Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chester182Avatar border
TS
chester182
Premium Langka, Penjualan Pertamax Naik
Permisi numpang share yang berguna bagi masyarakat Umum Terima Kasih Admin Kaskus emoticon-Big Grin

Sejak 18 November hingga 25 November lalu Pertamina menjalankan program Kitir, yaitu pembatasan subsidi stok premium di beberapa SPBU, termasuk di Bekasi dan Jakarta. Program ini merupakan penggantian rencana kenaikan harga solar yang tidak jadi dilaksanakan oleh pemerintah. Pembatasan stok itu membuat premium langka hingga berdampak pada penjualan pertamax yang mengalami kenaikan.

Pengawas SPBU 31.171.01 di Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan, Anton Sujarwo mengatakan, kejadian stok premium yang habis terjadi sejak Selasa (20/11) hingga Minggu kemarin (25/11). Masyarakat yang ingin mengisi premium terpaksa mengisinya dengan pertamax walaupun harganya lebih mahal.

Hal itu membuat penjualan pertamax meningkat. Biasanya dia menjual tiga hingga empat ribu liter per hari, saat pembatasan, SPBU nya menjual hingga enam ribu liter. "Tapi ada juga yang tidak mau," ujarnya pada Republika, Senin (26/11).

Pembatasan premium sudah tidak berjalan sejak hari ini. Menurut pantauan /Republika/, kendaraan di SPBU mengisi BBM dengan lancar, tak ada kendala ataupun kelangkaan.

Anton menjelaskan, sebelum pembatasan stok dijalankan, biasanya SPBU nya mengisi 64 ribu liter premium dan 32 ribu liter solar. Tapi, saat pembatasan, jatahnya hanya 48 ribu liter premium dan 24 ribu liter atau kadang 16 ribu liter solar, per hari. SPBU ini mengirim stok dari Cikampek dengan tiga kali shift pengisian dalam sehari, setiap delapan jam.

Pembatasan stok premium juga terjadi di SPBU 34.17.114, daerah Rawa Panjang, Kecamatan Rawa Lumbu. Staf SPBU, Ponijan mengatakan, biasanya stok premium 24 ribu liter namun karena ada aturan pembatasan pembelian, stoknya hanya 16 ribu liter. Namun, sekarang pun sudah normal kembali. "Katanya ada penambahan 1,2 juta kilo liter makanya bisa normal lagi," ujarnya.

Ponijan mengatakan tidak terlalu gusar mengenai kabar larangan pembelian premium tanggal 2 Desember nanti. Dia belum bisa menanggapi hal tersebut sebab belum ada kabar resmi dari pemerintah.


Sumber: REPUBLIKA.CO.ID

Diubah oleh chester182 27-11-2012 00:29
0
2.5K
41
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.