Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hitman1Avatar border
TS
hitman1
Kisah Kreatif Jokowi Ganti Ajudan Ganteng Bikin Mari Elka Tertawa

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) bagai sedang melakukan stand up comedy saat didapuk sebagai pembicara di Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Kisah pengalamannya nan kreatif membuat hadirin tertawa terpingkal-pingkal.

Jokowi menjadi pembicara bersama-sama Menparekraf Mari Elka Pangestu, Viona Ke dosen dari Adelaide University dan moderator Jaya Suprana di Epicentrum Walk (Epiwalk), Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2012). Acara ini dihadiri berbagai elemen masyarakat mulai dari mahasiswa, pengusaha dan warga umum lainnya.

Tibalah giliran Jokowi berbicara. Beda dengan pembicara lainnya, Jokowi yang semula duduk tiba-tiba berdiri meninggalkan kursi. Ia lalu menuju podium.

"Saya kalau duduk nggak bisa ngomong. Saya ini 33 tahun kerja di barang-barang yang kita lihat tadi. Jadi agak kreatif dikitlah," kata Jokowi memulai pembicaraan yang disambut tawa hadirin.

"Tetapi, sejak 7 tahun lalu karena kecelakaan, jadilah Wali Kota. Nah... yang di sini saya mulai tidak kreatif," lanjut Jokowi.

Jokowi pun bercerita tentang sang ajudan yang setia mendampinginya. "Saat jadi Wali Kota, saya itu ke mana-mana nyetir sendiri. Saya diberikan dapat 1 orang ajudan waktu itu. Ia tinggi, besar, ganteng lagi. Sementara bodi saya kurus kering, berat badan saya hanya 45 kilogram," kata Jokowi yang sesekali menggerakkan tangan. Tawa hadirin membahana dan suasana menjadi riuh.

"Jadi setiap tamu yang datang ke kantor saya, yang disalami ajudan saya.
Selalu ajudan saya, bukan saya," curhat Jokowi dengan mimik serius.

"Satu bulan, saya agak kuatlah. 2 Bulan mulai nggak kuat. 3 Bulan sudah nggak. Tahu-tahu muncul kreatif saya, ajudan saya itu saya ganti dengan ajudan yang lebih jelek dari saya. Jadi semenjak itu saya selamat. Selama 7 tahun, saya terus disalami orang. Selamat saya," cerita Jokowi yang disambut tawa riang hadirin, termasuk Mari Elka yang terus tertawa mendengar kisah Jokowi.

Jokowi mengaku belum menemukan kreativitasnya saat menjadi gubernur.

"Sekarang jadi gubernur. Nah, jadi gubernur saya belum kreatif juga. Waktu baru-baru jadi gubernur saya ngecek-ngecek di kelurahan dan kecamatan. Pukul 07.30 WIB, harusnya pelayanan sudah buka, saya datang tepat pukukl 07.30 WIB. Saya datang kursinya masih tidur semua. Lalu, datanglah 3 orang (pegawai). Saya perintahkan tempat pelayanan itu, tolong kamu buka sekarang. Padahal harusnya 40 orang sudah datang," papar Jokowi yang mengenakan baju batik warna cokelat itu.

"Kemudian 3 orang itu bingung, cari kunci sampai akhirnya dapat kunci. Dia buka pintu sampai gemeteran," ujar Jokowi yang memperagakan gerakan gemetaran.

"Pintunya tetap tidak bisa dibuka. Saya tinggal saja. Di kelurahan lain, lurahnya juga belum ada. Terus saya tinggal ke kecamatan ya juga sama. Hasilnya camatnya tidak ada tetapi ada yang kreatif di sini. Jadi di loketnya itu dia pasang (tanda) buka," kata pria berusia 51 tahun itu.

"Saya heran pagi-pagi sudah buka, hebat ini. Namun dia kreatif, saya lebih kreatif lagi. Saya lihat ada tulisan buka, tetapi loket tutup, saya lihat ke belakang pintu terkunci. Artinya, kita butuh birokrasi yang kreatif," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan meriah.

[URL="http://news.detik..com/read/2012/11/22/175114/2098699/10/kisah-kreatif-jokowi-ganti-ajudan-ganteng-bikin-mari-elka-tertawa?991104topnews"]sumber[/URL]
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh hitman1 22-11-2012 13:27
0
7.3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.