novfinal
TS
novfinal
M Truss rangka atap baja ringan gak bermutu dan penipu!!
CV. M Truss (Maya Truss??) Bener bener pemborong baja ringan busuk dan gak bermutu!
Kenapa ane bilang busuk? Karena ane ditipu mentah2.. ama pemborong ini total kerugian ane mencapai Rp xxx (belum termasuk pulsa yang ane pake buat expedite sama kerugian immaterial kehidupan ane yang terganggu)

Kalo pengen tau kronologisnya, simak uraian seperti berikut:
Refer ke postingan ane yang ini dimana ane ditinggalin ama pemborong rumah yang scopenya overall (termasuk ngerjain baja ringan dan atap gentengnya), ane kemudian cari cari pemborong khusus mengerjakan baja ringan. Berhubung dana ane terbatas, ane mulai cari yang harganya paling murah. M Truss ini

http://www.jual-beli.com/RANGKA-ATAP...3439,id,iklan;

http://depok-jawabarat.olx.co.id/cv-...-iid-99629183;

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6067692

masuk ke dalam nominasi, disamping nominator lain yang ane gak bisa sebutin di sini karena lupa linknya jualannya. Sebagai info, dulu harga penawaran untuk baja ringan adalah mulai dari Rp 110ribu/m2 (murah sekali di masa itu)
Selanjutnya ane kontak ntu CP (Maya Primadona) dengan maksud mastiin dia bisa gak dengan permintaan yang saya maksud (ngerjain baja ringan dan atap gentengnya). Dia bilang bisa. Abis ntu besoknya suaminya (Hani (ane gak tau nama aslinya siapa!)) datang survey ke rumah, dan lihat gambar rumah yang sudah ane buat memang untuk proyek renovasi rumah ini. Dia sempat Tanya berapa kemiringan atap yang ane inginkan? Ane bilang 30 derajat. Dia ngerti dan mulai ngitung2. (PATUT DICATAT BAHWA DIA SURVEY CUMAN NGITUNG2 BERDASARKAN GAMBAR YANG ANE BIKIN YANG ANE JUGA GAK YAKIN DIMENSI TU GAMBAR VALID APA NGGAK, ane dah suruh naik buat ngukur kalo perlu, dia bilang nggak perlu!). Angka hasil itungannya didapat 85 m2. Selanjutnya dia pamit pulang sambil bawa gambar ane, ane pikir sih buat dia jadiin reference rencana kerjanya kayak gimana.

Ni gambar rancangan rumah ane (gambar pake google sketchup gan):

Spoiler for rancang:


Ane pikir gak ada keterangan dimensi yang valid di dalam gambar ini yang bisa dijadikan Hani acuan untuk menghitung, tapi berhubung dianya gak peduli, ane juga gak peduli dong sebagai konsumen.

Abis itu (abis ane tau si surveyor dah sampe rumah dan lapor bos) sepanjang sore ane nego harga melalui telp/ sms, sehingga disepakatilah harga baja ringan dan genteng metal (termasuk nok genteng dan alumunium foil: terpasang) sebesar Rp 16 juta,-. Kata Maya (CP yang ane sebutin di atas), besoknya dia bakal dateng bawa semacam surat perjanjian kerja (dia sebut SPK di perusahaan bodongnya itu).

Ni foto SPK yang dimaksud:

Spoiler for SPK:


Besoknya dia dateng bawa tu SPK, selama hahahehe (basa basi) ane Tanya, ini harga udah pas belum bu? Kok ada stok opnam segala macem? Nanti saya ditagih jauh lebih mahal dari ini gak sanggup. Maya bilang, gak kok pak, tagihannya tidak akan lebih dari angka di perjanjian itu. Ya udah ane iyain aja dan acc.

Kesalahan ane: ane setuju dengan pembayaran yang digabung antara baja ringan dan genteng, dimana dengan bayar DP dan pembayaran kedua (kuda2 terpasang), itu udah cukup buat beli material baja ringan dan genteng dimana pada saat pembayaran kedua genteng belom dikirim (ane percaya aja karena khawatir perusahaannya dia bakal gak sanggup dengan term pembayaran yang lebih rumit dari itu!)

Selanjutnya, ane lupa hari keberapa setelah pernjanjian itu, datanglah material baja ringan yang dimaksud. Saat itu juga (menit itu juga) Maya nelponin ane/ bini teruss kayak orang kebakaran jenggot (ane waktu itu maklum lah, katanya ntu uang buat diputer lagi jadi gak boleh lama2 di konsumen). Ya udah deh ane bayar.

