Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GeblekpisanAvatar border
TS
Geblekpisan
[Wawancara] Ahok : Mau untung ga mau Resiko ?? Itu Baru Pencitraan..
Jam sudah menunjuk pukul 23.00 WIB, sudah larut. Tapi Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih melakukan rapat penting di kantornya, Balai Kota DKI Jakarta.
Sepekan belakangan ini, Ahok sedang fokus menyusun anggaran 2013. Penghematan anggaran menjadi perhatian utama Ahok agar dana bisa digunakan secara efektif di pos lain.
Demi penghematan anggaran itu, saat rapat tidak jarang Ahok ngamuk memarahi bawahannya yang dinilai tidak becus. Padahal rapat itu diunggah ke YouTube untuk transparansi. Salah satunya adalah aksi Ahok memarahi dinas PU yang dilihat oleh 1 juta lebih orang di YouTube.
Aksi galak Ahok itu pun membuat sang wagub kian populer. Namun Ahok mengaku sebenarnya ia tidak galak. Kayaknya aku nggak galak deh, setengah lebih baik kok aku ini, hahaha& kata Ahok.

Benarkah sikap keras Ahok selama ini hanya pencitraan?
Berikut wawancara Isfari Hikmat dari majalah detik dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di ruang kerjanya yang terbuka untuk
umum:

Mengapa Anda galak pada bawahan?
Kayaknya aku nggak galak deh, setengah lebih baik kok aku ini, hahaha& Sama PNS juga baik-baik, nonton videonya juga nggak semuanya galak kan? Makanya kalau nonton video itu, jangan galaknya doang.

Apakah masih banyak yang belum siap dengan gaya Anda?
Nggak juga. Coba saja lihat muka waktu rapat dengan Dinas Sosial. Sudah berubah kok.

Anda tidak takut dibilang pencitraan?
Yang namanya pencitraan, saya jelaskan, pencitraan itu mau dapat untung tidak mau risiko untuk dia kan? Kalau saya berisiko nggak? Berisiko, karena
orang benci kan? Gimana bisa bilang... (pencitraan) Bagi saya itu komentar
ya...

Apakah Anda sudah galak sejak jadi anggota DPR?
Kalau orang kurang ajar, kita galaklah dikit.

Di Belitung juga sudah begitu?
Kalau di Belitung mungkin lebih galak dari sekarang, hahaha&

Kalau dengan keluarga?
Kalau galak sama keluarga, bisa ditinggal istri, hahaha& Istri nggak mau bantu dong.

Idenya upload video rapat dari mana? Nggak takut dikira menjelekkan bawahan?
(Terdiam sejenak). Ya susah juga, orang nggak melihat prosesnya. Kita sudah ngomong baik-baik sebelum keluar. Semua dipotong 25%. Kalau marahnya sampai histeris mungkin tidak baik, saya kan tidak. Jadi orang
tua juga marah sama anak kan, kenapa pas marah sama anak Anda tonjolkan? Itu masalahnya. Mesti menyeluruh juga.

Ada KIP (komisi informasi publik) yang menemui Anda, apa yang dibicarakan?
Saya bilang sama KIP, apa yang Anda mau? Orang duit saya saja sudah transparan, nggak usah pusing pusing lagi bikin mediasi.

Soal pencopotan kepala sekolah?
Aku nggak rekomendasi, aku nggak menyuruh coppot, Aku cuma bilang, Sudah tahu kan visi misi kami? Bapak sudah tahu maksud saya kan? Kalau sudah tahu laksanakan, Kira-kira begitu saja. Saya kira Dinas Pendidikan oke kok sekarang. Cukup baik. Prinsip kita sederhana, sekolah tidak boleh ada pungutan sepeser pun. Kalau masih memungut berarti Anda tidak cocok
jadi kepala sekolah kami, itu saja, sederhana. Kalau mau jadi kepala sekolah ya jangan mungut.

Soal dinas yang membandel?
Saya sudah bilang, tinggal tulis surat ke kepala dinas yang bersangkutan. Bikin tembusan ke saya, semua surat teguran bikin tembusan ke saya. Saya tinggal bikin surat ke bawah, kalau nggak mau nurut copot saja. Jadi nggak usah repot-repot.

Setelah jadi Wagub ada perubahan waktu untuk keluarga?
Keluarga ya bisa, cuma nonton nggak bisa bareng. Kita pagi-pagi masih ketemu. Buat saya juga berubah, sekarang saya harus bangun setengah lima atau jam empat, supaya bisa berolahraga. Kalau nggak, nggak
sempat olahraga. Setengah tujuh sudah jalan, makan pagi di mobil. Karena dulu makan di sini waktu setengah delapan sampai. Sekarang turun mobil sudah dikejar orang, sudah ditunggu. Ya sudah kita majuin rapat setengah delapan sekalian, biar cepat.

Apakah curhat sama istri soal Jakarta?
Aku jarang curhat ke istri sih. Istri juga sibuk, tadi ke Pulau Seribu mewakili Ibu (Iriana, istri Jokowi, red).

Pembagian kerja dengan Jokowi seperti apa?
Otomatis terbagi kok sama Pak Jokowi. Seperti beliau bilang bagi kerja nggak ada yang berebut. Apa yang bisa kita kerjakan, kita kerjakan. Kami berdua caranya begitu, mana yang bisa kita kerjakan semaksimal mungkin kita kerjakan. Pak Jokowi juga begitu. Nggak ada pembagian. Beliau keluar, surat menumpuk di meja saya, harus saya bantu kerjakan biar cepat. Saya harus paraf dulu. Beliau lihat paraf saya baru tanda tangan. Saya juga. Kalau rapat, notulen sudah saya baca, paraf, saya kasih ke Pak Gubernur. Biar Pak
Gubernur bisa ikuti saya sudah putuskan apa. Saya kalau malam, ikuti Pak Gubernur, laporan, kadang beliau telepon kalau penting. Kalau saya tidak sanggup datang, saya bilang nggak sanggup deh. Seperti undangan ke Bangkok, beliau nggak mau saya juga nggak sanggup. Saya bilang suruh orang sajalah, deputi. Kadang beliau suruh cari yang doktordoktor, yang sudah senior, cari yang sesuai bidangnya, yang bisa bahasanya. Semua putusan di Gubernur.

Anda lebih banyak di dalam?
Dari dulu juga lebih banyak di dalam, memang begitu. Kalau beliau keluar masa saya ikut keluar? Nggak mungkin kalau saya keluar beliau di dalam.

Betul pernah kerja dengan Sutiyoso?
Ya saya diminta bantu Pak Sutiyoso, bukan kerja. Saya jadi orang yang menentukan ini masuk akal atau tidak, saya auditornya. Beliau kan mau jadi presiden, banyak orang mau mengajukan permohonan macam macam.
Saya yang bisa iya bisa tidak, itu saya yang bumper. Makanya saya tahu banyak soal Jakarta. Saya bantu Pak Sutiyoso satu tahun.

Masih ada keluhan birokrasi di DKI Jakarta, khususnya
masalah perizinan. Tanggapan Anda?
Keluhan perizinan birokrasi kita tampung dan akan kita pangkas nanti. Misalnya ada 40 langkah untuk mengurus izin, nanti akan kita kecilkan. Yang tidak relevan akan kita hilangkan. Sedang dikaji di Asisten Pembangunan atau Asbang.

[URL="http://majalah.detik..com/read/2012/11/24/073729/2100039/1314/ahok-s-style"]Sumber :[/URL]

====================================================

pemimpin emang harus keras, kalo pemimpinnya lembek, anak buahnya jd manja, lama-lama ngelunjak..
orang2 yang protes karena gaya kepemimpinan ahok adalah orang2 yg mentalnya kaya tempe, kalo taku di marahin atasan, ga usah jadi PNS, mending jadi atlet catur aja..


Spoiler for Komen yg bermutu tinggi:
Diubah oleh Geblekpisan 05-12-2012 10:47
0
8.1K
63
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.