Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bahaya Krisis Ekonomi Global 2013, Seberapa aman kerjaan agan/sis?

culi**bongbongAvatar border
TS
culi**bongbong
Bahaya Krisis Ekonomi Global 2013, Seberapa aman kerjaan agan/sis?
Opini Pribadi :

Penafsiran "ramalan" bangsa Maya tentang kiamat 2012 mungkin akan menjadi kenyataan beberapa hari lagi. (12-12-2012) emoticon-Matabelo

Namun pemahaman ane di sini, kiamat yang dimaksud adalah kiamat ekonomi yang akan berujung ke krisis ekonomi 2013.

Ya, agan/sis mungkin tidak kaget ketika ane ngomongin hal ini. Karena tanda-tandanya sudah tampak nyata. Ane sendiri merupakan seorang yang suka mengamati ekonomi dunia. Berikut adalah gejalanya :

Agan tau krisis di Eropa kan?

Kita coba mulai dari yang paling parah ya.

Angka penggangguran di Yunani mencapai 25.1%. Jumlah anak muda usia dibawah 25 tahun yang mengganggur saat ini hampir 59%. Padahal di bulan April 2010, pengangguran di Yunani hanya 11.8%. Artinya dalam waktu 2,5 tahun jumlah pemecatan yang terjadi sangat tinggi.

Buruknya ekonomi dunia gan, ada di masalah hutang yang ga sanggup di bayar :

1. Jepang punya hutang 237% dibanding PDB (Produk Domestik Bruto)
2. Yunani punya hutang 198% dibanding PDB
3. Itali punya hutang 126% dibanding PDB
4. Spanyol punya hutang 363% dibanding PDB

Bingung gan? Bayangkan agan punya gaji 10 juta/bulan, tp tiap bulan agan punya hutang baru 36.3juta. Kira-kira gimana caranya bayar hutang itu ya gan?

Selain Eropa, ternyata Argentina juga sedang bermasalah dengan hutangnya, dan dari waktu ke waktu bertambah parah aja gan.

Masih ingat tahun 1997? tiba-tiba bank mengalami RUSH? Mayoritas nasabah pada tarik dana?

Ini sedang terjadi di spanyol gan. Pengangguran juga tinggi banget 24,3%, dan kebanyakan anak muda. Sama persis yang terjadi di Perancis, pengangguran di atas 10,2%, cuma bedanya di Perancis mayoritas yang nganggur itu pemuda-pemudi Muslim imigran (maroko, aljazair, dsb). Karena Prancis emang negara rasis gan. Tinggal nunggu "rusuh" aja di sana (ky Asia tenggara tahun 97-98)

Menurut laporan IMF, Sektor perbankan di Uni Eropa harus jual 4,5 trilyun USD asset (usd 4.500.000.000.000) dalam waktu 14 bulan ke depan, untuk bisa bertahan hidup.

Amerika gimana gan?

Bulan Agustus kemarin nilai Ekpsor US jatuh ke level terendah sejak Februari. Artinya perbaikan ekonomi di US cuma omong kosong gan. Bahkan Mereka malah cetak duit lagi.

Rush di sektor investasi di US, bulan oktober minggu ke-3 kemarin investor menarik lebih dari 10 milyar usd (10.000.000.000 usd). Itu belum seberapa, total tahun ini, investor sudah tarik dana dari US sebesar 100 Milyar USD (Rp 961.800.000.000.000,- duit semua)

Terakhir gan, FEDEX, mengumumkan akan memecat beberapa ribu karyawannya dlm beberapa bulan ke depan. Agan paham kan, kalau perusahaan pengiriman barang sampai memecat ribuan karyawan artinya pengiriman barang lagi dikit. Ini artinya nilai ekspor-impor juga mengecil.

Penyebabnya apa gan?

Ya, itu tadi.. Eropa kan krisis, mana bisa beli barang sebanyak dulu lagi. Makanya kan Nilai Ekspor China (yg sebagian besar ke Eropa dan US) sekarang ini lagi drop banget. Disitulah pertumbuhan ekonomi China turun tajam.

Penjelasannya gini gan : Eropa + US beli barang ke China lebih dikit karena lagi krisis, Jadi barang yang dikirim ke sana jadi dikit. Itulah kenapa Fedex sampai harus mecat karyawan. Nah di CHina sendiri, karena orderan barang dikit, ya pabrik produksi barangnya dikit. Berarti banyak org di CHina juga terancam di pecat ya gan.

Hal serupa bisa dialami INDONESIA apa ga gan?

Nah, ini dia, untungnya PDB Indonesia 67% nya merupakan produk domestik. Artinya hanya sekitar 30% nya Ekspor. Tapi ga bisa dipungkiri krisis 2013 nanti bakal berimbas sih gan. terutama agan yang ada di sektor Produksi (pabrik) barang ekspor dan di sektor jasa angkutan ekspor. Bukan nakut-nakutin agan yah.. tapi barang produksinya mau di jual ke mana gan?

Padahal baru aja Indonesia bisa menikmati pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Agan tau ga kalau Pendapatan Per Kapita Indonesia sekarang sudah hampir 4.800 USD?

Yang artinya setahun rata-rata org indonesia punya penghasilan 4.800 usd, kalau dibagi 12 bulan jadi per bulan 400 usd atau 3,8 jutaan/bulan. Anehnya kok UMP masih aja jauh di bawah itu ya emoticon-Cape d... (S)

Ane sendiri kerjanya di bidang Bisnis Online Gan. Karena Online (seperti FJB Kaskus) masih punya peluang yang tinggi untuk bisa survive di masa krisis. Ane percaya dengan bekerja di sektor jasa online dan malah dengan pangsa pasar domestik (dalam negeri) ane bisa survive di 2013 sampai 2015. (beberapa sumber bilang kalo krisisnya kali ini sangat parah gan).

Nah sekarang udah mau masuk 2013, Agan yang belum kerja mau pilih apa?


Kalau mau ikutan kerja kaya ane, kebetulan lagi ada lowongan kerja terbaru nih :


[CENTER][/CENTER]
0
5.2K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.