Kwitansi pembayaran pertama:

Spoiler for kwitansi pertama:


Beberapa hari kemudian hampir semua kuda-kuda dah terpasang. Ane ditagih pembayaran yang kedua (CATATAN: KUDA2 BELUM TERPASANG SEMPURNA!). Ya udah ane bayar aja toh ngeliat tukangnya kerja terus kok, ane percaya aja

Kwitansi pembayaran kedua:

Spoiler for kwitansi kedua:


Beberapa hari kemudian atap sudah terpasang seluruhnya, mulai dari kuda sampai reng, sampai support2 yang diperlukan.

Saat itu ane dibilangin ama tukang yang ngerjain rumah lain (rumah tetangga), pak, kok agak jengat ya atapnya? Ane masih belom percaya, ane bilang, emang panjang ke depan ama ke belakang (desain atap ane pelana gan) gak sama pak. Trus karena penasaran, ane liat sendiri dari jauh rumah ane, emang atapnya jengat (apa ya bahasa indonesianya, kemiringan atap depan dan belakang tidak sama). Ane kontek deh Maya, bu, atapnya jengat, tolong diperbaiki ya (ane bener2 halus dan bae2 lah ngomongnya). DIa tanggepin juga dengan baik2.

Para juragan nilai sendiri deh ni atap pantes apa nggak (lihat gambar):

Spoiler for salah pasang:


TAPI!! Ditunggu2 gak dateng tuh tukangnya, ada kali 2 minggu ane expedite telponin gak dateng juga. Sempet ane datengin rumahnya, trus jawab suaminya, iya soalnya tukangnya lagi pulang kampong (emang waktu itu lagi taun baruan), ntar dibilangin kok, katanya. Ditunggu2 gak dateng ya udah ane nyerah… Trus ane desek2 terus ternyata dia M Truss gak mau tanggung jawab atas itu, karena katanya ane yang salah gak ngasihtau tukangnya (WTF!!). Y udah terpaksa ane minta tolong ke tukangnya langsung dengan ane janjikan bayaran untuk kerjaan tsb.

Sambil tukangnya ngerjain perbaikan, ane Tanya gentengnya kapan dateng? Dia bilang pokoknya selesai tukangnya ngerjain tu genteng langsung dateng dan dipasang.

Setelah tukang selesai perbaiki (4 jam perbaikan untuk Rp 400ribu gan untuk yang bukan kesalahan ane!  ane diperes ini mah), ane telp ke Maya. Tapi ane desek2 ternyata dia gak mau lanjutin kerjaannya dengan alas an hubungan seller buyer gak enaklah dst). Trus ane marah, gimana uang genteng metal saya?? DIa bilang bakal dibalikin kok. Berapa??

Dia itung2 deh, dia bilang, kan yang udah terpasang atap baja ringan dan alumuniumnya yang harga permeter2nya 125rb. Stok opnam (yang dia bilang dulu gak usah dipikirin) dia itung juga, atap rumah ane ternyata luasanya dia bilang 91 m2, padahal dia bilang dulu gak bakal ada penambahan jumlah luasan macem gini!!. Jadilah haknya dia 91m2 x 125rb = Rp 11.375.000,- Jadi dia bakal balikin 625rb. (WTF!! Itu kan harga paket yang notabene harusnya ane dapet jauh lebih murah dari itu, kok dikasih harga standar), ane fight gan, ane bilang ibu kan dulu nawarin harga genteng 70rb permeter2? 70rb x 85 m2 = Rp 5.950.000, berarti ada uang ane di dia Rp 1.950.000 yang kudu dia balikin, trus jawab maya, saya jual 60rb permeter2 pak, jadi harusnya harga gentengnya Rp 5.100.000, baik berarti saya kembalikan Rp.1.100.000 lagi ke bapak.

Tau gak gan gimana akhirnya? Para keparat ini cuman bayar Rp 625ribu. Sisanya yang Rp 475rb ditagih sampai sekarang gak dibayar, alasannya, bukan hak ane gan!!.

Astaghfirullah, ane sih cuman bisa doakan ni orang2 jahat (entah jahat entah jahil) bakal diazab seberat beratnya di dunia gan (berhubung ane gak punya uang lagi untuk nagih2 ni orang2 jahat) kalo gak tobat, tapi ane serahkan ma Allah kok, Dia yang Maha Kuasa, Dia yang mampu memutar balikkan hati orang, Dia juga yang berhak untuk menghukum manusia… mudah2an keadilan memihak pada kami…


Ni CPnya gan:
Foto kartu nama:
Spoiler for kartu namanya gan:


Note:
Tukangnya (yang nagih Rp400rb ntu di paragraph di atas) ampe sekarang (bahkan ampe ane mati pun) gak bakal ane bayar gan. Ane tau tu tukang ada kongkalikong ma M Truss buat meres ane. Lagian, ngebetulin pemasangan yang salah dia sendiri kok minta uangnya ke ane. Aneh bukan?
0
18.4K
28
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Buat Latihan Posting
Buat Latihan Posting
Buat Latihan Posting
icon
35.6KThread1.7KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.