Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KhoontolAvatar border
TS
Khoontol
[ Dingin2 Empuk ] Dari Gereja, Kirim Doa untuk Gaza
Sabtu, 24 November 2012 17:46 WIB



Dari Gereja, Lintas Iman Kirim Doa untuk Gaza



Kendati telah dicapai gencatan senjata antara Palestina dengan Israel, namun puluhan aktivis Prasasti (Persaudaraan Lintas Iman dan Etnis) Jombang tetap menggelar doa bersama demi perdamaian di jalur Gaza. Acara digelar di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jombang, Jumat (23/11/2012) malam.

Rangkaian acara yang dipandu Aan Anshori, diawali dengan sambutan para tokoh lintas iman, sebagai refleksi sikap para tokoh. Pendeta Sunardi dari GKJW mengungkapkan, semua pihak harus ikut terlibat secara aktif dalam penyelesaian konflik ini. “Termasuk PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa),” ungkapnya.

Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKSG) Pendeta Eddy Kusmayadi, mengingatkan, perang selalu menyengsarakan banyak pihak. Korban dari pihak yang tidak bersalah pasti berjatuhan. “Dan tidak ada satu agama pun yang menyuruh umatnya untuk membuat kerusakan,” kata Eddy.

Itu sebab, menurut ketua Prasasti ini, setiap agresi terhadap kedaulatan negara lain harus dicegah. “Pencegahan juga seharusnya melalui cara damai, tanpa kekerasan,” ujar Eddy.

Ketua Persekutuan Gereja dan Lembaga Injili (PGLII) Jombang, Pdt Christian Muskanan menekankan konflik bertahun-tahun ini bukanlah konflik keagamaan. Ini masalah kedaulatan bangsa dari upaya penjajahan.

“Yahudi, Nasrani dan Islam berada dalam satu rumpun agama Ibrahim (Abraham's religion), dimana salah satu ajarannya adalah hidup damai dan saling menghormati. Indonesia dengan masyaraknya yang plural bisa menjadi aktor penting ikut menyelesaikan konflik ini,” cetus Pdt Christian.

Sedangkan Aan Anshori yang memandu acara menyatakan, doa bersama ini sebagai bentuk keprihatinan atas konflik berdarah antara Israel dan Hamas (Palestina).

“Meski kini situasi jalur Gaza dan Tepi Barat berangsur normal pascagencatan senjata, namun kedua pihak harus tetap didorong demi terwujudnya perdamaian yang bermartabat,” cetus Aan.


Usai para tokoh mengekspresikan sikapnya masing-masing, mereka pun duduk mengelilingi meja. Puluhan lilin perdamaian dinyalakan di atasnya. Selanjutnya, mereka melakukan doa bersama-sama sembari saling bergandeng tangan.

[RIGHT]sumber[/RIGHT]

[ Dingin2 Empuk ] Dari Gereja, Kirim Doa untuk Gaza

Komentarrr :

No SARA , Sarah Azhari YES

Spoiler for ngiler:
0
8.2K
49
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.