- Beranda
- The Lounge
Tragedi Terowongan Jepang Peringatan bagi Negara Maju
...
![r.c.t.i.o.k](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
r.c.t.i.o.k
Tragedi Terowongan Jepang Peringatan bagi Negara Maju
![Tragedi Terowongan Jepang Peringatan bagi Negara Maju](https://dl.kaskus.id/assets.kompas.com/data/photo/2012/12/02/1846218-terowongan-p.jpg)
Asap hitam mengepul dari terowongan dan petugas masih berupaya memadamkan api menyelamatkan korban.
Quote:
Tragedi robohnya terowongan di Jepang, seharusnya membangkitkan alarm bagi negara maju untuk memperhatikan dan memperbaharui infras truktur yang telah menua.
Triliunan dollar Amerika diperkirakan dibutuhkan di seluruh dunia untuk meremajakan infrastruktur, justru ditengah ancaman resesi.
Perawatan seringkali diabaikan oleh karena tidak dilihat sangat dibutuhkan, kata Toshihiro Nagahama, chief economist di Dai-Ichi Life Research Institute, dikutip dari Kantor Berita AFP, Minggu (9/12/2012).
Sembilan orang telah terbutuh ketika langit-langit beton di Terowongan Sasago sekitar 80 kilometer di barat Tokyo menimpa tiga mobil pada tanggal 2 Desember 2012.
Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti ru ntuhnya langit-langit terowongan berusia 35 tahun itu.
Pemerintah Jepang langsung memerintahkan inspeksi terhadap seluruh struktur terowongan dengan desain serupa.
Sementara polisi Jepang malah langsung menyelidiki kemungkinan terjadinya unsur pidana dalam peristiwa tersebut.
Setidaknya delapan persen dari 155.000 jembatan utama di Jepang, telah berusia di atas 50 tahun. Pada tahun 2030, diperkirakan 50 persen dari seluruh jembatan akan berusia di atas 50 tahun.
Kementerian Infrastruktur mengestimas i kebutuhan dana 2,3 triliun dollar Amerika dalam 50 tahun ke depan untuk merawat seluruh infrastruktur tersebut.
Akan tetapi, dengan jumlah utang dua kali Pendapatan Domestik Bruto, diperkirakan sulit untuk mencari dana segar.
Minimnya perawatan bukan kali pertama menghancurkan infrastruktur. Di Minneapolis, Amerika, sebuah jembatan setinggi 33 meter ambruk pada tahun 2007 dengan korban tewas 13 orang.
The American Society of Civil Engineers memprediksi dibutuhkan 2,2 triliun dollar Amerika dalam dekade mendatang untuk sekedar mencegah rusaknya jembatan, jalan, alur sungai, dan kabel pembangkit.
Akan tetapi, kekuatan finansial Pemerintah Amerika dihitung hanya mampu memenuhi 50 persen kebutuhan. Bahkan, pembuat kebijakan di Washington diduga akan memotong lagi kebutuhan dananya
Hal serupa juga terjadi di Australia. Akan tetapi, status quo bukanlah sebuah pilihan. "Tanpa membangun infrastruktur juga akan terjadi kemacetan, buruknya akses untuk ekspor, dan rendahnya kualitas hidup," ujar Rod Eddington, Chairman dari Infrastructure Australia.
Ekonom Dai-ichi Life, Nagahama mengatakan, tragedi terowongan harusnya memicu kesadaran publik akan pentingnya pemeliharaan infrastruktur. Publik juga harus menekan otoritas untuk berbuat sesuatulink
Triliunan dollar Amerika diperkirakan dibutuhkan di seluruh dunia untuk meremajakan infrastruktur, justru ditengah ancaman resesi.
Perawatan seringkali diabaikan oleh karena tidak dilihat sangat dibutuhkan, kata Toshihiro Nagahama, chief economist di Dai-Ichi Life Research Institute, dikutip dari Kantor Berita AFP, Minggu (9/12/2012).
Sembilan orang telah terbutuh ketika langit-langit beton di Terowongan Sasago sekitar 80 kilometer di barat Tokyo menimpa tiga mobil pada tanggal 2 Desember 2012.
Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti ru ntuhnya langit-langit terowongan berusia 35 tahun itu.
Pemerintah Jepang langsung memerintahkan inspeksi terhadap seluruh struktur terowongan dengan desain serupa.
Sementara polisi Jepang malah langsung menyelidiki kemungkinan terjadinya unsur pidana dalam peristiwa tersebut.
Setidaknya delapan persen dari 155.000 jembatan utama di Jepang, telah berusia di atas 50 tahun. Pada tahun 2030, diperkirakan 50 persen dari seluruh jembatan akan berusia di atas 50 tahun.
Kementerian Infrastruktur mengestimas i kebutuhan dana 2,3 triliun dollar Amerika dalam 50 tahun ke depan untuk merawat seluruh infrastruktur tersebut.
Akan tetapi, dengan jumlah utang dua kali Pendapatan Domestik Bruto, diperkirakan sulit untuk mencari dana segar.
Minimnya perawatan bukan kali pertama menghancurkan infrastruktur. Di Minneapolis, Amerika, sebuah jembatan setinggi 33 meter ambruk pada tahun 2007 dengan korban tewas 13 orang.
The American Society of Civil Engineers memprediksi dibutuhkan 2,2 triliun dollar Amerika dalam dekade mendatang untuk sekedar mencegah rusaknya jembatan, jalan, alur sungai, dan kabel pembangkit.
