Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

siamamangAvatar border
TS
siamamang
teknik memadamkan api/kebakaran, bagi yg belum tau yuk di simak
Bismillah..

Ane bosen nge-junk terus di lounge, sekali kali mau bikin thread yg mutu.

Oke deh, kali ini saya mau bahas tentang teknik memadamkan api, jangan coba coba memadamkan api kalo belum tau tips dan triknya, karena justru akan membuat api menjadi membesar apabila penanganan nya salah.

1. Apabila panci / kuali terbakar
Apakah langsung mau di guyur air?? JANGAN sekali-kali anda melakukan itu, kecuali bagi mereka yg blm tau tekniknya yg jelas. Api itu berasal dari kerak kuali yg terbakar dan uap dari minyak goreng, apabila di siram air, maka minyak akan tercerai berai kemana-mana tentunya, sehingga api akan menyebar mengikuti arah jatuhnya minyak tadi.
Cara pemadaman:
Ambil karung atw handuk (kalo kepepet), basahkan lalu tutuplah bagian yg terbakar / api tersebut. Handuk yg basah akan menutup sumber udara di sekitar kebakaran, sehingga api akan padam dgn sendirinya. PERLU DI INGAT, bahwa api TANPA udara akan PADAM.

Sampe nomer 1 aja dulu deh, mata udah ngantuk.
Kalo ada yg mau tanya-tanya tentang pemadaman untuk media/masalah lain, boleh di komen aja. Insyaallah saya beri solusi nya

Regards.

Lanjut nomer 2. Kebakaran akibat bocoran gas (tabung)
Nah kalo yg ini agak ekstrim, ati" aja mending ente pada kabur kalo ga kuat mental soalnya resikonya bisa terjadi ledakan sebelum kita sempet madamin apinya. Kebakaran bocoran gas tabung sebenernya berasal dari tekanan gas yg keluar dari bocoran, lalu kena panas sehingga pd titik panas tertentu bisa timbul flash over atau nyala api. Tabung tidak akan meledak sebelum suhu tabung belum sampai pada titik panas yg sudah terlalu tinggi. Intinya, tabung panas, temperatur naik otomatis tekanan gas didalam tabung ikut naik, sehingga cukup untuk memecahkan badan tabungnya sendiri.

Cara pemadaman dan pencegahan awal:
Guyurkan air diseluruh permukaan tabung secara kontinyu sampai api padam, sudah cukup untuk memadamkan api. Buka pintu atau jendela, untuk mencegah terjadinya akumulasi gas di dalam ruangan sehingga menyebabkan ledakan. INFO penting, bahwa gas elpiji itu lebih berat dari udara massa jenisnya, sehingga kecendrungan gas akan mengumpul di bawah, apabila agan sekalian mau memasang blower di dapur, sebaiknya di pasang dibawah. INFO kedua, jgn sekali kali menghidupkan/mematikan lampu pada saat ada bau gas (potensi kebocoran), lompatan listrik pada lampu sdh cukup untuk membakar gas yg telah terakumulasi.

Diubah oleh siamamang 30-11-2012 21:47
0
1.8K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.