Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

13ferdi13Avatar border
TS
13ferdi13
Prinsip dagang Rasulullah
Agan-agan kaskuser yg sy hormati dan cintai, mohon bantuannya yaa, thread pertama!

Let's start...
Thread ini bukan dakwah, jagi adan-agan non muslim jangan khawatir yaa. Nabi Muhammad dikenal dengan pribadi mempesona yg menjadi panutan umat islam khususnya dan seluruh umat manusia pada umumnya. Banyak fakta seorang Nabi Muhammad SAW begitu dikagumi. Michael H. Hart contohnya, dalam bukunya "100 orang paling berpengaruh di dunia" menempatkan Rasulullah diurutan teratas jauh dari para kesohor lainnya. Ada lagi Mahatma Gandhi yg juga begitu terpesona sehingga diyakini mempelajari gaya kepemimpinan dari seorang Muhammad SAW.

Terlepas dari begitu mempesonanya pribadi paling tangguh yg pernah ada di muka bumi itu(menurut ane lho gan, hihii). Ada satu sisi kepribadian yg harus dipelajari bersama oleh para agan-agan kaskuser terlepas dari apapun agama dan latar belakangnya. Kepribadian itu adalah kemampuan dagang atau bisnis beliau. Sudah menjadi rahasia umum ttg bagaimana ketangguhan pemuda Muhammad ketika berumur 25 tahun menjadi seorang pedagang yg disegani di penjuru arab. Kunci keberhasilan beliau tidak hanya pada kecakapan personal, tetapi juga karakter sederhana yg beliau miliki.

Terdapat beberapa karakter sederhana yg jika kita baca pasti akan membosankan karena pasti selalu ada dlm buku petunjuk kebaikan manapun diseluruh dunia. Mari kita bahas bersama, emoticon-Smilie

1. Kejujuran, adalah modal pertama yg Nabi SAW anjurkan dimiliki oleh setiap pebisnis. Analoginya, boleh saja kita tidak jujur ketika melakukan transaksi dengan pembeli, mungkin juga kita akan mendpt untung yg jauh lebih banyak ketimbang jujur. Tapi Nabi SAW mengingatkan kita. Ketidakjujuran hanya akan mengikis rejeki yg seharusnya kita dapat di transaksi-transaksi berikutnya. Terlebih lagi harta kita akan tercampur dengan harta yg juga tdk jujur.

2. Keadilan, sangat dianjurkan oleh Nabi SAW karena merupakan pasangan dari jujur. Hal yg sudah sangat sulit dijumpai di masyarakat sekarang, bahwa orientasi bisnis tdk lagi pada keuntungan yg diberkahi tetapi pada keuntungan sebanyak-banyaknya yg menyebabkan pembenaran terhadap cara apapun demi mencapai keuntungan ultramaksimal(pinjam istilah blog sebelah). Seperti mengubah takaran timbangan, dsb.

3. Mindset, sudah pasti inilah akar dari seorang pebisnis. Tanpa mindset enterpreneuship(gk ngerti tulisannya bener apa gk) mustahil seorang pebisnis bisa bertahan dalam sebuah bisnis yg pasti akan sangat fluktuatif(kyk orang ngerti aja gw ngomongnya). Fluktuatif artinya selalu berubah-ubah dengan cukup drastis(menurut kamus pribadi orang tua begitu). Oleh sebab itu, sangat dianjurkan membaca banya hal ttg bisnis juga pebisnis utk membentuk mindset tsb.

4. Orientasi, ibarat sebuah skenario. Pebisnis adalah aktornya sekaligus penulis skenarionya. Skenario itu terbentuk dr sebuah orientasi ttg bisnis yg dijalanani. Mauuu dibaaawa kemana bisnis ini(armada style). Jadi, orientasi kita dalam berbisnis membuat kita bisa mengarahkan tujuan dan pencapaian akan bisnis tsb dimasa mendatang. Better your orientation, better your business to be. Orientasi bermacam-macam, ada yg sekedar mengembangkan hobi, ada yg orientasi bisnis karena masa depan, ada yg krn himpitan(mboh himpitan opooo ae lek iso ngelakoni bisnis-bisnis). Namun menurut Nabi SAW, orientasi yg benar yg diajarkan menurut islam adalah berorientasilah pada manfaat krn sebaik-baik manusia adalah yg paling banyak memberikan manfaat pada manusia lainnya(ayooo ada yg mau kasi manfaat ke ane? Minta duiiittt).

Itulah 4 hal rangkuman yg menjadi prinsip Rasulullah. Walau sebenarnya pribadi beliau jauh lebih menawan daripada hanya tulisan ini, tapi mana tahan tulis semuanya, otak bisa meleduk. So, jika bermanfaat silahkan dipakai, jika tidak juga tidak apa-apa, hihiii.

Hanya berusaha menjadi "bermanfaat" bagi sesama.

!please cendolnyaaaaa!
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.1K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu MarketingKASKUS Official
9.4KThread3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.