Akan tetapi, kekuatan finansial Pemerintah Amerika dihitung hanya mampu memenuhi 50 persen kebutuhan. Bahkan, pembuat kebijakan di Washington diduga akan memotong lagi kebutuhan dananya
Hal serupa juga terjadi di Australia. Akan tetapi, status quo bukanlah sebuah pilihan. "Tanpa membangun infrastruktur juga akan terjadi kemacetan, buruknya akses untuk ekspor, dan rendahnya kualitas hidup," ujar Rod Eddington, Chairman dari Infrastructure Australia.
Ekonom Dai-ichi Life, Nagahama mengatakan, tragedi terowongan harusnya memicu kesadaran publik akan pentingnya pemeliharaan infrastruktur. Publik juga harus menekan otoritas untuk berbuat sesuatulink
Spoiler for terowongan jepang ambrol:
Sebuah terowongan di jalan raya di Jepang runtuh dan memerangkap sejumlah kendaraan di dalamnya, lapor berbagai media di negeri matahari terbit itu. Insiden ini terjadi sekitar pukul 08:00 waktu setempat (sekitar pukul 10:00 WIB) sabtu (1/12) di terowongan Sasago, 80 km arah barat kota Tokyo.
Kantor berita milik negara NHK melaporkan dari lokasi kejadian nampak asap hitam mengepul dari ujung terowongan dimana di dalamnya diduga terjadi kebakaran. Sedikitnya tujuh orang diperkirakan terjebak didalamnya, lanjut laporan tersebut.
Sejumlah gambar dari kamera TV jaringan terbatas yang merekam situasi dalam terowongan menunjukkan ada sebagian terowongan sepanjang kira-kira 30m yang ambrol di jalur kereta menuju Tokyo yang dilewati Chuo Expressway di Prefektur Yamanashi.
"Kami tidak tahu pasti berapa banyak kendaraan yang terbakar (di dalam)," kata seorang polisi lalu lintas pada kantor berita AFP.
Petugas menambahkan seorang perempuan diangkut ke rumah sakit setelah berhasil keluar dari terowongan itu.
Menurut si korban ada lima lagi orang di dalam mobil van yang ditumpanginya, namun dia menambahkan: "Saya tidak tahu bagaimana nasib lima orang yang lain. Saya tidak tahu berapa banyak kendaraan di depan dan belakang kami."
Seorang pewarta NHK yang melewati terowongan itu melukiskan bagaimana bangunan menjelang roboh, menambahkan bahwa dia menyaksikan ada kendaraan lain yang terjebak dan terbakar. Mobilnya sendiri juga rusak parah.
Sementara korban lain yang selamat kepada NHK mengatakan "atap beton di langit-langit runtuh tiba-tiba saat saya sedang menyetir lewat terowongan. Saya lihat api muncul dari mobil yang kejatuhan atap itu".
Dalam kondisi ketakutan, dia mengaku berjalan selama satu jam hingga akhirnya keluar dari terowongan dengan selamat.
Terowongan Sasago diperkirakan mempunyai panjang 4,3km. Terowongan kembar ini merupakan jalur lalu lintas utama keluar Tokyo, kata wartawan BBC Rupert Wingfield Hayes di Jepang.link
Kantor berita milik negara NHK melaporkan dari lokasi kejadian nampak asap hitam mengepul dari ujung terowongan dimana di dalamnya diduga terjadi kebakaran. Sedikitnya tujuh orang diperkirakan terjebak didalamnya, lanjut laporan tersebut.
Sejumlah gambar dari kamera TV jaringan terbatas yang merekam situasi dalam terowongan menunjukkan ada sebagian terowongan sepanjang kira-kira 30m yang ambrol di jalur kereta menuju Tokyo yang dilewati Chuo Expressway di Prefektur Yamanashi.
"Kami tidak tahu pasti berapa banyak kendaraan yang terbakar (di dalam)," kata seorang polisi lalu lintas pada kantor berita AFP.
Petugas menambahkan seorang perempuan diangkut ke rumah sakit setelah berhasil keluar dari terowongan itu.
Menurut si korban ada lima lagi orang di dalam mobil van yang ditumpanginya, namun dia menambahkan: "Saya tidak tahu bagaimana nasib lima orang yang lain. Saya tidak tahu berapa banyak kendaraan di depan dan belakang kami."
Seorang pewarta NHK yang melewati terowongan itu melukiskan bagaimana bangunan menjelang roboh, menambahkan bahwa dia menyaksikan ada kendaraan lain yang terjebak dan terbakar. Mobilnya sendiri juga rusak parah.
Sementara korban lain yang selamat kepada NHK mengatakan "atap beton di langit-langit runtuh tiba-tiba saat saya sedang menyetir lewat terowongan. Saya lihat api muncul dari mobil yang kejatuhan atap itu".
Dalam kondisi ketakutan, dia mengaku berjalan selama satu jam hingga akhirnya keluar dari terowongan dengan selamat.
Terowongan Sasago diperkirakan mempunyai panjang 4,3km. Terowongan kembar ini merupakan jalur lalu lintas utama keluar Tokyo, kata wartawan BBC Rupert Wingfield Hayes di Jepang.link
0
3.2K
Kutip
37
Balasan
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![The Lounge](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-21.png)
The Lounge![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
923.3KThread•84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya