Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Pahlawan31Avatar border
TS
Pahlawan31
Noken diakui UNESCO sebagai warisan dunia
Noken diakui UNESCO sebagai warisan dunia
contoh lain noken :
Spoiler for contoh lain noken:


Satu lagi budaya kekayaan Indonesia kembali diakui dunia. Kali ini, tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari serat kulit kayu, Noken diakuai oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda. Pengakuan tersebut berlangsung di kantor pusat UNESCO di Paris, Perancis.

"Alhamdulillah. Baru saja diketok palu Noken budaya rajut Papua sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda di depan sidang UNESCO Paris tanggal 4 Desember pukul 10.30 waktu Paris," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Wiendu Nuryanti dalam pesan singkat yang diterima merdeka.com, Selasa (4/12).

Sebelumnya, pada tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mendaftarkan kerajinan Noken, tas khas Papua, kain tenun khas Sumba Barat, NTT, Taman Mini Indonesia Indah, dan empat tari sakral dari Bali, agar diakui UNESCO.

Selain Noken, Warisan Budaya Dunia Tak Benda dari Indonesia yang telah diakui UNESCO yakni wayang di tahun 2003, keris diakui tahun 2005, batik pada tahun 2009, angklung pada tahun 2010, Tari Saman pada tahun 2011.

Noken yaitu tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Sama dengan tas pada umumnya tas ini digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar. Karena keunikannya yang dibawa dengan kepala, noken ini di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia.
Tas tradisional Noken digunakan masyarakat Papua, khususnya kaum wanita dengan cara menggunakan di atas kepala. Noken biasa digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari dan hasil bumi seperti umbi-umbian dan sayuran ke pasar.
sumber
Quote:
Diubah oleh Pahlawan31 04-12-2012 22:36
0
2.5K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.