Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

selalulaperAvatar border
TS
selalulaper
[SHARE] Mengatasi Sembelit (susah BAB)

Para agan pasti udah pernah dengar istilah sembelit, konstipasi, susah BAB dsb. Sebagian orang bahkan pernah atau sering mengalaminya. hal ini Sepertinya, terdengar sepele dan sering dipandang sebelah mata, padahal jika dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan keadaan yang fatal, antara lain dapat mengakibatkan kanker usus besar (kolon). Hal ini dapat terjadi karena semakin lama kotoran di dalam perut, kontak dengan dinding usus bertambah sehingga rawan menyebabkan perubahan atau mutasi sel pada dinding usus. Perubahan frekuensi buang air besar (BAB) dapat pula menjadi pertanda hadirnya suatu penyakit. Kasus sembelit bahkan dapat menyebabkan seseorang harus membuang banyak uang untuk mengatasi kondisi sembelit ini dengan membeli berbagai jenis obat, memerlukan bantuan di unit gawat darurat, bahkan kadang perlu dirawat inap.

Sembelit atau konstipasi didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana waktu transit makanan dalam usus berlangsung lebih dari 72 jam (+/-3hari), konsistensi tinja yang keras, pencernaan terasa tidak nyaman seperti kembung, perut terasa penuh dan berat, serta pengeluaran tinja terasa lambat. Faktor yang dapat menyebabkan konstipasi, antara lain adalah kurang gerak, kurang minum, kurang serat, sering menunda buang air besar, kebiasaan menggunakan obat pencahar, efek samping obat-obatan tertentu, dan kondisi kejiwaan.

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-h...#ixzz2DMPsc7pM


Pencegahan yang dapat kita lakukan adalah dengan dengan memenuhi anjuran di atas seperti rutin olahraga, cukup minum dan makanan berserat (sayur,buah dll), segera datang jika "panggilan alam mulai menggema" (mulez)emoticon-Malu (S),dan menghindari stress.
Kalo itu sembelit udah terlanjur hinggap ini dia ane mau bagi-bagi tips pengalaman ane dalam mengatasi sembelit yang dikategorikan sembelit ringan sampai sedang. Tanpa obat-obatan kimia dan insha Allah aman.

yuk marih emoticon-Ngacir2

Spoiler for tips:


tips di atas insha Allah bisa dipake buat kasus sembelit rini sedang yang faktor penyebabnya bukan karena obat atau stress karena jika penyebabnya karena obat akan memerluakan terapi khusus tergantung dari obat apa yang agan konsumsi dan jika faktor utamanya karena stress maka yang perlu diatasi adala faktor stress nya, bukan gejala sembelitnya.

Spoiler for penjelasan:


sekian thread ane smoga manfaat buat agan-agan semua dan juga buat ane. klo ada yang kurang atau ada yang salah dari thread ane, ane mohn maaf.
kritik dan saran yang membangun monggo masuk. wassalm emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh selalulaper 30-04-2015 05:04
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
12K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.