus terus ditingkatkan. "Sehingga segala tindakan bisa dilakukan secara tetap, benar, dan terukur," ujar Timur. Sebagai tulang punggung kekuatan pengaman, kata Timur, tindakan yang dilakukan harus terorganisasi.

Kepala Korps Brigade Mobil Polri yang baru, Brigadir Jendral Unggung Cahyono, mengatakan dalam tindakan pengamanan aksi massa, dia berkomitmen untuk tidak bertindak represif. "Tidak akan menggunakan peluru tajam atau karet," katanya. Peralatan penghalau massa seperti water canon dan gas air mata sudah cukup efektif di lapangan.
sumber

uda tw persoalannya brarti lebih gmpang donk mengatasi pak!
0
1.1K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.