Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

r.c.t.i.o.kAvatar border
TS
r.c.t.i.o.k
Puting Beliung Terjang Sleman, 519 Rumah Rusak
Bencana puting beliung menerjang 10 dusun di 3 desa di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Jumat 14.30 Wib. Akibatnya 2 orang luka berat yang harus rawat inap; 12 orang luka ringan; 519 rumah rusak dimana 101 rusak berat, 122 rusak ringan, dan 296 rusak ringan.

Hal ini dikatakan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pernyataan tertulis yang diterima Suara Merdeka, Sabtu.

Dia menambahkan, kerusakan lain 29 unit kandang ternak, 1 pos jaga, dan ratusan pohon tumbang. Daerah yang terparah adalah Dusun Bromonila Kec. Purwomartani dimana terdapat sekitar 299 rumah rusak.

Sutopo menjelaskan, tiga desa yang diterjang puting beliung adalah Desa Purwomartani Kec Kalasan (Dusun Bromonila, Dusun Sidokerto, Dusun Sambisari, Dusun Sambiroto, Dusun Randusari), Desa Maguwo Kec Depok (Dusun Grogol, Dusun Sambigo, Dusun Singosuto, Dusun Tempelsari), dan Desa Medomartani Kec Ngemplak (Dusun Sepu).

''Bupati Sleman telah mengeluarkan pernyataan status tanggap darurat selama 5 hari yaitu 7-11 Desember 2012,'' ujar Sutopo.

Lebih lanjur, dia menjelaskan, puting beliung terjadi sebelumnya cuaca cerah, tiba-tiba awan gelap. Kecepatannya sekitar 60 kilometer per jam dengan durasi 10 menit dan radius dua kilometer persegi.

Kejadian tersebut juga menyebabkan penerbangan di Bandara Adisucipto terganggu. Beberapa pesawat tidak bisa mendarat, seperti Merpati MZ 3450 dari Bandung, yang dialihkan menuju Bandara Juanda Surabaya.

Juga Garuda Indonesia GA 210 dari Jakarta terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat Lion Air JT 556 dari Jakarta terpaksa berputar di kawasan Bandara selama 15 menit.link
0
3.2K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.