popo1408Avatar border
TS
popo1408
Saingan Mumi Mesir Ada di Papua
Pagi agan dan aganwati pertama kali ni ane posting mdh2an bermanfaat.

Siapa sangka Papua ternyata juga mempunyai mumi? Mumi Papua di Wamena, bahkan lebih membuat bulu kuduk berdiri daripada mumi di Mesir. Ini dia penampakannya!

Spoiler for Cekidot:


Papua memiliki keajaiban yang tak pernah habis. Ada salju abadi di Puncak Carstenz dan bukit berpasir putih. Di Kampung Sompaima, Distrik Kurulu, Wamena Anda dapat melihat langsung mumi. Bersama tim Dream Destination Papua, detikTravel melihat mumi ini dari dekat pada Senin (26/11/2012).

"Mumi ini diperkirakan umurnya 300 tahun lebih. Dia adalah kepala Suku Wi Motok Mabel," ujar sang pemandu kami, Bertnart yang merupakan pemandu sekaligus mengaku keturunan dari sang mumi tersebut.

Mumi ini memang sedikit berbeda dari mumi yang ada di Mesir. Dia tidak dibalut perban putih. Posisinya pun tidak tidur telentang, melainkan seperti sedang duduk dan menatap ke langit.

Mulutnya terlihat menganga. Kedua tangannya memegang masing-masing kedua lutunya. Ada koteka dan juga topi yang terlihat sangat kering. Keunikan lainnya adalah mumi ini berwarna hitam!

Spoiler for Penampakan ::


"Mumi ini dijemur dan dikeringkan di gua. Nah, orang yang melakukannya itu harus dari pihak keluarga," lanjut Bertnart.

Proses mengawetkan jenazah tersebut tidaklah mudah. Syarat bagi orang yang mengawetkan jenazah ini tidak boleh minum air putih, makan tebu dan ubi bakar tanpa dicuci.

"Lalu api ditaruh di bawah (mumi-red), kemudian ditusuk dengan tulang babi lalu lemaknya turun semua," kata Bertnart menjelaskan.

Mumi ini memiliki badan yang terlihat kecil. Jika diperhatikan sudah banyak bagian-bagian tubuhnya yang terkelupas. Anda bebas melihat tiap sudut mumi ini dari dekat.

Spoiler for penampakan ::


"Dia (mumi-red) meninggal karena sakit. Sebelum mati, memang ingin dimumikan," tegas Bertnart.

Bertnart menambahkan, dia percaya jika dimumikan akan membawa kesejahteraan bagi orang sekitar. Ternyata benar, tempat ini telah menjadi objek wisata dan tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin melihat mumi.

Mumi ini pun disimpan dan dirawat oleh orang sekitar. Muminya disimpan di dalam Honai, rumah adat Suku Dani, dan dikeluarkan jika sedang ada wisatawan saja.

Mumi Papua adalah saingan beratnya mumi Mesir. Lihatlah dari dekat, lalu Anda dapat menilai sendiri betapa ajaibnya Papua..

Spoiler for Sumber:


Spoiler for Mampir kesini juga gan::


Diubah oleh popo1408 04-12-2012 03:19
0
40.5K
877
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.