Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perangsaljuAvatar border
TS
perangsalju
Penyebab diabetes dan akibatnya dalam jangka panjang
Penyakit diabetes identik dengan orang yang memiliki badan super besar dan orang tua. Jika Anda berfikiran seperti itu, Anda mungkin salah atau juga tidak. Salah, karena tidak semua orang yang memiliki badan besar (seringnya) mengidap penyakit diabetes dan tidak semua orang tua mengidap penyakit diabetes mellitus. Namun, Anda juga bisa benar jika berfikiran demikian. Orang berbadan besar biasanya memakan karbohidrat yang lebih banyak dari orang yang berbadan normal sehingga hal tersebut dapat memicu penyakit diabetes karena timbunan gula dalam tubuh yang sangat banyak, dan mengapa orang tua biasanya memiliki penyakit diabetes? Hal ini berkaitan dengan ‘keaktifan’ orang tua yang menurun sehingga gula yang masuk tidak terbakar dengan baik.

Fikiran tersebut sah-sah saja namun sebenarnya tak hanya orang yang berbadan super besar atau orang tua saja yang bisa terkena diabetes. Ternyata, orang berbadan normal bahkan kurus pun serta anak-anak bisa terkena diabetes yang biasa disebut penyakit diabetes mellitus tipe 1.

Dibawah ini penyebab terjadinya diabetes.

Penyebab Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe 1 biasanya trjadi pada anak-anak serta orang dewasa. Hal ini terjadi ketika adanya kerusakan sel beta pulau-pulau Langerhans dalam pancreas sehingga menyebabkan terhentinya pasokan insulin untuk tubuh. Sayangnya, belum ada obat yang dapat memperbaiki fungsi pancreas yang rusak ini. Untuk dapat bertahan hidup, penderita diabetes tipe satu ini harus rela menerima suntikan inslin dari luar tubuh selam hidupnya.

Penyebab Diabetes Tipe 2
Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 hanya menyerang orang dewasa. Penyakit diabetes ini muncul biasanya karena masalah kegemukan. Penderita diabetes tipe 2 ini masih dapat menghasilkan insulin namun jumlahnya tak cukup karena adanya komplikas yang disebabkan obesitas. Sel tubuh tidak dapat menyerap gula darah yang dibutuhkan tubuh. Hal ini yang menyebabkan beberapa hal yaitu sering buang air besar, sering merasa haus, serta sering merasa lemas.

Adapun beberapa kebiasaan-kebiasaan beirkut yang menjadi penyebab Diabetes.

- Mengkonsumsi terlalu banyak teh manis dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Makan goreng-gorengan dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Makan cemilan yang tak sehat dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Minum-minuman bersoda dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Hobi merokok dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Malas berolah raga atau bergerak dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Menggunakan alat kontrasepsi dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Kurang tidur dapat menjadi penyebab Diabetes.
- Stress dapat menjadi penyebab Diabetes.

Akibat penyakit diabetes
Penyakit diabetes dapat menyebabkan produktivitas Anda saat bekerja menjadi berkurang. Anda dapat menjadi kurang semangat dalam melakukan kegiatan apapun karena Anda akan sering merasa lemas dan kurang bertenaga. Terkait dengan hal-hal tersebut, penyakit ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti penyakit jantung, gangguan ginjal, gangguan mata, gangguan kaki, serta kerusakan syaraf.

1. Gangguan jantung
Pembuluh darah yang seharusnya berjalan ke jantung, akan tersumbat karena adanya gangguan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, jantung akan menjadi rusak. Selama serangan jantung, dada lengan, punggung, rahang leher, serta perut akan merasa tidak nyaman

2. Gangguan ginjal
Ketika Anda sudah divonis terkena diabetes, maka pembuluh darah di glomeruli mengalami kebocoran sehingga meloloskan zat-zat berguna tersebut ke dalam urin. Sel-sel pembentuk glomeruli akan mati, hal ini disebut dengan nefropati diabetic. Hal ini akan menyebabkan gagal ginjal.

3. Gangguan mata
Pembuluh darah yang rusak dapat tersumbat serta pecah dan cairannya bisa bocor hingga retina mata. Pembuluh-pembuluh baru tumbuh di mata namun pembuluh tersebut rapuh dan mudah mengalami pendarahan sehingga menimbulkan luka yang terus berkembang. Hal tersebut mengakibatkan berbagai masalah penglihatan.

4. Kerusakan syaraf
Kerusakan ini terjadi karena penurunan aliran darah dan kadar gula darah tinggi yang dapat mempengaruhi syaraf di tengkorak atau syaraf pada kolom tulang belakang dan cabang-cabangnya.

Itulah beberapa penyebab diabetes dan serta akibat dari penyakit gula tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.



koplakbinon17
koplakbinon17 memberi reputasi
1
1.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.